Mengisi Kuisioner Kepala Sekolah pada Aplikasi PMP

Mengisi Kuisioner Kepala Sekolah pada Aplikasi PMP

Salah satu fasilitas yang dapat dilakukan pada aplikasi PMP adalah mengisi kuisioner kepala sekolah.Seperti yang telah diketahui bahwa penjaminan mutu oleh pendidikan dasar dan menengah ditujukan agar memberi ilustrasi kepada seluruh pihak mengenai tingkat capaian standar pendidikan di tingkat nasional. Penjaminan mutu pendidikan tersebut dilakukan dengan menggunakan aplikasi bernama PMP yang telah diberikan oleh Kemendikbud RI pada beberapa waktu yang lalu. Maka dari itu pengisian kuisioner ini sangat penting agar tahu kualitas dari kepala sekolah.

Langkah Mengisi Kuisioner Kepala Sekolah pada PMP

Hadirnya aplikasi PMP ini diharapkan dapat memperoleh pemetaan dari mutu pendidikan dimana pada akhirnya akan dapat menghasilkan peta dari mutu pendidikan yang bisa digunakan oleh sekolah. Tidak hanya pihak sekolah tetapi juga pihak pemerintah daerah serta pemerintah pusat yang akan digunakan sebagai patokan dalam rencana perbaikan serta peningkatan dari mutu pendidikan. Perlu diketahui bahwa peningkatan mutu tersebut juga berdasarkan pada kewenangan pihak masing-masing. Termasuk dalam pengisian kuisioner kepala sekolah yang nanti datanya dapat digunakan untuk penjaminan mutu pendidikan pula.

Tentunya seluruh pihak terkait dengan pendidikan berharap bahwa mutu pendidikan di sekolah dasar dan menengah yaitu menghasilkan mutu yang sesuai standar dan berkualitas termasuk dalam pengisian kuisioner kepala sekolah. Agar dapat terwujud hasil dari pemetaan dari mutu pendidikan yang benar dan berkualitas, diperlukan keterkaitan berbagai pihak. Berbagai pihak seperti pihak warga sekolahan, komite, pengawas, serta Dinas Pendidikan baik di kabupaten atau kota harus ikut terlibat di dalamnya yang akan diikutsertakan oleh pemerintah yaitu Kemendikbud.

Seluruh warga di sekolah memiliki peran untuk memberi berbagai informasi serta data-data yang akurat terkait dengan kondisi sekolahan dengan melalui kuesioner atau angket dari pemetaan mutu. Angket tersebut harus sudah disiapkan oleh pihak Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Republik Indonesia. Kepala sekolah merupakan salah satu pihak yang berperan sebagai pimpinan di sekolah. Maka dari itu, terdapat kuisioner kepala sekolah yang bisa diisi dan dimasukkan dalam aplikasi PMP tersebut.

Kuisioner kepala sekolah yang terdapat pada aplikasi PMP tersebut merupakan angket yang terdiri atas 6 poin penting. Poin-poin tersebut diantaranya yaitu isi pendidikan, proses pembelajaran, penilaian pembelajaran, hasil belajar, sarana prasarana, serta pengelolaan pendidikan. Agar dapat mengisi kuesioner atau angket mengenai kepala sekolah tersebut maka harus dilakukan dengan cara login ke aplikasi PMP sebagai operator sekolah. Berikut ini langkah-langkah untuk mengisi kuesioner di aplikasi PMP yang bisa Anda lakukan:
  1. Login pada aplikasi PMP dengan menggunakan email (username) serta masukkan password
  2. Aplikasi PMP akan terbuka dan muncul tampilan menu awal, Anda dapat memilih serta klik fitur menu kuesioner yang terdapat di sidebar
  3. Setelah itu Anda dapat mengisi setiap form kuesioner yang telah tersedia dari 6 poin mulai dari poin pada hasil belajar hingga poin sarana dan prasarana
  4. Dalam mengisi kuesioner, Anda klik simpan setelah Anda selesai dalam mengisi data kuesioner pada setiap poin. Terdapat sekitar 82 jumlah pertanyaan yang wajib Anda jawab pada pengisian kuesioner kepala sekolah
  5. Apabila langkah-langkah di atas telah selesai dan Anda sudah beres dalam pengisian kuesioner, maka selanjutnya pilih menu konfirmasi selesai dan selanjutnya klik tulisan konfirmasi pada bawah laman
  6. Langkah selanjutnya yaitu Anda pilih serta klik tulisan verifikasi data dimana hal ini harus dilakukan sebelum Anda mengirim seluruh data yang telah diisi
  7. Apabila telah dikirim, artinya kuesioner yang Anda isi tadi telah terisi seluruhnya dan Anda dapat logout dari akun operator sekolah pada aplikasi PMP.
Hal yang harus diperhatikan ketika Anda mengisi jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pada kuesioner yaitu jawaban harus dipertimbangkan dengan matang terlebih dahulu. Kuesioner yang telah diisi tidak dapat diubah kembali jawabannya. Maka dari itu Anda perlu lebih berhati-hati ketika mengisikan kuesioner atau angket tersebut yang terdapat pada aplikasi PMP. Setelah selesai mengisi, sebelum menyimpannya, pastikan seluruh jawaban Anda sudah sesuai. Apabila tidak sesuai maka Anda tidak dapat menggantinya lagi karena Anda tidak dapat mengedit jawaban yang telah tersimpan.

Itulah tadi beberapa langkah untuk pengisian kuesioner atau angket mengenai mutu pendidikan terutama pada salah satu warga sekolah yaitu kepala sekolah dimana kepala sekolah merupakan pimpinan. Kepala sekolah menjadi salah satu faktor penentuan mutu penjaminan pendidikan dasar dan menengah, maka dari itu perlu adanya kuesioner mengenai kepala sekolah tersebut dengan mengisi berbagai poin yang tersedia pada aplikasi. Demikian informasi tentang langkah mengisi kuisioner kepala sekolah pada aplikasi PMP yang telah disampaikan. Semoga langkah-langkah ini berguna bagi Anda warga sekolah yang akan terlibat dalam pemetaan mutu pendidikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengisi Kuisioner Kepala Sekolah pada Aplikasi PMP"

Post a Comment