Langkah-Langkah Registrasi dan Log In di SIM Guru Pembelajar

Langkah-Langkah Registrasi dan Log In di SIM Guru Pembelajar

Jika Anda salah satu orang yang berprofesi sebagai pendidik pastinya Anda sudah tahu dengan salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah yang saat ini sedang gencar diperbincangkan, bukan? Tentu saja, program tersebut merupakan salah satu program yang harus dimiliki dan diharapkan bisa berdampak baik bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Program tersebut dikenal dengan SIM guru pembelajar yang dimaksudkan untuk mencetak tenaga pembelajar atau pendidik yang memiliki kualitas yang bagus dalam menyampaikan atau menuntun murid-murid di sekolah. Program ini ditujukan untuk para tenaga pendidik yang telah mengikuti UKG-2015 maupun yang belum mengikutinya. Tujuannya adalah untuk membangun suasana pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya. Karena jika tenaga pendidik berkualitas pastinya akan menghasilkan anak didik yang berkualitas juga. Program ini bisa diakses melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh pemerintah, jadi Anda tinggal registrasi saja. Bagaimanakah caranya? Inilah informasinya untuk Anda.

Langkah-langkah registrasi atau log in di SIM guru pembelajar

1. Log in dengan menggunakan P4TK naungannya
P4TK adalah kependekan dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. P4TK ini akan memberikan username dan password jika Anda berasal dari naungan P4TK. Jadi, jika Anda berasal dari naungan P4TK dan tidak mendapatkan username dan password sebaiknya Anda perlu menanyakannya. Tentu, ini sangat penting karena bisa digunakan untuk log in ke SIM guru pembelajar.

2. Log in dengan username dan password dari pemerintah daerah
Bagi Anda yang sudah tercatat sebagai tenaga pembelajar, pastinya Anda sudah berikan username dan password untuk log in di aplikasi program guru pembelajar yang dicanangkan oleh pemerintah, bukan? Jadi, setelah Anda mendapatkan username dan password tersebut Anda tinggal log in saja.

3. Registrasi di SIM guru pembelajar
Cara ini adalah cara yang bisa Anda lakukan sendiri. Cara ini dilakukan jika Anda tidak mendapatkan username maupun password maka Anda bisa melakukan registrasi sendiri di SIM guru pembelajar agar Anda bisa log in di program yang dicanangkan oleh pemerintah tersebut. Program tersebut dicanangkan agar bisa membentuk tenaga pendidik yang berkualitas jadi Anda wajib mengikuti program ini untuk menghasilkan pendidikan Indonesia yang lebih maju.

4. Kunjungi website resmi dari guru pembelajar
Kunjungilah situs atau website resmi dari guru pembelajar, setelah itu Anda bisa melakukan pengisian data mengenai data diri Anda. Anda juga perlu memasukan nomor peserta UKG yang pernah Anda jalani, tentunya Anda ingat dengan nomor pesertanya, bukan? Jika Anda lupa atau belum mengikuti UKG, Anda bisa kembali ke menu tahap dua dan nomor peserta pun bisa diketahui.

5. Klik pilihan cari nomor UKG
Pada menu pencarian GTK, Anda perlu untuk memasukkan nama provinsi dan kabupaten atau kota yang Anda tempati. Setelah itu pilihlah nomor GTK, tunggu beberapa saat dan nomor GTK pun akan segera diketahui.

6. Registrasi nomor GTK
Setelah Anda mengetahui nomor GTK Anda, segeralah registrasikan nomor GTK Anda di website SIM guru pembelajar agar nomor Anda segera terdaftar dalam guru pembelajar dan Anda pun bisa mengikuti program yang dicanangkan untuk kemajuan pendidikan Indonesia ini. Setelah selesai registrasi, Anda sudah bisa log in di website tersebut dan mengikuti langkah-langkah berikutnya.

7. Validasi data mapel dan satmikal
Setelah Anda log in pastinya Anda akan memasukkan data PTK, bukan? Oleh karena itu, setelah Anda memasukkan datanya Anda harus mengecek ulang dan klik simpan agar data yang Anda masukkan bisa tervalidasi dengan benar. Sehingga dengan Anda memvalidasi data, Anda bisa memasukkan data dengan benar tanpa adanya kesalahan. Hasilnya pun Anda tidak akan menyesal dengan data yang telah diinput.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk log in atau registrasi di SIM guru pembelajar yang merupakan salah satu program untuk membentuk tenaga pembelajar yang kompeten dan berkualitas baik untuk mendidik dan menuntun siswa-siswi Indonesia. Sehingga dengan berjalannya program ini dengan baik, maka diharapkan pendidikan di Indonesia bisa lebih baik dari sekarang ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah-Langkah Registrasi dan Log In di SIM Guru Pembelajar"

Post a Comment