Ketentuan dan Alur Pendaftaran CPNS

Ketentuan dan Alur Pendaftaran CPNS

Pendaftaran cpns telah resmi dibuka oleh pemerintah. Tentu bagi Anda yang masih lulusan segar ataupun ingin menjadi pegawai negeri sipil kini kesempatan terbuka lebar. Maka dari itu, manfaatkanlah peluang sebaik mungkin dengan segera melakukan regristasi. Ikuti setiap alur pendaftaran dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Dalam hal ini Anda harus benar-benar teliti karena banyaknya pesaing membuat sedikit kesalahan bisa memupus impian pendaftar.

Alur Pendaftaran CPNS Serta Persyaratan yang harus Dipenuhi

Sebelum memulai proses pendaftaran sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu setiap persyaratannya. Setelah itu, siapkan segala kebutuhan yang diwajibkan untuk disiapkan seperti pas foto, kartu tanda penduduk, kartu keluarga, transkrip nilai dan lain-lain. Apabila semua perlengkapan pendukung sudah disiapkan kini saatnya melakukan registrasi. Ikuti beberapa alur pendaftaran berikut agar tidak salah jalan.

1. Membuat Akun Terlebih Dahulu
Langkah pertama berhubungan dengan pembuatan akun. Anda dapat mengakses melalui sscn.bkn.go.id. Setelah mengaksesnya, segeralah melakukan registrasi dengan memasukan data yang telah disiapkan. Mulai dari nomor kartu keluarga hingga nomor KTP. Apabila gagal, itu berarti ada permasalahan terkait identitas Anda dan sebaiknya segera menghubungi Dekdukcapil terkait.

Jika langkah di atas sudah dilalui dengan baik. Di tahap selanjutnya Anda harus mengupload pas foto yang telah disiapkan di proses sebelumnya. Perlu diperhatikan bahwa sesuaikan dengan ukuran yang diminta. Jangan kurang maupun lebih karena jika tidak sesuai maka bisa mengurangi nilai seleksi Anda. Jika sudah, maka segera tap daftar dan kini Anda telah memiliki akun resmi SSCN.

2. Pilih Formasi, Instansi dan Jabatan
Pada alur pendaftaran kedua ini segera akses kembali website yang bersangkutan dan login dengan akun yang sudah dibuat. Di situ ada persyaratan menarik yang harus dipenuhi yakni Anda diharuskan mengunggah foto selfie sembari memegang kartu tanda penduduk dan akun SSCN yang sudah dicetak. Gunakan pakaian yang sopan agar terlihat menarik.

Setelah itu, isi biodata dengan baik dan benar. Kemudian pilihlah instansi yang Anda ingin tuju disertai dengan formasi dan jabatannya. Perlu diperhatikan bahwa sesuaikanlah dengan riwayat pendidikan dan jangan sampai melenceng dari hal tersebut. Jika sudah, maka teliti lagi setiap tahap yang dilalui. Apabila masih ada yang belum terisi maka segera isilah. Jangan sampai ada yang terlewat.

3. Pengiriman Data Lamaran
Apabila setiap alur pendaftaran di atas sudah dilalui maka kini tiba saatnya Anda mengirimkan berkas lamaran. Sebelum mengirimkan data tersebut kepada pihak terkait, alangkah lebih baiknya lakukan pengecekan data lagi agar memastikan tidak ada langkah yang salah di proses sebelumnya. Sebab data sudah dikirim tidak dapat di ubah kembali.

Anda dapat klik riwayat untuk melihat setiap detail yang sudah diisi. Jika ada yang salah sebaiknya ubah terlebih dahulu sebelum berniat mengirimkannya. Cetak berkas tersebut lalu kirimkan kepada instansi yang dituju. Nantinya pelamar yang dianggap lulus maka dapat mengakses dan mencetak kartu ujian SSCN untuk mengikuti proses berikutnya.

4. Ikuti Ujian
Tahap seleksi berikutnya yakni Anda harus mengikuti ujian yang disediakan. Mengingat akan pentinya alur pendaftaran ini maka dari itu siapkan mental Anda dengan baik agar lebih tenang dan fokus. Ujian pertama yang harus dihadapi yakni CAT SKD. Lokasi dan jadwal sudah ditentukan pemerintah terkait jadi sebaiknya Anda hanya perlu mengikutinya.

Jika sudah mengikutinya, berdoalah sembari menunggu pengumuman resminya. Pendaftar dapat mengecek melalui website yang bersangkutan untuk mengetahui apakah dirinya lulus ujian atau tidak. Pastikan lakukan pengecekan seusia hari yang sudah ditetapkan. Apabila sudah terbukti lulus maka jangan terlalu bergembira terlebih dahulu. Masih ada satu tes lagi yang harus dilewati.

5. Ujian Lanjutan
Berhasil dalam alur pendaftaran pertama mengenai ujian sangatlah membanggakan tetapi ada ujian lanjutan yang harus dihadapi. Maka dari itu tetaplah jaga fokus dan konsentrasi. Bentuk tesnya berbeda dari sebelumnya karena ada juga sesi wawancara serta unjuk kerja sesuai posisi yang sudah ditentukan. Tetapi sebelum itu ada juga ujian CBT untuk mengecek kemampuan Anda lebih dalam.

6. Pengumuman Akhir
Bila setiap langkah sudah dilalui dengan baik maka saatnya Anda menunggu pengumuman resminya. Pengumuman resmi dapat diakses melalui situs web Kemendikbud. Bukalah saat hari H tiba dan di situ juga akan tertera setiap penilaian ujian yang telah dilalui. Apabila diterima maka selamat impian Anda telah tercapai. Namun jika belum, janganlah menyerah dan tetap semangat.

Itulah beberapa alur pendaftaran yang harus dilewati bagi calon peserta CPNS. Mengingat akan daya saingnya cukup tinggi maka sebaiknya Anda lebih teliti lagi saat melakukan proses regristasi. Pastikan tidak ada kesalahan mendasar di awal. Anda juga harus bersabar ketika melakukan setiap prosesnya karena biasanya server sulit diakses / down dikarenakan terlalu banyak jumlah orang yang mengakses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketentuan dan Alur Pendaftaran CPNS"

Post a Comment