Syarat Mendaftar CPNS Polri

Syarat Mendaftar CPNS Polri

Banyak orang yang bercita-cita menjadi seorang polisi. Ini menyebabkan lowongan kerja cpns polri sangat diminati oleh banyak pelamar baik pria maupun wanita. Tingginya minat masyarakat pada loker ini disebabkan banyaknya benefit yang akan diperoleh jika berhasil menjadi seorang polisi. Manfaat yang didapat antara lain gaji tetap yang besar dan martabat yang tinggi. Selain itu, ini termasuk salah satu pekerjaan idaman di Indonesia. Betapa tidak, polisi memiliki tugas yang sangat mulia yaitu menjaga ketertiban negara. Tak hanya pria, wanita pun mengidamkan mendapatkan posisi ini. Tugas polisi disebut sebagai pekerjaan mulia karena bisa mengayomi masyarakat dan memberantas kejahatan serta tindak kriminal. Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai tes polri. Silakan simak baik-baik hal-hal di bawah ini.

Persyaratan Masuk Cpns Polri
1. Persyaratan Umum
Cpns polri memiliki persyaratan umum yang harus Anda penuhi. Persyaratan umum tersebut diantaranya:
1) Berkewarganegaraan Indonesia. Bagi Anda yang memiliki kewarganegaraan asing harus mengubur mimpi menjadi seorang polisi di Indonesia.
2) Sehat baik jasmani dan rohani. Penerimaan cpns dilakukan selama beberapa tahap seleksi yang ketat. Kondisi tubuh harus benar-benar fit karena terdapat seleksi fisik/olahraga yang sangat ketat.
3) Berusia minimal 18 tahun. Jika umur Anda masih 15 tahun atau belum mencukupi, sebaiknya menunggu penerimaan di tahun selanjutnya.
4) Memiliki SKCK atau surat berkelakuan baik dari pihak kepolisian setempat.
5) Taat peraturan perundangan di Indonesia (UUD 1945)
6) Memiliki iman dan taqwa.

2. Persyaratan Khusus
Selain persyaratan umum cpns polri, ada persyaratan khusus yang biasanya diberikan. Persyaratan-persyaratan tersebut antara lain:
1) Memiliki ijazah minimal SMA.
Lulusan SMK juga diperbolehkan untuk mengikuti seleksi ini asalkan kejurusan yang diambil bukanlah dari Jurusan Tata Kecantikan dan Tata Busana. Khusus Anda yang lulus SMA dari luar negeri, ijazahnya harus disahkan terlebih dahulu di Kemenbuddikdasmen.
2) Memiliki tinggi dan berat badan yang seimbang.
Bagi pria, tinggi minimalnya adalah 165 cm. Sedangkan wanita yang berminat menjadi polwan harus memiliki tinggi 160 cm. Berat badan pun harus seimbang mengikuti tinggi badan.
3) Belum menikah
Ini berlaku bagi pria maupun wanita. Khusus untuk wanita yang belum menikah namun pernah melahirkan juga tidak diperbolehkan. Selain itu, lelaki yang sudah pernah memiliki anak biologis pun tak diperkenankan mendaftar.
4) Terbebas dari Narkoba.
Pelamar diharuskan menyertakan surat yang berisikan bahwa di dalam tubuh tak terdapat narkoba. Surat bisa didapatkan di klinik atau RS terdekat.
5) Tak bertato dan tak bertindik.
Bekas tato yang terlihat pun takkan lolos. Hal ini ada pengecualian jika tato yang ada merupakan adat sebuah kebudayaan suku di Indonesia.
6) Siswa SMA yang sedang menempuh bangku kelas 3 SMA diperbolehkan mendaftar dengan syarat sudah duduk di bangku semester 2 dan memiliki nilai rata-rata 60 pada rapot kelas 3 semester 1.

Itulah beberapa persyaratan umum dan khusus jika ingin masuk cpns polri. Persyaratan di atas merupakan hal-hal penting mengenai persyaratan untuk bisa diterima menjadi polisi di Indonesia.

Persyaratan umum mungkin terlihat tak terlalu menyulitkan. Sementara itu, di persyaratan khusus ada beberapa hal yang tak bisa ditolerir oleh panitia contohnya terdapat tindikan dan tato pada tubuh. Selain itu, Anda yang mengonsumsi narkoba pun tak bisa lolos dari tes polri ini. Ketatnya jalur masuk menjadi polisi ini memang sengaja diberlakukan agar pemerintah memperoleh bibit unggul calon polisi. Polisi, seperti yang Anda ketahui memiliki tugas yang cukup berat. Polisi bahkan harus siap 24 jam dan harus rela tidak libur saat tanggal merah demi menjaga ketertiban dan keamanan negara.

Bagi Anda yang berminat mencoba tes polri, silakan langsung mendaftar begitu tes penerimaannya telah dibuka. Ingat, ikutilah seleksi dengan sportif dan jangan tergiur masuk polisi dengan jalur cepat atau bekerja sama dengan pihak orang di dalam. Jika terbukti melakukan kecurangan, pihak panitia tidak bisa mentolerirnya.

Dengan menyiapkan syarat-syarat di atas sejak dini, maka Anda bisa selangkah lebih maju. Mulai dari sekarang, jagalah kesehatan dan perkaya wawasan dan bahasa asing terutama bahasa Inggris. Ini dilakukan demi mencapai posisi yang Anda idamkan yaitu masuk cpns polri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syarat Mendaftar CPNS Polri"

Post a Comment