Berita PNS Terhangat 2017

Berita PNS Terhangat 2017

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah pekerjaan yang mungkin diimpikan oleh sebagian besar warga Indonesia. Banyaknya keunggulan ketika menjadi pegawai negeri sipil membuat pendaftar PNS selalu bertambah setiap tahunnya. Banyak berita PNS terutama berita tentang seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil yang kemudian menjadi sorotan publik. Beritanya pun beragam mulai dari jumlah peserta seleksi, materi seleksi hingga kecurangan-kecurangan yang diduga terjadi selama seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil. Berikut beberapa berita tentang seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil yang ramai diperbincangkan.

Warna Warni Berita PNS, Mulai dari Antusiasme hingga Penipuan

1. Berita seleksi penerimaan PNS palsu. Berita PNS yang paling sering diperbincangkan baik di media cetak maupun media elektronik adalah mengenai penerimaan calon pegawai negeri sipil palsu. Kurangnya sosialisasi tentang penerimaan calon pegawai negeri sipil akhirnya membuat banyak oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkannya untuk mengeruk keuntungan pribadi. Banyak oknum yang kemudian memberikan berita seleksi CPNS yang kemudian diikuti dengan penipuan berkedok dan mengatasnamakan seleksi penerimaan PNS. Oknum-oknum ini bahkan tak ragu untuk meminta sejumlah uang kepada calon peserta dengan berbagai modus. Topik penipuan bermodus seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil ini bahkan sudah sampai ke telinga kementrian terkait hingga membuat pihak kementrian mengeluarkan pernyataan resmi. Salah satu kementrian, yaitu Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, meminta agar masyarakat tidak mudah percaya dengan berita-berita seperti itu. Akan lebih baik jika masyarakat memantau secara langsung situs kementrian untuk mendapatkan informasi yang lebih valid.

2. Jual beli posisi dalam instansi. Berita PNS yang satu ini memang membuat masyarakat geram. Banyaknya peminat dalam mengikuti pendaftaran calon pegawai negeri sipil kemudian dimanfaatkan oleh beberapa pihak tak bertanggung jawab. Oknum ini menawarkan pada calon peserta agar bisa langsung lulus dan bahkan bisa mendapatkan posisi yang diinginkan. Syaratnya tentu saja dengan memberikan sejumlah uang kepada oknum terkait. Namun hasilnya, banyak calon peserta yang kemudian merasa tertipu karena hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Menanggapi ini, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sudah memberikan peringatan kepada seluruh masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil. Kementrian PANRM menghimbau agar masyarakat tidak terlalu mudah percaya pada pihak yang mengatasnamakan instansi tertentu yang menjanjikan membantu dalam proses penerimaan CPNS.

3. Berita PNS terakhir yang selalu menjadi perbincangan hangat adalah tentang pembukaan pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil. Pembukaan pendaftaran selalu menjadi perbincangan bagi mereka yang ingin bekerja sebagai pegawai negeri sipil. Seleksi penerimaan CPNS yang tidak selalu digelar setiap tahun selalu membawa antusiasme sendiri bagi para calon peserta. Kebanyakan calon pendaftar ini mencari informasi tentang instansi apa saja yang sedang membuka seleksi penerimaan serta berapa jumlah kuota yang disediakan. Secara umum, ketika ingin mendaftar menjadi pegawai negeri sipil, maka harus lolos beberapa seleksi seperti seleksi administrasi, Tes Kompetensi Bidang, Tes Kompetensi Dasar dan Computer Assisted Test. Banyaknya tes yang harus dilalui oleh para calon peserta ini bertujuan untuk menjaring calon pegawai negeri sipil yang berkualitas dan kompeten. Seleksi yang ketat ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya penipuan yang mengatasnamakan instansi terkait guna mendapatkan keuntungan pribadi.

Setiap sisi pemerintahan di Indonesia memang tak pernah luput dari pemberitaan media. Baik dari kinerja, kasus hingga skandal yang terjadi. Tak terkecuali pegawai negeri sipil. Sebagai pelayan publik, pegawai negeri sipil diharapkan dipilih dari orang-orang yang benar-benar memiliki kualitas dan kompetensi di bidangnya.

Pemberitaan di media memang membawa berbagai dampak. Di satu sisi, mungkin bisa membongkar kebobrokan dari sistem yang diberlakukan oleh satu instansi sehingga bisa menyebabkan timbulnya penipuan ini. Namun di sisi lain, pemberitaan ini juga bisa menjadi referensi bagi calon peserta agar lebih waspada. Dengan adanya berita PNS yang kini bisa dengan mudah diakses, maka segala kecurangan bisa semakin diminimalisir. Dengan begitu pegawai negeri sipil yang nantinya terpilih adalah orang-orang dengan kompetensi yang tinggi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita PNS Terhangat 2017"

Post a Comment