Pengisian JJM Kepala Sekolah Pada Dapodik 2018

Pengisian JJM Kepala Sekolah Pada Dapodik 2018

Aplikasi data pokok pendidikan atau yang sering disingkat dengan Dapodik setiap tahunnya mengalami pembaharuan sesuai dengan perkembangan sistem dari pusat. Semua guru baik yang bertugas mengajar di kelas, BK, TIK, Wakasek, sampai kepala sekolah wajib mengisi data tersebut. Pada versi terbaru tahun 2018, terdapat perubahan pengisian JJM kepala sekolah mulai tingkat SD sampai dengan SMA. Dengan adanya perbedaan tersebut, maka kepsek tidak berkewajiban mengajar di kelas kecuali ada beberapa kondisi yang mendesak.

Panduan Mengisi JJM Kepala Sekolah Pada Dapodik 2018

Jika sudah mengetahui cara pengisian JJM kepala sekolah pada Dapodik 2016 pastinya tidak akan kesulitan. Pada versi yang lama, untuk memperoleh tunjangan sertifikasi guru maka kepsek harus memiliki jumlah jam mengajar sebanyak 24 jam. Sebab itulah kepsek diharuskan mengajar agar total jjm genap 24 jam. Namun pada Dapodik 2018, kepala sekolah tidak diwajibkan mengajar karena secara otomatis jumlah jam mengajarnya sudah dihitung 24 jam. Apabila kondisi sekolah kekurangan guru, maka kepsek boleh mengajar untuk mengisi kekosongan. Adapun tahapan pengisiannya adalah:

1. Masuk ke aplikasi Dapodik terbaru
Pada bagian dashboard ada beberapa menu yang bisa dipilih. Cek status di beranda apakah sudah benar atau tidak. Jika jenis PTK kepala sekolah belum dipilih maka akan ada pemberitahuan yang ditulis dalam font berwarna merah. Selanjutnya status tersebut harus diganti untuk mengisi jumlah jam mengajar.

2. Pilih PTK
Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan dalam proses pengisian JJM kepala sekolah yaitu memilih menu GTK lalu klik guru. Masuk ke laman yang berisi daftar nama, NIK, jenis PTK, dan info lainnya. Data pokok ini sangat rahasia dan hanya bisa diakses oleh staff sekolah seperti guru, kepsek, wakasek, dan sebagainya. Disinilah awal pengisian JJM bagi kepala sekolah agar syarat untuk memperoleh jaminan sertifikasi guru terpenuhi.

3. Pilih nama kepsek
Carilah nama yang sesuai, jika Anda seorang kepala sekolah dan belum melakukan perubahan maka status PTK masih guru mapel. Karena di Dapodik 2018 kepsek tidak diwajibkan mengajar kecuali jika jumlah guru tidak mencukupi, secara otomatis dengan mengganti Jenis PTK maka JJM kepala sekolah langsung menjadi 24 jam. Setelah mengklik nama maka akan masuk kelaman data pribadi.

4. Mengubah Jenis PTK
Masuk ke halaman yang memuat data pribadi, klik nama lalu tekan menu ubah. Selanjutnya akan diarahkan pada beberapa data yang harus diganti agar syarat jumlah jam mengajar tercapai. Cari menu jenis PTK lalu ganti dengan mengklik pilihan kepala sekolah. Setelah yakin tidak ada data yang akan diubah lagi, segera klik tombol simpan. Jika pada Dapodik 2016 JJM kepala sekolah berjumlah 18 jam dan memerlukan 6 jam tambahan untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi guru. Pada versi terbaru kali ini, kepsek langsung memperoleh 24 jam tanpa perlu mengajar sama sekali.

5. Tugas tambahan
Pada bagian bawah laman data pribadi tersebut, klik menu tugas tambahan dan sistem secara otomatis akan mengecek status. Disitu dapat diketahui jabatan PTK, Nomor SK, TMT tambahan dan TST tambahan. Meskipun tidak berkewajiban mengajar di kelas, kepsek tetap wajib mengisi tugas tambahan. Dapodik 2018 dirasa sangat meringankan tugas kepsek sehingga bisa lebih fokus pada peran utamanya sebagai pimpinan sekolah. Aplikasi ini memberikan banyak manfaat supaya proses belajar mengajar di sekolah dapat berjalan lancar.

6. Cek status
Tutup laman pengubahan data lalu klik tombol refresh untuk memperbaharui sistem. Masuk ke dashboard lalu klik menu beranda dan lihat data yang tertulis. Jika berhasil, maka jenis PTK akan berubah menjadi kepala sekolah. Ini menjadi tahapan akhir dari pengisian JJM kepala sekolah yang bisa dibilang cukup mudah karena semua dilakukan secara online. Sistem ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan mulai dari SD sampai dengan SMA serta masing-masing memiliki akses dapodik yang sifatnya rahasia. Jadi antara satu sekolah dengan lainnya tidak dapat mengetahui data pribadi dan semuanya disimpan dalam satu server supaya mudah dipantau oleh pihak pusat.

Apa pentingnya aplikasi Dapodik bagi pihak sekolah? Tentu saja perannya sangat vital untuk menyampaikan data ke pusat dalam hal ini menjadi wewenang dari kemendikbud. Jadi, jika sekolah tidak memiliki aplikasi ini akan sangat rugi nantinya karena data tidak tersampaikan. Pengajuan dana untuk perlengkapan tempat belajar dari jenjang SD sampai SMA juga bisa dipantau disini sehingga pemberian bantuan bisa tepat sasaran. Selain kepsek, guru dan staff sekolah lainnya juga wajib melakukan pengisian berkala agar data selalu update.

Setelah mengetahui cara pengisian JJM kepala sekolah yang disebutkan diatas semoga bisa memberikan informasi tambahan tentang versi baru aplikasi Dapodik 2018. Dengan adanya sistem ini, maka kinerja kepsek akan lebih fokus untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengisian JJM Kepala Sekolah Pada Dapodik 2018"

Post a Comment