Sistem Baru Dapodik 2018

Sistem Baru Dapodik 2018

Ada kabar terbaru dari dunia pendidikan di awal tahun kemarin. Aplikasi dapodik 2018 sudah rilis di awal tahun 2018. Dengan ini sistem yang lama otomatis sudah tidak terpakai lagi. Maka sebaiknya Anda uninstall dulu dapodik 2017 baru lanjutkan dengan install versi terbaru. Karena dengan begitu sistemnya akan lebih mudah berjalan. Pembaruan ini diikuti beberapa fitur yang tadinya memang belum ada di versi lama. Tapi fitur ini mungkin akan dibahas nanti. Karena di sini akan lebih difokuskan pada bagaimana cara termudah download, install dan mengoperasikannya tanpa ribet. Untuk lebih jelasnya simak terus tulisan ini.

Install Dapodik 2018, Registrasi Tanpa Perlu Prefill

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk install, salah satunya adalah dengan langsung mengunjungi situs resmi milik dapodik 2018. Ada begitu banyak link alternatifnya jika Anda kebetulan menemui masalah dalam mengakses link utamanya tadi. Masih bingung dengan cara-caranya? Setelah ini akan dijelaskan rinciannya supaya Anda tidak perlu bingung-bingung lagi.

1. Bereskan data
Maksud dari bereskan data adalah sebisa mungkin saat menginstall versi terbaru dapodik ini, versi lama telah bersih atau hilang dari PC maupun laptop yang Anda gunakan. Dengan begitu Anda tidak perlu ribet untuk update atau mengikuti perintah yang muncul ketika Anda belum menghapus sistem lama. Percayalah bahwa dengan menghapus dulu versi lama proses berikutnya akan lebih cepat beres.

2. Download
Setelah beres uninstall tadi kini waktunya Anda download versi teranyar dari aplikasi dapodik 2018 ini. Setelah terdownload biasanya akan secara otomatis Anda disuruh untuk menginstall atau tekan tombol “run as” kemudian tunggu hingga semua proses selesai. Agak sabar jika jaringan internet Anda lambat, mungkin bisa karena trafficnya sedang tinggi atau banyak yang mengakses situs tersebut. Jangan lupa untuk pilih “setuju” supaya proses install berlanjut.

3. Buka aplikasi
Buka aplikasi yang sudah terinstall dan lihat laman utamanya. Di sini Anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti:
  • Username : berisi nama dan alamat email yang akan Anda gunakan
  • Password : password untuk login, siapkan yang rumit tapi mudah Anda ingat
  • Kode registrasi : biasanya kode ini sesuai dengan sekolah masing-masing
  • Jenjang sekolah : isilah jenjang ini sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
Tunggu beberapa saat sampai data Anda masuk dan teregistrasi, cukup lama memang tapi tunggu saja. Perkiraan proses ini biasanya 10-15 menit. Sembari menunggu Anda bisa sambil mempelajari apa-apa saja yang nanti perlu Anda input untuk melengkapi database terbaru itu.

4. Pilih online
Pada laman ini akan ada dua pilihan cara registrasi, yakni online dan offline. Jika Anda tidak mau direpotkan dengan prefill ulang, maka disarankan pilihlah registrasi online. Tetapi syarat utamanya adalah jaringan internet milik Anda baik dan stabil, sehingga proses akan lebih lancar. Tapi jika Anda kebetulan tidak memiliki jaringan internet yang oke maka sebaiknya pilih registrasi offline. Hanya saja sedikit repot karena Anda diharuskan mendownload prefill dari data lama baru kemudian Anda input lagi ke sistem yang baru.

5. Selesai
Setelah semua proses tadi dan Anda dinyatakan berhasil registrasi maka Anda bisa langsung masuk dengan username yang digunakan tadi dan juga passwordnya.

Semua proses telah selesai, kini Anda hanya perlu melakukan kewajiban dengan mengisi data yang harus diinput dalam sistem dapodik terbaru ini. Di sini tidak akan dijelaskan cara-cara input dapodik 2018 karena memang tulisan ini tidak memuat tentang hal itu.

Fungsi atau manfaat yang dapat diambil dari sistem dapodik 2018 adalah semua data tentang peserta didik maupun sekolah-sekolah secara umum akan jadi satu pusat data besar. Dengan begitu akan otomatis terekam di Kemendikbud. Dengan pusat data yang menjadi satu, akan lebih mudah bagi kemendikbud apabila ada program-program terbaru, sehingga dapat tepat sasaran. Ini harapannya.

Bagi para peserta didik pun sangat banyak apabila ada yang butuh bantuan dana operasional ataupun beasiswa karena keadaan ekonomi maupun bisa karena prestasinya maka Kemendikbud akan lebih mudah menjangkaunya. Dapodik 2018 secara sistem juga lebih canggih karena tambahan fitur-fitur yang ada. Tujuannya sekali lagi untuk akurasi data yang maksimal.

Mengelola seluruh sekolah, guru, maupun peserta didik di seluruh pelosok negeri ini bukanlah perkara yang mudah. Pemerintah saat ini berupaya untuk menyetarakan semua pendidikan di seluruh negeri supaya semua mendapat pendidikan yang setara dan kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan terbaik. Maka dari itu sudah sepatutnya Anda mendukung program-program terkait pendidikan ini, termasuk dapodik 2018. Bila Anda merupakan tenaga pengajar, maka sebaiknya cepat update sistem Anda dan maksimalkan mutu pendidikan dengan cara input data dengan benar dan sesuai keadaan aslinya. Salam pendidikan!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Baru Dapodik 2018"

Post a Comment