Keuntungan dan Kekurangan Seorang PNS

Keuntungan dan Kekurangan Seorang PNS

Salah satu pekerjaan favorit di Indonesia adalah PNS. Pekerjaan ini menjadi idaman karena gajinya tetap dan memperoleh berbagai keuntungan. Di Indonesia yang menginginkan posisi ini tak hanya fresh graduate saja. Para karyawan swasta pun sebagian ada mengidamkannya. Selain gaji yang tepat, pekerjaan ini juga memberikan jaminan di hari tua. Untuk bisa menjabat posisi ini, dibutuhkan keahlian dan mampu lolos dari berbagai seleksi ketat. Penasaran dengan keuntungan menjadi pegawai negeri sipil? Berikut adalah ulasannya.

Keuntungan Jika Menjadi PNS

1. Gaji Tetap

Salah satu alasan banyak orang yang melamar posisi ini adalah gajinya lumayan banyak dan tetap. Jika telah berstatus sebagai PNS tetap, ada rasa keamanan yang lebih. Sebab, Anda memperoleh pendapatan tetap setiap bulannya. Berbeda dengan bekerja di perusahaan swasta, terkadang setiap bulannya gaji yang didapat tidak sama dikarenakan adanya potongan apabila target tidak tercapai. Apalagi jika dibandingkan dengan pengusaha. Pengusaha memiliki gaji yang tidak tetap karena tergantung barang atau jasa yang dijual tiap bulannya. Jika dibandingkan dengan pekerjaan-pekerjaan lainnya, posisi ini memberikan gaji yang menggiurkan. Maka tidak mengherankan jika banyaknya pelamar yang berlomba mendapatkannya dengan berbagai cara.

2. Jaminan Hari Tua

Setelah pensiun, Anda tak perlu mencari pekerjaan lain. Pemerintah akan memberikan uang sebagai jaminan di hari tua. Dengan uang yang diterima setiap bulannya, Anda bisa membuat bisnis baru atau menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Tak perlu takut terlunta-lunta di saat tua karena pemerintah akan menjamin hidup Anda.

3. Mudah Meminjam Uang

Meminjam uang di bank terkadang menjadi salah satu jalan alternatif untuk mencukupi kebutuhan hidup. Dengan berbekal SK pengangkatan PNS yang Anda miliki, Anda bisa meminjam uang di bank dengan mudah. Ini dikarenakan pihak bank memiliki jalur khusus bagi para PNS yang membutuhkan dana pinjaman dari bank. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis sembari bekerja, Anda bisa menggunakan cara ini. Caranya cukup praktis karena hanya mengumpulkan beberapa persyaratan saja.

4. Waktu Luang

Usai bekerja, Anda memiliki waktu luang yang bisa digunakan untuk bekerja sambilan atau berkumpul bersama keluarga tercinta. Waktu luangnya relatif sama. Secara umum waktu kerja dimulai pagi hingga siang atau sore hari tergantung instansi tempat bekerja. Ini adalah hal yang positif karena Anda bisa menggunakan waktu ini untuk refreshing atau melakukan hobi.

5. Mudah Lanjut S2/S3

Umumnya orang yang bisa masuk PNS pendidikannya minimal S1. Jika Anda ingin melanjutkan studi baik di Indonesia maupun luar negeri, Anda bisa bernafas lega. Ada sedikit kemudahan bagi PNS yang ingin melanjutkan studi. Bahkan jika pintar, Anda bisa mendapatkan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah. Untuk bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi biasanya Anda harus minimal bekerja selama 2 tahun dan mendapatkan izin atasan.

Selain memiliki kelebihan, pekerjaan ini pun mempunyai sedikit kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah tidak fleksibel. Menjadi seorang pegawai negeri sipil memang memperoleh gaji banyak. Sayangnya, bagi orang yang kreatif dan tak terlalu suka dengan aturan ketat, pekerjaan ini tak cocok untuk Anda. Ada batasan-batasan serta aturan yang harus ditaati mulai dari penggunaan seragam hingga jam pulang. Mau tak mau, Anda harus pro terhadap keputusan yang diberikan oleh pemerintah. Ini sangat jauh berbeda dengan posisi seorang pengusaha. Tak hanya itu, bagi PNS yang bergolongan rendah, terkadang gaji yang didapat hanya cukup untuk kebutuhan primer saja. Padahal dari hari ke hari keperluan hidup semakin banyak dan harganya pun naik.  Memang gajinya lumayan, namun bukanlah pekerjaan yang akan membuat Anda kaya raya. Pekerjaan ini juga kurang menantang bagi sebagian orang karena tak terlalu dikejar target seperti yang biasa dihadapi di perusahaan swasta.

Itulah kelebihan serta kekurangan jika menjadi PNS di Indonesia. Bagi Anda yang menginginkannya, Anda harus bersiap-siap menaati berbagai peraturan yang diterapkan oleh pemerintah. Selain itu, Anda harus pintar-pintar dalam mengelola keuangan. Meskipun demikian, kelebihan yang didapat cukup banyak. Anda bisa mendapat gaji tetap dan terdapat tunjangan hari tua yang menjanjikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keuntungan dan Kekurangan Seorang PNS"

Post a Comment