Sistem Cluster untuk Mengatur Gaji PNS di Tahun 2016

Sistem Cluster untuk Mengatur Gaji PNS di Tahun 2016

Mulai tahun 2016, sistem yang digunakan untuk mengatur gaji pns akan diganti dengan sistem cluster. Sistem ini merupakan sistem yang menerapkan ketentuan besaran gaji berdasarkan pembagian rayon. Sistem yang dianggap sangat berbeda dengan sistem sebelumnya ini menggunakan tolak ukur Pendapatan Asli Daerah (PAD), tingkat kemahalan, jumlah penduduk, serta kriteria lainnya.

Sementara itu, komponen gaji dari RPP Penghasilan dan Tunjangan yang didapatkan PNS meliputi gaji pokok, tunjangan kemahalan, dan tunjangan kerja. Lebih spesifiknya, gaji pokok antara PNS daerah dan PNS pusat sama besarnya. Yang membedakan keduanya hanyalah golongannya. Sedangkan, untuk kedua jenis tunjangan, baik PNS pusat maupun daerah berbeda-beda. Bidang inilah yang akan menjadi obyek utama penerapan sistem cluster. Jadi, nantinya jumlah penghasilan PNS setiap daerah akan berbeda satu dengan lainnya.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) bernama Bima Haria Wibisana memberikan penjelasannya. Sistem cluster untuk mengatur gaji PNS saat ini sedang disimulasikan di masing-masing daerah. Hasil dari simulasi tersebut akan memperlihatkan berapa persentase setiap daerah yang ada.

Sebagai contoh, apabila kawasan DKI Jakarta memiliki persentase kecil, maka dana untuk daerah berlebih. Sedangkan, daerah yang memiliki PAD kecil dengan persentase gaji besar akan menyusahkan pemerintah daerah tersebut dalam membayar. Bahkan pada kemungkinan terburuk, daerah tersebut tidak dapat membangun infrastruktur.

Bima menambahkan bahwa sebenarnya diskusi mengenai penerapan sistem cluster telah sejak lama dilakukan oleh internal pemerintah meskipun masih selalu menciptakan perbedaan pendapat.

Perbedaan pendapat tersebut salah satunya disebabkan oleh kasus seperti berikut ini. Seorang PNS dari daerah A yang pindah ke daerah B dengan alasan gaji yang diberikan daerah B lebih tinggi. Pindahnya PNS ke daerah B ini menyebabkan daerah A kekurangan pegawai. Inilah salah satu alasan yang mendasari orang yang kontra agar pemerintah lebih berhati-hati.

Selain itu, penentuan gaji pns juga dengan sistem ini juga mempertimbangkan bagaimana pengaruh yang ditimbulkan terhadap APBN. Karena bagaimanapun, kenaikan atau penurunan gaji untuk PNS akan selalu memberikan pengaruh terhadap APBN.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Cluster untuk Mengatur Gaji PNS di Tahun 2016"

Post a Comment