Inilah Cara Mengunduh File DZ Peserta UN

Inilah Cara Mengunduh File DZ Peserta UN

Semua data pendidikan kini tidak bisa diakses sembarangan, hanya pihak sekolah saja yang dapat mengunduhnya. Namun bagi beberapa staff yang bukan bertindak sebagai operator, pastinya mengalami kesulitan saat membuka file DZ. Data sekolah yang cukup banyak dan berat harus dikompres supaya mudah diakses dan juga agar servernya lebih ringan. Format tersebut sama dengan Zip file jadi untuk membukanya Anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Salah satu data yang diformat kedalam Dzipe file adalah daftar calon peserta ujian nasional. Sebelum pelaksanaan ujian, pihak sekolah wajib melakukan pengecekan dan memverifikasi agar semua siswa yang terdaftar bisa mengikuti UN.

Langkah Mengunduh File DZ di web PDUN

Sebelum pelaksanaan ujian nasional berlangsung, sedari jauh hari wajib dilakukan verifikasi data mengenai calon peserta UN. File yang berisi daftar siswa yang akan mengikuti ujian bisa diunduh di web PDUN. Disini folder yang didwonload berupa file DZ bukan excel. Hal ini bertujuan agar akses lebih cepat dan data aman. Untuk masuk ke situs tersebut, harus memiliki username di Dapodik. Jadi hanya staff sekolah yang dapat mengaksesnya. Adapun langkah mendownload data Calon Peserta Ujian Nasional (CPUN) dan berita acara adalah:

1. Buka web PDUN
Ketikkan pada browser alamat webnya di pdun.data.kemdikbud.go.id. Secara otomatis Anda akan diarahkan untuk melakukan log in. Situs ini khusus untuk mengunduh file DZ yang berisi data penting sekolah termasuk CPUN. Sebaiknya gunakan pc jangan membuka melalui handphone karena akan sulit melakukan log in nantinya. Selain itu program tersebut belum ada aplikasi mobile friendly sehingga tidak aman jika diakses menggunakan ponsel.

2. Log in dengan 2 cara
Bagi Anda yang memiliki akun di Dapodik, bisa isikan username dan juga password dengan benar. Jika gagal, ketik ulang siapa tau Anda salah mengisi. Selain menggunakan akun Dapodik, bisa juga melalui cara alternatif dengan mengisikan kode registrasi. Langkah ini harus dilakukan supaya bisa masuk ke laman utama dan mengunduh file tersebut. Pihak yang tidak berkepentingan tidak bisa mengakses situs PDUN karena akun Dapodik diperuntukkan untuk pengajar, wakasek, kepsek, dan staff sekolah lainnya.

3. Masuk ke menu utama
Setelah sukses melakukan log in, secara otomatis web akan masuk pada laman utama. Disini ada beberapa pilihan menu seperti beranda, calon peserta UN, dan log out. Untuk dapat mendownload file DZ klik menu calon peserta UN untuk masuk kedalam foldernya. Ada beberapa data yang bisa dilihat dan harus dicek kelengkapan dan kevalidannya terlebih dahulu. Banyak folder yang terdapat di laman tersebut, pilih yang sesuai dengan cpun sekolah Anda. Pengunduhan cukup cepat karena filenya tidak berat dan sudah terkompres.

4. Unduh CPUN dan Berita Acara
Anda bisa mengunduh data calon peserta ujian nasional dengan mengklik tombol yang ada pada bagian atas laman. Pilih menu unduh file DZ untuk menyimpan daftar CPUN. Sementara untuk mendownload berita acara klik menu unduh berita acara. Jenis file yang Anda dapatkan formatnya berupa Dzipe bukan Excel. Untuk membukanya Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu.

5. Menu informasi
Setelah mengklik tombol unduh maka akan muncul menu informasi yang mengharuskan Anda melakukan pengecekan data terlebih dahulu sebelum diberikan kepada panitia ujian nasional baik tingkat kota maupun kabupaten. Jika terjadi ketidaksinkronan bisa diperbaiki di aplikasi Dapodik. Pastikan semua nama siswa, NISN, dan lain-lain cocok supaya tidak terjadi masalah saat pelaksanaan UN. Pada saat muncul informasi tersebut klik saja pilihan “ya”.

6. Simpan file DZ
Unduhan file DZ tersebut simpan pada folder yang sudah Anda siapkan agar mudah dicari. Ini menjadi tugas siapa saja tidak hanya bagian operator. Jika ada kesalahan data maka dapat mengakibatkan siswa tidak bisa mengikuti UN sesuai jadwal. Semua data dapat diunduh di web PDUN mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Untuk mengekstrak file tersebut, Anda harus mengunduh aplikasi Dzipe terlebih dahulu. Setelah itu install dan baru bisa membuka folder tersebut. Data yang ada didalamnya berupa nama siswa, NISN, serta tempat dan tanggal lahir. Pastikan data yang ada pada file tersebut benar jika ada kesalahan segera lakukan perubahan di aplikasi Dapodik atau melalui VerValPD. Verifikasi biasa dilakukan menjelang UN kemudian datanya diserahkan pada panitia lokal baik yang ada di kota maupun kabupaten. Hanya murid yang terdaftarlah yang bisa mengikuti ujian tingkat nasional tersebut.

Semoga dengan adanya info mengenai cara mengunduh file DZ bisa membantu Anda dalam melakukan pengecekan daftar calon peserta ujian nasional. Siapkan folder dulu dan instal aplikasi untuk mengekstrak Dzipe. Setelah file berhasil dibuka, periksa semua data siswa apakah sudah valid atau ada yang perlu diubah menggunakan sistem dapodik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Cara Mengunduh File DZ Peserta UN"

Post a Comment