Sulitnya Tahapan Sergur Kemdiknas 2016

Sulitnya Tahapan Sergur Kemdiknas 2016

Menjadi seorang pengajar di Indonesia tidak bisa menjamin masa depan bagi para pengajar, apalagi jika guru tersebut belum mendapatkan sertifikasi. Itulah anggapan yang selama ini berkembang di Indonesia. Sertifikasi sendiri merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga pengajar di Indonesia. Peningkatan mutu ini dilakukan melalui uji kompetensi yang dilakukan oleh tenaga pendidik. Mekanismenya pun telah diatur oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan setempat. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini juga tidak bekerja sendiri melainkan bekerja sama dengan instansi pendidikan tinggi yang lebih kompeten. Proses uji kompetensi ini kemudian diakhiri dengan memberikan sertifikat pendidik kepada guru yang sudah lulus pada uji kompetensi dan dinyatakan telah memenuhi standar pendidik profesional. Pada tahun 2016 ada banyak tenaga pengajar yang mendaftar pada sergur kemdiknas 2016.

Tahap-Tahap untuk Lolos Sergur Kemdiknas 2016

Dengan adanya sertifikasi ini, guru yang sudah lolos sertifikasi dan mendapatkan sertifikat pendidik adalah guru yang sudah diakui profesional. Sehingga diharapkan guru tersebut bisa menciptakan praktek dan sistem pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Sertifikasi ini juga secara umum ditujukan untuk mengubah pendidikan di Indonesia menjadi lebih berkualitas, dari segi proses maupun kualitas hasil didikan atau muridnya.

Tujuan utama diadakannya sertifikasi guru ini adalah untuk menentukan kualitas dan kompetensi tenaga pengajar. Dalam hal ini adalah kelayakan dalam menjalankan tugas serta untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang berkualitas. Ada pula manfaat dari sertifikasi ini adalah untuk melindungi para tenaga pengajar terutama guru agar terhindar dari praktik-praktik yang dapat merusak kinerja dan citra seorang guru. Dengan adanya kompetensi ini sudah pasti guru akan terhindar dari praktik pengajaran yang tidak kompeten. Dalam prosesnya, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh guru untuk bisa mendapatkan sertifikat pengajar ini. Seperti yang terjadi pada sergur kemdiknas 2016, misalnya, ada banyak tahap yang harus dilalui seperti tahap-tahap berikut.

1. Mengumpulkan syarat administrasi kepada dinas pendidikan setempat. Sebelum peserta sergur kemdiknas 2016 memulai proses kompetensi yang lebih lanjut, guru yang ingin mendapatkan sertifikasi harus mengumpulkan berkas-berkas administrasi kepada dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi setempat. Dokumen-dokumen ini adalah persyaratan seleksi administrasi yang wajib dipenuhi. Guru yang bisa mengikuti sertifikasi ini adalah guru yang memiliki kualifikasi akademik minimum S1/D4 dengan skor UKG 2015 minimal 55. Apabila sudah memenuhi persyaratan ini, maka guru tersebut bisa mengikuti seleksi administrasi.

2. Tahap selanjutnya yang harus dilewati peserta sergur kemdiknas 2016 adalah mengikuti tes masuk SG-PPG. Tes ini hanya berlaku pada guru yang dinyatakan sudah memenuhi syarat administrasi. Setelah dinyatakan lulus tes SG-PPG maka tahap selanjutnya adalah mengikuti beberapa tahapan diantaranya adalah mengikuti workshop tahap pertama, kemudian dilanjutkan dengan program pengalaman lapangan (PPL) tahap pertama. Setelah kedua tahap tersebut dilalui maka selanjutnya adalah mengikuti workshop tahap kedua dan juga PPL tahap kedua. Namun sebelum mengikuti workshop tahap pertama, guru peserta kompetensi diharuskan melakukan proses identifikasi masalah dalam pembelajaran. Proses ini dilakukan di sekolah masing-masing. Identifikasi problematika pembelajaran yang dilakukan di sekolah ini nantinya akan dibahas pada workshop tahap kedua.

3. Setelah menjalankan tahap tersebut yang diakhiri dengan uji kompetensi tertulis dan ujian kinerja pada akhir seluruh tahapan nanti, guru peserta kompetensi diwajibkan mengikuti ujian tertulis yang dilaksanakan secara online secara nasional. Ketika peserta dinyatakan tidak lulus, maka akan mendapatkan kesempatan mengulang dua kali. Peserta yang tidak lulus kemudian akan dikembalikan kepada dinas pendidikan untuk kemudian dilakukan pembinaan. Sedangkan guru peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat pendidik.

Demikian tadi beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para guru peserta sergur kemdiknas 2016. Banyaknya tahap yang harus dilalui dan sulitnya ujian kompetensi ini adalah tahap yang harus dilalui oleh setiap guru untuk mendapatkan sertifikat kompetensi mengajar dari dinas pendidikan. Ketika guru yang berhasil melewati tahapan ini, bisa diindikasikan bahwa guru tersebut adalah guru dengan kompetensi tinggi. Kompetensi yang tinggi menunjukkan profesionalitas dari seorang pendidik, yang diharapkan nantinya bisa mengubah sistem pembelajaran di Indonesia menjadi lebih baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sulitnya Tahapan Sergur Kemdiknas 2016"

Post a Comment