Ayo Registrasi Guru Pembelajar untuk Berpartisipasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia

Ayo Registrasi Guru Pembelajar untuk Berpartisipasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia

Modal utama untuk bisa mengembangkan suatu negara adalah dengan pendidikan yang berkualitas. Karena itu banyak yang menjadikan kualitas pendidikan di suatu negara sebagai indikator kemajuan negara tersebut. Sebagai negara yang sedang berkembang Indonesia kini juga terus berupaya memperbaiki kualitas pendidikannya. Ada banyak cara yang dilakukan, baik melalui tenaga pengajar maupun penyediaan sarana pendidikan yang lebih baik. Yang paling digiatkan adalah peningkatan kualitas pendidikan melalui peningkatan kualitas pendidiknya. Pendidik atau guru adalah faktor utama terbentuknya pendidikan yang berkualitas. Karena itu, dengan meningkatkan kualitas tenaga pengajar, maka diharapkan juga bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu program peningkatan kualitas pengajar adalah program guru pembelajar. Apa itu guru pembelajar dan bagaimana registrasi guru pembelajar bagi Anda yang berminat. Berikut beberapa ulasannya.

Cara Melakukan Registrasi Guru Pembelajar

Guru pembelajar adalah program peningkatan kompetensi yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Program kompetensi ini ditujukan untuk meningkatkan kualifikasi guru sebagai tenaga pengajar di Indonesia. nantinya dalam pelaksanaan program ini akan ada beberapa metode atau cara pelaksanaan. Yang pertama adalah pelaksanaan melalui online, yang kedua pelaksanaan secara langsung dengan tatap muka dan yang terakhir adalah metode kombinasi yaitu dengan online dan tatap muka. Metode-metode ini diharapkan akan semakin memudahkan bagi para pengajar yang ingin mengikuti program guru pembelajar ini. Sebelum mengikuti program, para pengajar harus melakukan registrasi guru pembelajar terlebih dahulu.

Proses registrasi guru pembelajar tidaklah begitu sulit. Yang perlu Anda siapkan sebelum melakukan registrasi secara online adalah nomor peserta Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahun sebelumnya. Syarat selanjutnya adalah nilai UKG harus minimal 55. Setelah mendapatkan nomor peserta UKG, Anda bisa masuk ke website registrasi guru pembelajar yang telah tersedia. Jika Anda sudah berhasil masuk, Anda tinggal mengisi format yang sudah disediakan. Untuk login pertama, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor peserta Ujian Kompetensi Guru (UKG) dan tanggal lahir. Ketika Anda berhasil melakukan registrasi maka file akan otomatis terdownload. Selanjutnya, Anda akan dibuatkan akun dan username yang harus anda simpan baik-baik. Setelah itu, Anda bisa langsung masuk ke situs resmi guru pembelajar untuk bisa melihat rapor UKG Anda tahun sebelumnya.

Jika Anda tidak bisa melakukan registrasi guru pembelajar ada beberapa sebab. Jika Anda salah dalam memasukkan nomor peserta Ujian, maka akan muncul keterangan nomor ujian tidak valid. Anda bisa memeriksa kembali nomor ujian Anda. Jika masih belum berhasil maka Anda harus menghubungi admin guru pembelajar yang ada di Dinas Pendidikan Kota atau Kabupaten tempat Anda tinggal. Anda juga bisa menghubungi admin P4TK atau Ketua MGMP wilayah kerja Anda. Disini Anda bisa meminta untuk mencetak akun guru pembelajar alternatif lain. Jadi ketika Anda tidak bisa mendaftar secara online Anda tidak perlu khawatir karena nantinya akan dibuatkan akun oleh dinas pendidikan setempat.

Dengan mendaftar dan melakukan registrasi guru pembelajar Anda bisa mendapatkan keuntungan dari program ini. Program ini diciptakan untuk memberikan kompetensi yang lebih baik bagi pengajar di Indonesia. Jadi ketika Anda mengikuti program ini kemampuan mengajar Anda akan diasah dan dikembangkan menjadi lebih baik. Dengan begitu Anda sebagai pengajar tidak hanya bisa menuntut siswa untuk terus belajar, karena dengan mengikuti program ini Anda juga dituntut untuk selalu belajar. Belajar menjadi pengajar yang lebih baik. Selain itu, setelah Anda selesai melaksanakan program guru pembelajar ini, Anda juga akan mendapatkan sertifikasi dari pemerintah yang tentunya akan berguna bagi kualifikasi Anda sebagai pengajar.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang bagaimana melakukan registrasi guru pembelajar dan manfaatnya. Mengikuti program guru pembelajar akan mengajarkan Anda bagaimana menjadi guru yang tidak hanya bisa menuntut siswa untuk selalu belajar. Karena dengan program ini Anda juga akan dituntut untuk terus belajar dan mengembangkan metode pembelajaran yang lebih baik. Dengan sistem pembelajaran yang lebih baik diharapkan juga akan menciptakan kualitas pendidikan yang lebih baik untuk Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayo Registrasi Guru Pembelajar untuk Berpartisipasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia"

Post a Comment