Rincian Cara Daftar, Syarat & Formasi CPNS Kemenag

Rincian Cara Daftar, Syarat & Formasi CPNS Kemenag

Pembukaan lowongan CPNS 2018 memang sudah ditunggu puluhan ribu orang warga negara Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. CPNS dikenal sebagai pekerjaan yang bisa dibilang mapan karena mendapat dana tunjangan setelah pensiun. Adapun tunjangan-tunjangan lain untuk anak selama masih aktif bekerja adalah salah satu alasan banyak masyarakat berkeinginan untuk menjadi abdi pemerintah. Formasi CPNS kemenag 2018 dikelompokkan menjadi tujuh. berapa jumlah masing-masing formasi? Simak poin & penjelasan berikut.

Tips Daftar & Pilih Formasi CPNS Kemenag

Dari data yang diunggah pada laman online resmi, Kementrian Agama membuka lowongan lebih dari tujuh belas ribu yang terbagi dalam tujuh jabatan. Masing-masing formasi CPNS Kemenag 2018 tidak sama karena disesuaikan dengan kebutuhan pegawai. Ketika memilih posisi saat melakukan pendaftaran sebaiknya Anda lihat terlebih dahulu informasi lengkapnya. Sehingga bisa mempersiapkan diri untuk bersaing dengan calon PNS seluruh Indonesia.

1. Perbandingan tiap formasi Kemenag 2018
Tahun ini Kemenag membuka lowongan lebih banyak untuk tenaga pendidik atau guru dari kelompok umum. Jumlah yang dibutuhkan mencapai 10.520 orang, sementara khusus untuk guru yang berstatus sebagai tenaga honorer K2 dialokasikan sebanyak 1.480 bagi calon pendaftar. Pengajar tingkat perguruan tinggi cukup banyak lowongannya yaitu lebih dari 4 ribu, tepatnya 4.485 untuk formasi CPNS Kemenag 2018. Sisanya dibuka untuk penghulu, penyuluh, JFT (jabatan fungsional tertentu) dan JFU (jabatan fungsional umum).

2. Pilih lowongan berdasarkan jumlah formasi
Untuk memperbesar kemungkinan lolos semua seleksi dan diangkat menjadi seorang pegawai negeri sipil, Anda harus jeli menentukan pilihan formasi. Lihatlah daftar kuota masing-masing jabatan yang ditetapkan kementrian seperti data formasi Kementrian Keagamaan yang sudah tersebut di atas. Selanjutnya bandingkan dengan jumlah yang melamar jabatan tersebut. Percuma jika Anda melamar formasi lowongan yang menyediakan kuota ribuan dengan jumlah pelamar ratusan ribu. Kuota terbanyak dengan pelamar yang paling minim adalah jenis jabatan yang perlu dipertimbangkan.

3. Mendaftar sesuai aturan
Aturan yang diberikan pemerintah untuk perekrutan PNS sangatlah jelas. Dalam pembukaan CPNS bulan September 2018 ini, BKN selalu menekankan untuk melakukan pendaftaran melalui website resmi bukan alamat online yang lain. Bagi pegawai yang sudah mengabdi di lembaga pemerintahan seperti honorer kategori II juga tidak bisa langsung pengangkatan. Para guru yang ingin menjadi PNS harus melalui beberapa tahapan seleksi sesuai kebijakan yang diterapkan masing-masing kementrian. Formasi CPNS  Kemenag 2018 memberikan beberapa syarat yang juga berlaku untuk eks honorer K2.

4. Syarat formasi Kementrian Agama
Walaupun sama-sama jabatan seleksi calon pegawai negeri sipil tahun 2018 bukan berarti syarat-syarat yang diminta masing-masing lembaga, kementrian, ataupun instansi sama. Oleh karena itu, Anda perlu fokus mempelajari persyaratan & dokumen yang harus dimiliki sesuai dengan formasi yang dipilih. Misalnya Anda adalah seorang guru agama yang masih berstatus honorer K2 bisa mengintip infonya di website resmi CPNS 2018 ataupun situs Kemenag agar tidak terbalik dengan syarat guru kategori umum. Masalah yang sering dikeluhkan para honorer adalah umur yang sudah tidak memenuhi syarat yaitu lebih tua dari 35 tahun.

5. Kriteria Pelamar
Formasi CPNS Kemenag 2018 memberikan beberapa pilihan kepada pelamar sesuai dengan kriteria yang ada. Kriteria cumlaude diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi & prodi yang status akreditasinya adalah A di tahun kelulusan. Individu tersebut merupakan lulusan terbaik dengan status pujian sesuai yang tertulis dalam transkrip akademik. Sementara kategori berikutnya adalah disabilitas yang dikhususkan bagi pelamar berkebutuhan khusus. Namun, sayangnya tidak semua penyandang disabilitas bisa mendaftar karena salah satu syaratnya adalah mempunyai kemampuan untuk melakukan semua tugas dari jabatan yang disediakan. Kemenag mengharuskan pelamar berkebutuhan khusus punya surat keterangan disabilitas yang diterbitkan oleh pihak berwenang untuk melamar CPNS 2018. Kategori ketiga adalah tenaga guru honorer dengan status K2 yang wajib berusia maksimum 35 tahun tidak boleh lebih. Disamping itu, para guru honorer juga dituntut minimal S1 sebelum 3 November 2013. Tipe kelompok pelamar keempat adalah mempunyai garis keturunan Papua & Papua Barat. Kelompok pelamar terakhir adalah umum yang artinya tidak memenuhi syarat 4 kategori sebelumnya.

6. Batasan usia yang diperbolehkan melamar PNS 2018
Poin pertama untuk persyaratan adalah status kenegaraan. Untuk menjadi pelayan pemerintah maka calon PNS haruslah berkewarganegaraan Indonesia. Taat & setia terhadap nilai-nilai dasar negara yaitu Pancasila dan undang-undang dasar tahun 1945. Usia minimal pelamar PNS adalah delapan belas tahun, sementara maksimal umur pelamar adalah 35 tahun. Batasan usia ini juga berlaku untuk calon-calon pegawai pemerintah yang akan mengisi formasi CPNS Kemenag 2018. Syarat umum berikutnya adalah tidak memiliki catatan pidana penjara karena sebagai calon wakil pemerintah yang akan melayani masyarakat tentu perlu orang-orang yang berkelakuan baik.

7. Bukan anggota aktif dari beberapa organisasi/instansi
Seorang yang ingin berpartisipasi dalam pembukaan CPNS tahun 2018 ini tidak diizinkan memiliki jabatan di beberapa lembaga. Orang-orang yang sebaiknya tidak mendaftar PNS adalah pengurus parpol, calon pegawai TNI maupun Polri, dan siswa yang memegang perjanjian ikatan dinas. Peserta yang mendaftar harus mempunyai status kesehatan baik (jasmani & rohani). Bukan pemakai, pengedar, ataupun orang yang tersangkut kasus penjualan obat-obatan terlarang. Pelamar harus memenuhi syarat minimal pendidikan dan dinyatakan lulus oleh perguruan tinggi yang sudah terakreditasi.

8. Dokumen persyaratan untuk seleksi administrasi
Dokumen-dokumen yang diminta untuk syarat mengajukan lamaran PNS periode 2018 ini tidak semuanya sama. Formasi CPNS Kemenag 2018 membuat beberapa list persyaratan untuk masing-masing kategori yaitu pelamar umum dan pelamar khusus (putra/putri Papua, disabilitas, lulusan terbaik, tenaga honorer). Jika melihat poin-poin yang ada dalam surat pemberitahuan Kementrian Agama hampir sama. Hanya ada satu atau dua poin syarat tambahan untuk formasi khusus.

9. Urutan cara mendaftar yang benar
Semua pelamar wajib mempunyai akun online dengan cara regristrasi menginput sejumlah data ke situs resmi yang diberitahukan oleh Badan Kepegawaian Negara. Jika ada beberapa ulasan yang menyertakan alamat url yang berbeda, maka Anda tidak boleh mempercayainya. Selain mengunggah semua berkas syarat ke laman online BKN, Kemenag juga menginginkan peserta untuk mengirimkan berkas fisik melalui ekspedisi tertentu. Jadi, perhatikan tanggal maksimal penerimaan berkas agar dokumen Anda sampai tepat waktu.

Jadwal seleksi dan ketentuan lainnya bisa Anda simak rincian informasinya dari Kementrian Agama. Semua pelamar diharapkan bekerja keras melewati setiap tahapan seleksinya. Apalagi ada tahap ujian tulis yang sering menjegal langkah peserta. Hal tersebut juga berlaku untuk guru honorer. Masa-masa pembukaan CPNS sering kali dimanfaatkan sebagian oknum yang memakai nama instansi tertentu untuk menyebar hal-hal yang tidak benar. Satu hal yang perlu dicatat adalah setiap orang yang mengikuti rekrutmen formasi CPNS Kemenag 2018 tidak ada pungutan biaya apapun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rincian Cara Daftar, Syarat & Formasi CPNS Kemenag"

Post a Comment