Cara Merancang Jadwal Pelajaran di Aplikasi Dapodik Versi 2018

Cara Merancang Jadwal Pelajaran di Aplikasi Dapodik Versi 2018

Dapodik adalah aplikasi yang berhubungan dengan entitas data yang dibutuhkan lembaga pendidikan atau sekolah. Peluncuran aplikasi ini dengan versi terkini tahun 2018 memberikan fitur baru yang semakin fungsional. Dengan adanya perangkat lunak ini harapannya operator sekolah semakin mudah dalam memetakan keadaan sekolahnya secara benar. Fitur terbaru yang sangat bermanfaat itu adalah pengisian jadwal pelajaran. Bagaimana cara membuat jadwal pembelajaran ini secara tepat? Berikut ini pemaparannya.

Mengisi Menu Jadwal
Pengisian jadwal pada sekolah terkait dengan berbagai kebutuhan, yakni data pembelajaran, rombongan belajar, data prasarana dan data periodik sekolah. Data prasarana diperlukan untuk memetakan bangunan yang difungsikan sebagai ruang kelas. Data rombongan belajar dimanfaatkan untuk mengetahui kondisi prasarana yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

Data Jadwal pembelajaran dipakai guna pemetaan mata pelajaran dan sekaligus guru yang pengampunya. Nah, agar operator sekolah memahami dan menjalankan dengan baik aplikasi serta pengisian data yang benar maka beberapa poin berikut wajib diperhatikan. Operator harus memahami sejumlah hal penting sebelum mengisi data pada fitur jadwal pelajaran. Berikut ini beberapa komponen yang harus diperhatikan.

Pengisian Data Periodik Sekolah
Anda harus mengisi data periodik sekolah secara benar sebelum mengakses menu jadwal. Pengisian data tersebut sifatnya wajib jadi kalau belum terisi maka akan muncul notifikasi atau peringatan jika Anda langsung mengakses fitur jadwal. Cara pengisian data ini dengan mengakses menu sekolah dan kemudian bisa mengisi formulir data rinci dari sekolahnya.

Persiapan Data Prasarana
Bagian sangat penting untuk pengisian data ini adalah dengan memperhatikan dengan cermat kebutuhan prasarana pada setiap rombongan belajarnya. Setiap rombongan belajar tidak bisa menggunakan satu prasarana secara bersamaan. Bila sekolah menerapkan jam pembelajaran dengan shift ganda dan mengharuskan penggunaan prasarana secara bersamaan antara rombongan belajar maka ada cara khusus dalam pengisian jadwal pelajaran.

Pemeriksaan Data Rombongan Belajar
Kalau seluruh data prasarana yang dibutuhkan dalam aktivitas pembelajaran telah diisi dan diperiksa, tahapan selanjutnya adalah pemeriksaan data dari rombongan belajar pada setiap tingkatan. Caranya dengan mengklik menu Rombongan Belajar sesuai dengan tahun ajarannya. Jangan lupa untuk menyesuaikan prasarana yang sudah ditambahkan datanya tadi. Dengan demikian melancarkan dalam proses pembuatan jadwal pelajaran.

Persiapan untuk Data Pembelajaran atau Pelajaran
Kalau sudah menyiapkan data rombongan belajar dan prasarana, tahapan seterusnya dengan mempersiapkan data pembelajarannya. Caranya dengan memilih satu rombongan belajar dan mengklik menu “Pembelajaran”. Langkah ini diterapkan untuk persiapan pembelajaran untuk masing-masing rombongan belajarnya. Sistemnya secara otomatis akan menyuguhkan data pelajaran sesuai dengan kurikulumnya. Nah, kalau sesudah pilih menu rombongan belajar tapi mata pelajarannya tidak keluar datanya maka dapat dipastikan terjadi kesalahan input saat pemilihan kurikulumnya.

Data terkait guru, mata pelajaran dan jumlah jam mengajar per pekannya akan berimbas pada pengisian menu jadwal pelajaran. Setiap mata pelajaran disertai dengan jam maksimal per minggunya. Ketentuan ini bersinggungan dengan rombongan belajar. Perhitungan waktu pembelajaran ini mulai dari hari Senin hingga Minggu. Selain itu, bisa juga disesuaikan dengan jadwal pelaksanaan pembelajaran di sekolah masing-masing.

Pengisian Menu Jadwal
Setiap operator wajib mengetahui kalau waktu istirahat dan kegiatan upacara tidak termasuk dalam jadwal pembelajaran. Oleh karena itu, jangan sampai komponen tersebut dimasukkan dalam pengisian menu jadwalnya. Langkah pengisiannya dengan mengklik menu Jadwal yang berada di sidebar sebelah kiri. Pastikan sebelumnya Anda sudah mengisi data periodik sekolah dengan benar dan selesai. Kalau belum maka sistem akan memberikan notifikasi kegagalan untuk mengakses menu jadwalnya. Jika belum melakukan pengisian data tersebut, Anda bisa mengisi data rinci sekolah dengan mengakses menu Sekolah. Nah, kalau telah berhasil mengakses menu jadwal pelajaran, penting juga untuk memahami berbagai hal berikut.
  1. Mengecek waktu pelaksanaan. Opsi “Cek Waktu Penyelenggaraan” berfungsi sebagai cara untuk memvalidasi data periodik sekolah. Dengan begitu data untuk waktu pelaksanaan sekolahnya akan tampil secara benar. Kalau tahapan ini berhasil maka datanya akan tersedia dan Anda bisa meneruskan untuk mengakses menu prasarana.
  2. Memilih prasarana. Semua data yang sudah dimasukkan di dalam menu Sarpras akan ditampilkan. Data ini juga akan menampilkan data dari rombongan belajar yang memanfaatkan prasarana itu.
  3. Jadwal hari. Waktu pelaksanaan program KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di setiap sekolah bisa berlangsung selama tujuh hari mulai dari Senin sampai Minggu. Kalau Anda memilih opsi hari tertentu maka akan ditampilkan sejumlah data dari mata pelajaran dan guru pengampunya serta alokasi jam setiap minggunya. Jadi sangat penting untuk senantiasa diperhatikan ketika pengisian menu jadwal pembelajaran, terutama memastikan data pembelajaran di tabel rombongan belajar sudah terisi secara tepat beserta data prasarana.
Nah, sangat mudah bukan untuk melakukan merancang jadwal pelajaran menggunakan aplikasi Dapodik dengan versi 2018? Validitas data dan ketelitian sangat diperlukan agar pengisian informasinya tidak sampai terjadi kesalahan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merancang Jadwal Pelajaran di Aplikasi Dapodik Versi 2018"

Post a Comment