Besaran Gaji Kepala Sekolah SMA di Indonesia

Besaran Gaji Kepala Sekolah SMA di Indonesia

Besaran gaji Kepala Sekolah SMA di berbagai daerah di Indonesia secara umum tidak berbeda. Perbedaannya hanya terletak pada tingkat golongan yang dimiliki. Antara golongan I, II, III dan IV memiliki gaji pokok yang tidak sama, paling tinggi didapatkan oleh kepala sekolah yang berada pada golongan IV. Pemerintah Indonesia memang menerapkan standar gaji berjenjang yang dibedakan berdasarkan golongan, untuk setiap orang yang bekerja pada instansi pemerintahan dan menyandang status pegawai negeri sipil (PNS) gajinya telah ditentukan. Namun, pendapatan yang bisa dibawa pulang tidak hanya berasal dari gaji pokok saja tapi juga dari tunjangan. Jumlah tunjangan yang diberikan terbilang tinggi dan bisa memberikan kehidupan yang layak bagi para tenaga pendidik.

Gaji Kepala Sekolah SMA di Indonesia

Dunia pendidikan Indonesia saat ini terus mengalami perubahan dengan upaya perbaikan yang tiada henti dilakukan oleh pemerintah. Perhatian terhadap pendidikan memang harus terus ditingkatkan mengingat pentingnya peran pendidikan untuk membentuk para siswa agar bisa menjadi penerus bangsa yang bisa membawa Indonesia menjadi negara yang lebih maju. Salah satu unsur yang perlu diperhatikan yaitu tenaga pendidik. Profesi guru diisi oleh orang-orang yang diharapkan bisa melakukan tugas dengan baik untuk mendidik anak-anak bangsa. Oleh karena itu, kehidupan guru juga harus diperhatikan agar bisa mengajar dengan maksimal. Memberikan gaji yang layak untuk guru merupakan kewajiban pemerintah. Hal ini harus dilaksanakan untuk mendukung terciptanya sistem pendidikan yang lebih baik.

Bila gaji Kepala Sekolah SMA terbilang tinggi maka hal tersebut bukan merupakan masalah. Justru menjadi wajar mengingat besarnya tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Kepala sekolah merupakan jabatan tertinggi di lembaga pendidikan. Otomatis beban kerja yang harus diemban lebih besar dibandingkan orang dengan jabatan yang berada di bawahnya. Kepala sekolah harus mempertanggungjawabkan setiap keputusan yang dibuat. Bila terjadi suatu masalah di sekolah maka kepala sekolah merupakan pihak pertama yang harus bertanggung jawab. Belum lagi urusan dana yang masuk ke sekolah, semua masuk melalui kepala sekolah. Persetujuan juga datang dari kepala sekolah. Persoalan dana ini yang justru sangat tinggi tanggung jawabnya, bila dana yang diberikan baik dari pemerintah pusat maupun daerah tidak dialokasikan dengan benar, kepala sekolah bisa jadi pihak yang harus melakukan klarifikasi.

Banyak orang yang penasaran sebenarnya berapa jumlah pasti yang diterima oleh kepala sekolah setiap bulannya. Karena bila dicermati seseorang yang menjadi kepala sekolah bisa hidup dengan baik dan terlihat mampu memiliki standar hidup yang cukup tinggi di tengah masyarakat. Sebenarnya total take home pay yang diterima kepala sekolah tidak bisa disamakan pada setiap daerah. Perhitungan dilakukan dengan cara yang sama yaitu dengan menggunakan gaji pokok dan beberapa tunjangan. Besaran tunjangan pada setiap daerah yang tidak sama yang kemudian membuat total gaji Kepala Sekolah SMA menjadi tidak sama.

Pada wilayah dengan biaya hidup yang mahal maka cenderung memperoleh nominal tunjangan yang tinggi. Hal ini untuk menyesuaikan daya beli masyarakat sehingga seseorang yang menduduki jabatan sebagai kepala sekolah dapat memiliki hidup yang layak. Bisa ambil contoh salah satu daerah dengan gaji Kepala Sekolah SMA yang tinggi yaitu Denpasar, Bali. Kepala sekolah pada jenjang SMA di Bali bisa mendapatkan gaji hingga 12 juta. Jika dirinci uang tersebut berasal dari gaji pokok yang berada pada kisaran 4 juta, kemudian mendapat tambahan dari tunjangan profesi guru yang senilai dengan gaji pokok yaitu sebesar 4 juta dan tunjangan kinerja daerah dari pemerintah daerah sebesar 4 juta. Jumlah tersebut bahkan masih bisa bertambah mengingat masih adanya pendapatan dari tunjangan sertifikasi guru dan uang makan per hari yang diakumulasi.

Tingginya gaji Kepala Sekolah SMA diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan kualitas yang dimiliki. Setiap kepala sekolah harus mampu bekerja dengan baik dan optimal agar mampu menyelenggarakan proses pendidikan yang berkualitas. Hal ini juga menuntut kepala sekolah agar semakin rajin dan tidak pernah membolos. Semoga dengan jumlah gaji yang besar untuk kepala sekolah pendidikan di Indonesia bisa menjadi lebih baik dan maju.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Besaran Gaji Kepala Sekolah SMA di Indonesia"

Post a Comment