Aplikasi DHGTK: Absensi Secara Online

Aplikasi DHGTK: Absensi Secara Online

DHGTK atau Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan merupakan pencatatan absensi atau kehadiran guru dan tenaga kependidikan lainnya secara online. Sistem absensi ini dirasa cukup memudahkan dan unggul dalam berbagai sisi, terutama dari sisi waktu yang tidak memakan waktu lama hanya untuk sekedar mengisi absen setiap harinya. Sistem absensi secara online ini berlaku untuk seluruh sekolah di Indonesia, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Selain itu, karena sistem absensi ini merupakan sistem berbasis online, maka pihak sekolah harus menyediakan koneksi internet sebagai pendukungnya. Kepala sekolah adalah sosok yang bertanggung jawab penuh untuk sistem absensi online ini dan harus selalu memantau daftar hadir guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah. Selain itu, kepala sekolah juga memiliki tugas untuk melakukan sosialisasi kepada para guru dan tenaga kependidikan lainnya akan adanya sistem absensi secara online dan bagaimana cara penggunaannya. Berikut ini akan dibahas tentang cara login dan mengisi daftar hadir guru online yang perlu diketahui.

Berikut ini Adalah Langkah-Langkah Mengisi Daftar Hadir Guru Online Melalui Aplikasi DHGTK

Agar kehadiran guru dan tenaga kependidikan lainnya dapat dicatat kedalam sistem, ada dua jenis user ID yang bisa digunakan sebagai akses utama yaitu login menggunakan yang dimiliki kepala sekolah dan user ID milik operator Dapodik. Hal ini berarti, sistem ini sangat terjaga keamanannya karena hanya memiliki dua jenis user ID untuk masuk ke dalam sistem DHGTK atau sistem absensi online. Jika Anda masih bingung bagaimana cara login dan mengisi daftar hadir guru serta tenaga kependidikan lainnya secara online, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
  1. Langkah pertama, Anda harus memasuki laman DHGTK di http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ terlebih dahulu. Setelah berhasil masuk, akan ditemukan halaman yang menginstruksikan Anda untuk meng-klik "Login Sekolah".
  2. Setelah itu, Anda dapat login SIM kehadiran guru dengan mengisi NPSN, user ID dan password. Jika Anda mengisinya dengan benar dan tepat, maka Anda akan berhasil login.
  3. Kemudian, setelah Anda mengklik pilihan tersebut, Anda akan ditujukan ke halaman berikutnya yang memiliki beberapa fitur. Fitur-fitur tersebut meliputi beranda, kehadiran, keluar aplikasi, siklus pekerjaan sebelum dan sesudah terbit SKTP.
  4. Pada halaman tersebut juga ada beberapa menu, salah satunya adalah beranda yang berisi tentang profil sekolah, data pengguna, dan lain sebagainya. Sedangkan data sekolah, data guru dan tenaga kependidikan ada di menu kehadiran.
  5. Karena Anda ingin mengisi daftar hadir guru dan tenaga kependidikan secara online, maka Anda harus memilih menu kehadiran. Di aplikasi DHGTK ini akan memberikan beberapa instruksi yang harus Anda ikuti agar dapat mengisi absensi secara online dengan baik. Pertama-tama, Anda harus membuat kalender terlebih dahulu dengan klik Tambah Baru, kemudian klik beberapa pilihan lainnya sesuai jadwal yang telah ditentukan di sekolah. Jika semuanya sudah terisi dengan tepat, maka klik tombol simpan dan tombol OK.
  6. Jika Anda ingin mengetahui rekap atau data keseluruhan absensi guru dan tenaga kependidikan, maka Anda tinggal meng-klik nama yang ada di dalam DHGTK tersebut. Disana akan terpampang dengan jelas total kehadiran para tenaga pendidik, baik absensi harian, mingguan, maupun bulanan.
  7. Apabila ada salah satu guru yang tiba-tiba tidak masuk karena urusan mendadak atau bahkan karena sakit, maka dapat melampirkan dan mengisi surat izin. Caranya adalah dengan memilih nama guru yang bersangkutan di formulir kehadiran/absensi. Kemudian, klik Menu dan Klik Input Surat Izin. Setelah formulir ditampilkan, maka segeralah untuk mengisinya dan menyimpannya dengan mengklik pilihan SIMPAN dan OK.
  8. Jika ada formulir penting yang harus dicetak, Anda bisa mengikuti prosedur pencetakan yang sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di sekolah.
Pada dasarnya, sistem berbasis online dibuat untuk mempermudah sebuah pekerjaan. Begitu pula dengan aplikasi daftar absensi berbasis online bernama DHGTK ini, diharapkan dapat meringankan pekerjaan para guru dan tenaga kependidikan dalam mengisi absensi kehadiran. Aplikasi ini juga dirasa sangat membantu karena cara penggunaannya yang sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja, selama mereka adalah guru dan tenaga kependidikan serta orang-orang yang bersangkutan. Selain itu, dengan mengisi absensi secara online ini pun dianggap lebih efektif daripada mengisi secara manual. Hal ini dikarenakan, seluruh data dapat tersimpan dengan baik sehingga meminimalisir kebocoran data.

Disini, peran kepala sekolah juga sangat penting karena beliaulah yang memegang secara penuh aplikasi ini untuk selalu memantau absensi para guru-gurunya. Seiring perkembangan zaman, sistem berbasis online memang lebih banyak digunakan daripada sistem manual karena mampu memberikan keunggulan dan keuntungan-keuntungan yang efektif serta efisien. Adanya aplikasi DHGTK, sangat membantu para tenaga pendidik di sekolah-sekolah seluruh Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi DHGTK: Absensi Secara Online"

Post a Comment