Menambah Daftar Komite dan Pengawas di Aplikasi PMP

Menambah Daftar Komite dan Pengawas di Aplikasi PMP

PMP merupakan sebuah aplikasi penjaminan mutu pendidikan baik dasar dan menengah yang bertujuan untuk memastikan seluruh proses jalannya pendidikan sudah sesuai dengan mutu standar serta aturan yang berlaku. Pengisian data pada aplikasi tersebut harus diisikan oleh para siswa, guru, serta komite dan pengawas dari sekolah. Ketika akan mengisi di PMP maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu yakni mengisi lembaran kuis di kertas dengan manual. Hal ini dikarenakan akan membutuhkan persetujuan yaitu berbentuk tanda tangan kesepakatan untuk dimasukkan ke dalam aplikasi PMP tersebut.

Cara Menambah Komite dan Pengawas pada Aplikasi PMP

Para peserta yang mengisi kuis dan telah terdata pada Dapodik maka tidak lagi menambah nama kuis pada aplikasi PMP. Bagi para komite atau pengawas dari sekolah, data nama tersebut harus dimasukkan. Data-data yang perlu dimasukkan pada kuesioner yaitu terdiri dari nama, email, password, NIK, NIP, tanggal lahir, NUPTK, dan nama Ibu kandung. Berikut ini cara untuk menambah daftar komite dan pengawas pada aplikasi PMP:

1. Login melalui aplikasi PMP
Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu login melalui aplikasi PMP. Pastikan Anda login sebagai operator sekolah. Setelah Anda login akan muncul halaman beranda yang berisikan data identitas pengguna. Kemudian Anda lihat pada bagian kiri bawah terdapat fitur ‘manajemen pengguna’. Setelah Anda klik fitur tersebut akan muncul tampilan baru. Kemudian klik pada tulisan ‘tambah’ yang terletak di atas.

2. Isi Data komite atau pengawas sekolah
Selanjutnya setelah Anda mengklik tulisan ‘tambah’ langkah berikutnya yaitu Anda isi data komite dan pengawas sekolah yang akan diajukan. Isikan data komite atau pengawas dari binaan sekolah. Terdapat beberapa data yang harus Anda isikan pada form tersebut. Diantaranya nama, peran, email, password, NIK, NIP (bila ada), tanggal lahir, nama ibu kandung, serta NUPTK (bila ada). Pastikan data yang Anda isikan ke dalam aplikasi tersebut merupakan data yang benar. Setelah itu, Anda klik ‘save’ pada pojok kanan bawah dan data komite atau pengawas sekolah pun telah tersimpan.

Perlu Anda ketahui pada form peran, dapat Anda isi dengan berdasarkan siapa yang akan Anda masukkan ke dalam data tersebut. Anda dapat menambahkan pengawas ataupun komite sekolah. Sementara itu, untuk username Anda dapat menggunakan email dari pengguna yang akan Anda tambahkan pada data tersebut dan juga password. Password ini dapat Anda buat sendiri karena siapapun operatornya atau siapa yang akan diinput penggunanya maka Anda bebas membuat password yang akan diinput. Hal yang penting adalah Anda harus mengingat username dan juga password yang telah dimasukkan dalam angket. Username dan juga password tersebut nanti akan digunakan sebagai akses login pada aplikasi PMP.

Apabila seluruh data telah terisi maka langkah terakhir yaitu pilih ‘simpan’. Kemudian Anda dapat keluar atau logout dari aplikasi PMP tersebut dan Anda bisa login sebagai komite ataupun pengawas sekolah. Anda hanya tinggal memasukkan username dan juga password berdasarkan data yang telah Anda masukkan pada form isi data identitas pada komite dan pengawas sekolah.

Apabila Anda merupakan peserta pengisi kuesioner pada PTK serta Peserta Didik, maka Anda tidak perlu repot untuk menambahkan data, namun Anda hanya menyalin data melalui aplikasi Dapodik. Maka dengan otomatis berbagai daftar Peserta Didik dan PTK yang telah melengkapi biodata atau identitas dirinya akan terdapat pada beranda aplikasi PMP. Terkadang Anda juga akan menemukan beberapa Peserta Didik dan PTK yang datanya tidak tampil di aplikasi PMP tersebut. Hal itu disebabkan data dan identitas pribadi di aplikasi Dapodik yang belum terisi seluruhnya atau belum lengkap.

Sementara itu bagi komite dan pengawas binaan sekolah, Anda tidak dapat menggunakan fitur salin layaknya pada Peserta Didik dan PTK. Maka dari itu pengawas dan juga komite sekolah harus mengisi angket dengan manual yakni caranya dengan menambah data melalui aplikasi PMP yang telah disediakan tersebut.

Demikian informasi mengenai cara menambah daftar data pengawas serta komite dari sekolah yang telah dipaparkan. Salah satu faktor penilaian mutu pendidikan dasar dan menengah yaitu terdapat pada komite dan pengawas dari sekolah. Maka dari itu data tersebut sangat penting agar dari pihak Kemendikbud dapat memberikan hasil yang berkualitas terhadap mutu pendidikan di Indonesia.

Dalam pengisian data pengawas serta komite tersebut Anda harus mengisi data yang sebenar-benarnya dan jangan sampai ada data palsu. Ketika mengisi pun Anda juga harus berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan karena setelah menyimpan data, Anda tidak dapat mengubahnya lagi. Itulah beberapa langkah menambah komite dan pengawas sekolah yang telah dijelaskan. Semoga artikel ini berguna bagi Anda yang membutuhkannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menambah Daftar Komite dan Pengawas di Aplikasi PMP"

Post a Comment