Seleksi Formasi CPNS 2018 Segera Dimulai

Seleksi Formasi CPNS 2018 Segera Dimulai

Sudah bukan rahasia lagi bahwa seleksi cpns 2018 banyak yang menunggu. Memang tidak ada jumlah pasti berapa orang yang ingin menjadi pelamar tetapi diperkirakan mencapai puluhan juta dari seluruh Indonesia. Sebelumnya memang telah banyak  dikumandangkan tentang perkiraan seleksi pegawai negeri sipil yang akan dimulai pertengahan tahun 2018.  Seleksi ini dibuka khusus untuk pegawai pemerintah daerah, yakni kota/kabupaten juga provinsi.

Hal-hal Wajib yang Harus Disiapkan Menghadapi Seleksi CPNS 2018

Meskipun MenpanRB sudah mengeluarkan statemen tentang akan dilaksanakannya seleksi cpns 2018 dalam waktu dekat, untuk kepastian tanggal sampai saat ini pun belum ada pengumuman resmi yang muncul dari KEMENPAN dan Reformasi Birokrasi. Untuk itu banyak calon pelamar yang diingatkan supaya melengkapi dulu berkas-berkas yang disyaratkan. Berikut akan disampaikan hal-hal apa saja yang wajib disiapkan menjelang seleksi tersebut:

1. Pendaftaran satu sumber
Perlu diingat dan diperhatikan dengan seksama bagi para calon pelamar bahwa segala hal terkait seleksi cpns 2018 hanya dikeluarkan oleh satu web resmi yakni sscn bkn go id. Mulai dari pengumuman, persyaratan, hingga seleksi administrasi semua terpusat di web tersebut. Jadi untuk memudahkan memang diminta untuk memantau terus web tadi. Jangan terjebak info dari pihak lain atau web yang lain. ini termasuk hal yang wajib disiapan supaya Anda tahu info semua terpusat dari satu saja situs resmi. Jadi web tersebut akan aktif setelah info resmi sudah keluar.

2. Masuk dalam database
Hal wajib kedua yang harus disiapkan adalah nama Anda masuk dalam database nasional. Maksudnya ialah nomor kartu keluarga juga nomor induk kependudukan milik Anda harus bisa diakses dan datanya sesuai dengan database nasional. Ini termasuk syarat wajib yang harus terpenuhi sebagai syarat administrasi cpns 2018. Untuk itulah, ada baiknya Anda cek mulai sekarang terkait kk dan nik Anda.

3. Pantau web resmi
Kewajiban yang harus disiapkan berikutnya adalah memantau secara berkala web resmi yang telah disebutkan di awal tadi. Fungsinya agar Anda selalu update informasi resmi yang telah dipastikan validitasnya. Daripada memantau situs abal-abal, lebih baik selalu pantau situs resmi supaya Anda tahu informasi jelasnya kapan akan diselenggarakan seleksi cpns 2018 tersebut.

4. Syarat wajib dipenuhi
Satu hal yang wajib untuk dijadikan perhatian adalah syarat yang nantinya akan diumumkan lengkap melalui situs resmi sscn bkn haruslah dipenuhi. Bila memang Anda ingin lolos, maka seleksi awal yakni berupa seleksi administrasi wajib lolos terlebih dahulu. Setelah itu, baru Anda tahu apakah boleh lanjut ikut seleksi berikutnya ataukah tidak.

5. Pantau media sosial
Salah satu media sosial yang disarankan untuk juga dipantau oleh para calon adalah twitter dari BKN. Disarankan untuk menjadi follower atau pengikut di akun tersebut supaya mendapat informasi terupdate terkait dengan seleksi yang akan segera berlangsung tahun ini.

Itulah tadi lima hal yang wajib Anda siapkan untuk menghadapi seleksi yang sebentar lagi akan diselenggarakan untuk mengangkat calon pegawai negeri yang baru. Terlepas dari syarat atau poin-poin di atas, hal lain yang wajib tidak boleh lupa untuk juga disiapkan adalah tentang seleksi kompetensi dasar dan juga ada kompetensi bidang. Kedua tes kompetensi tersebut wajib Anda ikuti setelah terlebih dahulu lolos seleksi administrasi.

Tentunya tidak ada yang ingin tidak lolos dalam seleksi administrasi, maka dari itu persiapkan juga tes-tes lanjutannya. Bila Anda bertanya bagaimana mempersiapkannya, maka cara satu-satunya adalah dengan banyak berlatih soal juga belajar seputar tes yang akan diujikan. Bila Anda sudah siap, maka seharusnya tidak ada lagi kekhawatiran untuk tidak lolos seleksi cpns 2018.

Sedangkan dari Bangka, liputan dari Bangkapos menghasilkan informasi bahwa kepala Badan Kepegawaian dan PSDM kab Bangka barat menyatakan ihwal penerimaan atau seleksi diselenggarakan sekitar Juli akhir. Pernyataan yang disampaikan Heru Warsito pada tanggal 21 Juni lalu sekaligus menerangkan bahwa pihaknya sudah siap secara teknis hanya tinggal menunggu kabar saja.

Seleksi yang secara keseluruhan akan terpusat di web sscn bkn itu sudah menggunakan sistem online semua. Jadi untuk syarat administrasi tadi nantinya memang harus diunggah ke web resmi tersebut. Secara terpisah KARO HUMAS BKN yaitu M. Ridwan mengatakan semua proses mulai dari daftar hingga tes ataupun seleksi kompetensi semua melalui di web sscn bkn go id. Disebut oleh Ridwan bahwa BKN sudah berupaya mengupgrade web sscn bkn untuk menghandle 7 hingga 10 juta pelamar.

Terakhir MenPAN RB, Bapak Asman Abnur, memberikan pernyataan bahwa seleksi tahun ini mengambil porsi terbesar yakni jabatan spesialis juga teknis untuk cpns 2018. Formasi itu akan difungsikan untuk pengembangan daerah terluar, terdepan, juga tertinggal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seleksi Formasi CPNS 2018 Segera Dimulai"

Post a Comment