Gaji Kepala Sekolah SD Negeri di Setiap Daerah

Gaji Kepala Sekolah SD Negeri di Setiap Daerah

Gaji Kepala Sekolah SD Negeri di setiap daerah untuk yang telah berstatus PNS biasanya sama saja, hanya dibedakan berdasarkan golongan. Namun, kini sedang ada wacana bahwa untuk semua golongan akan dikenakan gaji pokok yang tidak berbeda. Perbedaan nantinya terletak pada besaran uang tunjangan yang diberikan. Kepala sekolah merupakan jabatan tertinggi yang dipegang oleh seseorang yang berprofesi sebagai guru dalam suatu lembaga pendidikan. Peran dan tanggung jawab seorang pimpinan tertinggi di sekolah lebih besar dibandingkan guru biasa yang jabatannya lebih rendah. Tidak mengherankan bila nominal tunjangan yang diterima juga lebih besar.

Tunjangan dan Gaji Kepala Sekolah SD Negeri di Setiap Daerah

Profesi guru saat ini telah memiliki penghasilan yang lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Guru secara umum telah mendapatkan perhatian dari pemerintah melalui gaji pokok dan berbagai tunjangan yang dihitung berdasarkan kinerja dan pencapaian. Tapi sayangnya kondisi yang membaik ini tidak menyentuh seluruh orang yang bekerja sebagai guru, hanya guru yang berstatus PNS yang mendapatkan perhatian pemerintah sementara guru honorer masih harus berjuang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Perbedaan instansi pendidikan antara sekolah negeri dan sekolah swasta untuk pegawai non PNS juga bisa membedakan besaran nominal gaji yang diperoleh. Hal ini juga berlaku untuk penerapan tunjangan dan gaji Kepala Sekolah SD Negeri dan sekolah berstatus swasta.

Tunjangan untuk kepala sekolah bisa dikatakan cukup tinggi mengingat orang yang menjabat harus melakukan banyak tugas dengan tanggung jawab besar terutama terkait dengan dana sekolah. Segala dana yang terkait dengan kebutuhan sekolah dan bantuan dari pemerintah diterima oleh kepala sekolah. Hal tersebut membuat posisi sebagai kepala sekolah sangat rentan disalahgunakan. Dana yang bila pelaksanaannya tidak diawasi dengan baik maka bisa diselewengkan. Bisa dikatakan pula bahwa jabatan kepala sekolah merupakan ladang basah yang bisa dipermainkan bila tidak amanah dalam menjalankan tugas.

Sebenarnya pemerintah telah mengupayakan perbaikan mutu hidup guru dan kepala sekolah dengan memberikan tunjangan. Hal ini untuk memastikan bahwa kehidupan yang tercukupi bisa mencegah setiap orang untuk memiliki tindakan yang melanggar hukum. Pemerintah daerah juga memberikan tunjangan untuk kepala sekolah, pada setiap daerah besaran tunjangan berbeda-beda. Biasanya tunjangan yang diberikan di wilayah kota besar lebih tinggi di bandingkan di kota kecil. Hal ini berdasarkan standar kehidupan masyarakat setempat, standar kemahalan, daya beli masyarakat dan beberapa aspek lain yang menjadi pertimbangan. Jika ditotal tunjangan yang diperoleh bisa menambah gaji Kepala Sekolah SD Negeri setiap bulannya.

Saat ini masih wacana mengenai penyamarataan gaji PNS untuk seluruh golongan belum diterapkan. Sehingga gaji Kepala Sekolah SD Negeri dan guru masih berbeda berdasarkan golongan. Gaji guru yang mengajar di sekolah dasar rata-rata per bulannya mencapai lebih dari 2,5 juta. Sementara untuk kepala sekolah dengan golongan kepegawaian pada golongan IV memiliki gaji pokok lebih dari 3 juta. Gaji tersebut belum termasuk tunjangan yang diperoleh, salah satu contoh tunjangan yang selalu didapatkan yaitu Tunjangan Kinerja Daerah atau TKD. TKD untuk kepala diberikan dengan nominal yang cukup tinggi yaitu menembus 5 juta. Belum lagi tunjangan lain misal kepala sudah sertifikasi maka mendapatkan tunjangan sertifikasi yang setara dengan nilai gaji pokok.

Segala jenis tunjangan dan gaji yang diberikan kepada kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan capaian yang dilakukan kepala sekolah. Memimpin sebuah instansi pendidikan untuk lebih maju dan memberikan mutu yang baik kepada masyarakat merupakan kewajiban. Kepala sekolah memiliki tugas untuk terus memastikan bahwa seluruh aspek yang dapat mendukung terciptanya proses pendidikan yang berkualitas dapat bekerja dengan baik. Tanggung jawab yang diemban harus mampu dijalankan secara optimal agar setiap siswa bisa mengenyam pendidikan yang layak.

Demikianlah informasi mengenai gaji Kepala Sekolah SD Negeri dan tunjangan yang setiap bulan diterima. Semoga dengan total penghasilan yang tinggi, insan yang menjabat sebagai kepala sekolah dapat bekerja sepenuh hati dan amanah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan pendidikan Indonesia semakin berkualitas ke depannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gaji Kepala Sekolah SD Negeri di Setiap Daerah"

Post a Comment