SIM PKB Sebuah Program untuk Mengasah Kompetensi Guru

SIM PKB Sebuah Program untuk Mengasah Kompetensi Guru

SIM PKB, Anda pasti pernah mendengar kata-kata itu bukan? Apalagi jika Anda berprofesi sebagai guru. Jadi kepanjangan kata tersebut adalah sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian berkelanjutan. Dalam konteks ini, program tersebut memiliki tujuan dalam meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh para guru. Dengan diadakannya program tersebut, diharapkan kemampuan mengajar para guru dapat bertambah sehingga materi yang tersampaikan kepada siswa bisa maksimal.

Informasi Terkait SIM PKB

Sekalipun program SIM PKB penting sekali diikuti oleh para guru, sayangnya tidak semua pihak mengerti semua informasinya. Misalkan saja dalam hal login, bagaimana diklatnya dan hal-hal terkait GTK 2018. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang hal-hal tersebut, berikut informasinya:

1. Login PKB
Beberapa guru sering bertanya-tanya, mengapa mereka harus melakukan login? dengan dilakukannya login, Anda bisa memanfaatkan fitur pengembangan diri di dalam halaman tersebut, yang bisa Anda gunakan sebagai bahan agar ke depanya dapat mengikuti diklat fungsional. Dengan semakin banyak pengetahuan yang didapatkan, maka akan semakin banyak pula keterampilan mengajar yang dipunya. Dengan begitu tingkat profesionalitas yang dimiliki oleh guru-guru juga akan meningkat drastis.

Untuk melakukan login ke lama SIM PKB, Anda bisa masuk ke dalam halaman http://app.simpkb.id/. Setelah masuk ke dalam halaman yang dimaksud, Anda bisa memasukkan email dan password guru pembelajar.

2. Cek peserta PPG
Dalam hal cek peserta PPG, terlebih dahulu guru harus memenuhi  beberapa persyaratan yaitu guru-guru yang ingin mengikuti PPG harus memenuhi kualifikasi S1 ataupun D-IV, selanjutnya guru diharapkan melakukan konfirmasi disertai dengan melakukan scan terhadap ijazah S1nya, proses terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan memilih kompetensi yang ingin diikuti dalam PPG.

Setelah Anda berhasil melakukan tahapan-tahapan di atas, untuk mengecek data peserta PPG Anda, bisa dengan mengunjungi situs SIM PKB. Login ke akun Anda dan jika Anda mendapatkan undangan, maka akan diberikan pemberitahuan. Selanjutnya Anda tinggal mengklik pada menu mendaftar yang terdapat pada halaman. Mengingat tidak semua guru yang bekerja masih muda, maka tidak heran jika pemerintah menerapkan sistem sesimpel mungkin. Hal ini dilakukan agar guru yang berada di rentang semua umur dapat mengerti langkah-langkahnya dengan benar.

3. Diklat PKB
Diklat PKB adalah sebuah program yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru. Hanya saja untuk bisa mengikuti program tersebut, para guru harus memenuhi beberapa syarat yaitu harus memiliki akun di simpkb, program PKB yang dilakukan pun berdasarkan sistem komunitas. Misalkan saja komunitas PKG, KKG. Jadi bisa dipastikan setiap guru yang ingin mengikuti diklat, harus sudah masuk ke dalam komunitasnya tersebut. Syarat lain yang menjadi diterima atau tidaknya seorang peserta adalah mengumpulkan berbagai berkas yang nantinya akan dikumpulkan kepada ketua komunitas dan ketua komunitas tersebut yang akan menyetorkan ke email.

4. Info GTK 2018
Apa itu info GTK? bisa dikatakan kata tersebut adalah media yang bisa Anda gunakan untuk mengecek validasi untuk penerbitan SKTP Anda. Di tahun 2018 sendiri, penertiban SKTP memakan waktu 2 kali, yaitu triwulan 1 dan pada triwulan ke 2. Dalam penerapannya, info GTK adalah info yang ditunggu-tunggu oleh guru. Dengan adanya info tersebut dan dengan lebih cepatnya mereka mengurus penerbitan SKTP maka akan semakin cepat pula tunjangan akan dicairkan.

Untuk melakukan pengecekan GTK tahun 2018, Anda bisa langsung mengeceknya dengan mengunjungi situs SIM PKB. Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan login terlebih dahulu melalui akun Anda. Setelah itu, pilih saja menu GTK atau SKTP. Jika Anda ingin yang lebih mudah, Anda bisa langsung menginstal aplikasi tersebut di playstore. Dengan begitu Anda bisa lebih leluasa untuk mengecek data di mana dan kapan saja tanpa harus membuka laptop ataupun komputer.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap tahun pemerintah selalu melakukan evaluasi terhadap kinerja guru. Hal ini dilakukan agar para guru bisa mendapatkan skill yang mumpuni. Alasan lain yang menjadikan program SIM PKB menjadi penting adalah agar ilmu yang disalurkan kepada siswa bisa lebih valid dan lebih mudah disampaikan. Melalui skill yang dipunya, setidaknya para guru dapat mengubah metode belajar yang dirasa efisien kepada siswa. Pasalnya tidak semua siswa dapat mengerti dengan cara mengajar guru secara konvensional. Jadi akan lebih baik jika guru selalu mengasah skill dalam mengajar.

Hal-hal di atas sekiranya dapat lebih diketahui oleh masyarakat luas. Dengan semakin luasnya informasi yang tersebar, akan semakin banyak pula pihak-pihak yang tercerdaskan. Apalagi bagi guru-guru yang sudah berumur. Mereka pasti membutuhkan bantuan untuk mengajari mereka tentang sistem SIM PKB yang masih asing di telinga. Sekiranya informasi tersebut dapat bermanfaat dan semoga saja banyak pihak yang terbantu atas informasi tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SIM PKB Sebuah Program untuk Mengasah Kompetensi Guru"

Post a Comment