Ingin Tahu Hasil Ujian Nasional? Kunjungi Saja Website Hasil Ujian Nasional

Ingin Tahu Hasil Ujian Nasional? Kunjungi Saja Website Hasil Ujian Nasional

Perkembangan teknologi yang semakin canggih turut membawa pengaruh dalam dunia pendidikan. Dengan adanya teknologi ini, sistem pendidikan di Indonesia saat ini sudah mulai berbasis teknologi. Sebut saja misalnya pelaksanaan ujian Nasional. Kini sudah ada website hasil ujian nasional yang digunakan untuk melihat hasil ujian dari para siswa.

Cara Mengecek Hasil Ujian Nasional Melalui Website Hasil Ujian Nasional

Ujian yang dilaksanakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa selama masa pembelajaran ini kini sudah mulai dilakukan diinovasi. Jika dahulu pelaksanaan ujian dilakukan dengan media kertas dan dievaluasi secara manual, maka kini sangat berbeda. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, pelaksanaan ujian kini sudah dilakukan dengan menggunakan komputer tanpa kertas. Untuk melihat hasil evaluasi pun juga dilakukan berbasis online melalui website hasil ujian nasional yang disediakan dan dikelola oleh Kementerian Pendidikan.

Kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini sudah berubah. Perubahan kurikulum itu membawa beberapa perubahan pada sistem pendidikan di Indonesia, termasuk dalam hal evaluasi pembelajaran atau ujian. Pemerintah menerapkan sistem ujian berbasis online. Sistem ini membuat para peserta ujian mengerjakan soal ujian secara langsung di depan komputer. Sistem pengerjaan ujian yang berbasis online ini juga membuat sistem atau prosedur untuk melihat hasil ujian juga berubah. Kini Anda bisa melihat hasil ujian nasional secara online melalui website hasiil ujian nasional.

Untuk melihat hasil ujian nasional, ada cara tersendiri yang harus Anda lakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara melihat hasil ujian nasional melalui website hasil ujian nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

1. Akses Websitenya
Untuk melihat hasil ujian nasional, langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu saja mengakses laman atau website hasil ujian nasional yang disediakan oleh Kemendikbud. Laman itu bisa Anda akses di https://puspendik.kemendikbud.go.id/hasil-un/ . Website ini terkadang sulit ditemukan jika Anda mengetik langsung halaman webnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba cara lain, yaitu dengan mengetik di kolom pencarian. Jika sudah, klik saja salah satu link dari hasil pencarian tersebut. Link tersebut akan secara otomatis mengalihkan Anda pada website untuk melihat hasil ujian nasional.

2. Pilih Jenjang yang Ingin Dilihat
Jika sudah masuk ke laman tersebut, Anda akan melihat kolom-kolom informasi yang bisa Anda gunakan untuk melihat hasil ujian nasional Anda. Pada halaman ini terdapat banyak menu informasi, Anda hanya harus klik menu jenjang dan pilih jenjang pendidikan apa yang ingin dicek. Jika ingin melihat hasil ujian jenjang SMA, maka klik pada sub menu SMA. Di halaman ini, selain melihat hasil Ujian nasional, Anda juga bisa melihat indeks integritas Ujian Nasional di sekolah Anda. Setelah memilih menu jenjang, di bawahnya akan secara otomatis keluar menu program studi. Anda tinggal pilih program studi apa yang ingin dicek dengan klik tanda panah ke bawah pada menu tersebut.

3. Pilih Informasi Sekolah yang Dibutuhkan
Setelah memilih jenjang pendidikan yang ingin dilihat, di bawah menu jenjang masih ada menu lain yang harus Anda isikan. Seperti misalnya Provinsi, Kota/Kabupaten, status sekolah apakah sekolah Negeri atau swasta dan yang terakhir adalah jenis sekolah, apakah SMA, SMK atau MA. Pastikan Anda mengisi semua informasi yang dibutuhkan tersebut agar nantinya data atau informasi yang Anda dapatkan bisa lebih spesifik.

4. Cek Hasil Ujian Nasional di Dalam PDF yang Ditampilkan
Setelah melakukan langkah di atas, di bawah menu-menu tersebut, akan langsung ditampilkan hasil ujian nasional jenjang SMA sesuai dengan spesifikasi yang sudah Anda masukkan pada menu pencarian. Hasil pencarian ini bisa Anda unduh dalam bentuk file PDF. Namun, jika Anda mengalami kesulitan karena terlalu banyaknya data yang harus dicek, Anda bisa lebih spesifikasi dalam pencarian atau mempersempit pencarian Anda dengan mengisi NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan kode sekolah yang ingin dicari. Dengan menspesifikasi pencarian maka nantinya hasil pencarian yang muncul hanyalah pada sekolah yang ingin Anda ketahui saja. Dengan adanya website hasil ujian nasional ini tentu akan semakin memudahkan sekolah maupun siswa yang ingin mengetahui hasil ujian nasionalnya.

Kurikulum pendidikan terbaru saat ini memberikan kemudahan baik bagi pengajar, sekolah maupun siswa dalam mengakses informasi pendidikan yang dibutuhkan. Sistem pendidikan atau kurikulum pendidikan terbaru yang mulai berdasar pada penggunaan teknologi informasi memberikan keuntungan atau keunggulan yang lebih banyak dibandingkan sistem atau kurikulum lama. Salah satu keunggulan itu adalah mudahnya mengakses informasi pendidikan termasuk juga informasi hasil ujian nasional.

Ujian nasional yang merupakan proses evaluasi pembelajaran terakhir bagi siswa memang sudah dijadikan patokan pencapaian, baik bagi sekolah maupun bagi siswa. Tak heran jika kedua belah pihak sama-sama berusaha keras untuk mendapatkan hasil terbaik. Nah, dengan adanya website hasil ujian nasional di atas, Anda pun bisa mengecek hasil ujian putra-putri Anda dengan lebih mudah dan efektif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Tahu Hasil Ujian Nasional? Kunjungi Saja Website Hasil Ujian Nasional"

Post a Comment