Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Sergur Kemenag 2017

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Sergur Kemenag 2017

Sergur kemenag 2017 atau sertifikasi guru merupakan kebijakan pemerintah kementrian agama berupa pemberian sertifikat pendidik pada setiap pendidik di Indonesia. Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kinerja setiap guru madrasah dalam menjalani tugasnya. Guru yang memiliki sertifikat ini menunjukkan bahwa guru tersebut merupakan tenaga profesional yang berkualitas. Dengan kata lain sertifikat ini berupa bukti kelayakan seorang guru dalam menjalani setiap tugas yaitu mendidik. Selain itu guru yang memiliki sertifikat ini diharapkan mampu ikut serta dalam hal mewujudkan tujuan pendidikan di Indonesia. Saat ini guru diberikan kewajiban untuk menjadi guru profesional yang memiliki sertifikat guru sebagai pendidik yang layak.

Sehingga setiap guru madrasah yang telah memiliki sertifikat dianggap telah mumpuni, lalu selanjutnya akan diberikan tunjangan sertifikasi guru. Tunjangan sertifikasi ini merupakan suatu upaya pemerintah untuk menghargai kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya. Oleh sebab itu tidak sembarang guru yang dapat menerima tunjangan ini. Sertifikasi guru diberikan melalui seleksi yang mengharuskan guru untuk mendaftar terlebih dahulu. Setiap tahunnya syarat dan ketentuan pendaftaran sertifikasi guru mengalami perubahan atau kebijakan yang berbeda-beda. Jadi bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri untuk mendapatkan sertifikat guru dari kementrian agama ini perlu untuk mengetahuinya. Berikut akan di sebutkan beberapa syarat dan ketentuan pendaftaran sergur kemenag 2017.

Syarat Pengajuan Pendaftaran Sergur Kemenag 2017

Syarat-syarat pendaftaran sergur yang diberikan kementrian agama tahun 2017 ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya mungkin mekanismenya nanti yang akan  berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Syarat utama yang perlu Anda ketahui adalah melengkapi berkas-berkas yang diperlukan untuk proses pendaftaran. Berkas-berkas tersebut perlu Anda lengkapi dengan mengisi beberapa formulir serta melengkapi berkas-berkas lain yang Anda miliki untuk dilengkapi. Berkas biasanya diberikan dengan contoh format yang terlampir pada situs resmi kemenag nantinya. Namun diantaranya akan disebutkan dibawah ini sebagai persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum mendaftarkan diri dan tertinggal informasi.

Syarat yang pertama adalah pengisian nama pada formulir sebagai calon peserta yang ingin mendapatkan sertifikasi guru PAI (pendidikan agama islam). Lalu formulir lain yang perlu Anda isi adalah beberapa formulir yang tercantum dalam bentuk microsoft office exel. Formulir tersebut dikumpul dengan menggunakan kaset. Format dari tiap-tiap formulir yang digunakan biasanya telah terlampir pada situs resminya sehingga Anda hanya perlu mendownload lalu mengisi formulirnya sesuai dengan data diri Anda sendiri. Format lain yang tersedia adalah format surat pernyataan pendaftaran dari kepala sekolah yang Anda buat sendiri dengan dilengkapi dengan materai 6.000.

Selain itu, syarat yang perlu Anda lengkapi pada sergur kemenag 2017 adalah melampirkan beberapa hal yang dapat menunjang keberhasilan Anda selama seleksi berkas. Seperti halnya foto copy dari beberapa berkas mengenai data diri Anda atau foto copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku. Berkas lain yang perlu Anda lampirkan adalah foto copy ijazah terakhir yang And miliki. Jangan lupa ijazah tersebut harus telah dilegalisir secara sah dan legal. Berkas lainnya adalah foto copy kartu NUPTK yang Anda miliki. Selanjutnya Anda juga perlu menyiapkan berkas atas izin sekolah atau lembaga tempat Anda bekerja seperti izin operasional serta SK pembagian tugas. Dalam SK pembagian tersebut Anda perlu melampirkan apa saja yang dirasa perlu seperti misalnya jadwal pelajaran yang telah diketahui kepala sekolah.

Berkas yang perlu Anda siapkan lainnya sebagai syarat pendaftaran sergur kemenag 2017 adalah foto copy seluruh SK yang Anda miliki setiap tahunnya. Mulai dari SK pertama Anda mulai mengajar sampai SK terakhir. Jika Anda memiliki SK  CPNS atau guru tetap PAI non PNS juga perlu Anda lampirkan semuanya. Seluruh persyaratan tersebut dilengkapi dan dimasukkan dalam sebuah map biola berwarna hijau sebagai simbol dari kedinasan kemenag. Lalu diserahkan pada dinas yang bersangkutan selama proses pendaftaran berlangsung.

Demikian beberapa syarat dan ketentuan yang perlu Anda ketahui dalam rangka mempersiapkan diri untuk mendaftar sertifikasi guru. Mengenai jadwal mulai pendaftaran sergur kemenag 2017 Anda dapat selalu pantau melalui situs resminya agar tidak tertinggal informasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Sergur Kemenag 2017"

Post a Comment