Tutorial Memperbaiki Data Peserta Didik di Verval PD

Tutorial Memperbaiki Data Peserta Didik di Verval PD

Semakin majunya teknologi turut memberikan kemudahan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah adanya aplikasi Verval PD. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang disediakan oleh Kemendikbud untuk memudahkan operator sekolah dalam melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik di sekolah pada semua jenjang pendidikan. Tentu saja, aplikasi ini hanya bisa diakses oleh pihak-pihak terkait guna melakukan veifikasi dan validasi data peserta didik.

Cara Memperbaiki Data di situs Verval PD Kemdikbud

Istilah Verval PD mungkin sudah tidak asing lagi bagi para operator sekolah. Ya, istilah ini adalah salah satu istilah yang bisa ditemukan dalam aplikasi Dapodik. Aplikasi ini sudah diluncurkan sejak tahun 2012 lalu dan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyimpan data dan informasi dari peserta didik. Verifikasi dan Validasi PD memiliki fungsi yang lebih spesifik yakni untuk mengidentifikasi setiap peserta didik (Siswa) dari semua sekolah yang ada di Indonesia agar data yang terekam sudah bersifat standar dan bisa digunakan secara berkesinambungan dan konsisten.

Ketika proses identifikasi dan input informasi peserta didik ke dalam database di aplikasi Dapodik, tak jarang terjadi kesalahan input yang membuat data yang dimasukkan akhirnya tidak valid. Untuk mengatasi hal tersebut, tentu sudah menjadi tugas dari operator sekolah untuk melakukan proses editing atau pembetulan. Perbaikan dalam verval PD ini juga harus dilakukan sesuai dengan aturan atau proses yang sudah ditetapkan. Yang perlu diingat data yang bisa diperbaiki adalah identitas diri yang meliputi nama, tempat dan tanggal lahir serta nama ibu. Berikut ini adalah cara perbaikan data tersebut.

1. Masuk ke laman Verval PD Kemendikbud
Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan memperbaiki data di verval PD adalah dengan login atau masuk ke laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ dengan akun yang sudah didaftarkan sebelumnya. Username dan password akan didapatkan ketika akun operator sudah didaftarkan sebelumnya ke Dapodik.

2. Pilih Menu Edit
Ketika sudah berhasil masuk ke dalam laman verval PD Kemendikbud, langkah selanjutnya adalah memilih menu edit. Menu ini harus diklik ketika peserta didik akan melakukan perbaikan data diri seperti nama lengkap, nama ibu kandung maupun tempat dan tanggal lahir. Jika sudah  klik menu edit, maka Anda akan diarahkan pada menu selanjutnya, yakni pengajuan, lalu klik lagi nama dan tanggal lahir. Jika sudah memilih menu tersebut, Anda akan langsung diarahkan ke langkah selanjutnya.

3. Pilih Nama Siswa dan Mulai Perubahan Data
Langkah selanjutnya, Anda akan langsung diarahkan pada nama siswa yang akan dilakukan perubahan datanya. Pilih nama peserta didik, lalu klik OK di bagian bawah kanan layar. Jika sudah, maka akan langsung muncul form atau kolom data siswa yang akan diedit. Pastikan Anda mengisi semuanya dengan benar. Anda juga harus mengisi semua kolom yang disediakan, meskipun data yang diubah hanya satu atau beberapa variabel saja. Pastikan kembali semua kolom sudah terisi dengan data yang benar.

4. Upload (Unggah) Dokumen yang Diperlukan
Ketika akan melakukan perubahan data di Verval PD Kemendikbud, pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan perubahan data tersebut. Data yang dibutuhkan adalah akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang sudah discan. Pastikan pula dokumen yang akan diunggah berbentuk file .jpg atau .png dengan ukuran dokumen maksimal 1MB. Jika sudah, unggah dokumen tersebut dengan mengklik tombol “select” di kolom dokumen perubahan. Setelah mengunggah file tersebut, langkah terakhir adalah mengklik tombol pengajuan perubahan. Jika sudah, maka perubahan data akan masuk ke dalamA daftar tunggu untuk persetujuan perubahan dari Dinas Pendidikan.

5. Periksa Status Perubahan Data
Ketika Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas, pada dasarnya langkah melakukan perubahan data Verifikasi dan Validasi peserta didik di aplikasi dapodik sudah terproses. Namun tetap saja, untuk mengetahui apakah perubahan data tersebut sudah diproses oleh admin dari Dinas Pendidikan terkait, Anda masih perlu memantaunya. Untuk memeriksa status perubahan data itu, Anda harus login lagi ke situs http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ dan tetap pilih menu edit data. Bedanya, kali ini Anda harus memilih sub menu status untuk melihat status perubahan data. Jika pengajuan perubahan data sudah disetujui, maka secara otomatis data di dalam profil peserta didik juga sudah berubah.

Saat ini Kementrian Pendidikan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan kemudahan akses bagi para operator sekolah maupun peserta didik agar data yang diinput ke dalam database Kemendikbud benar-benar sudah termasuk data standar sehingga nantinya bisa digunakan berkepanjangan. Maka dari itu, ketika ada peserta didik yang tidak sesuai, maka peserta didik dibantu oleh operator sekolah wajib melakukan perubahan data melalui laman situs verval PD yang sudah disediakan. Langkah-langkah di atas adalah panduan mudah melakukan perubahan data di situs ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Memperbaiki Data Peserta Didik di Verval PD"

Post a Comment