Cara Menampilkan Ruler MS Word 2016

Menampilkan Ruler MS Word 2016

Ruler MS Word pada dasarnya merupakan salah satu fitur penting yang wajib Anda ketahui. Fitur ini akan mempermudah Anda di saat sedang mengetik menggunakan software Word untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. MS Word 2016 ini sendiri dirilis pada 3 tahun yang lalu. Sejak awal mula diluncurkan, software dari Microsoft ini telah banyak digunakan oleh beragam user komputer maupun laptop. Tentunya software MS Word edisi terbaru memiliki fitur yang dikembangkan dari software sebelumnya. Terkait dengan ruler tadi, bagaimana sebenarnya cara untuk menampilkan fitur ruler tersebut?

4 Cara untuk Menampilkan Ruler pada MS Word 2016

Sebagaimana dikatakan semula, fitur ruler pada MS Word ini akan sangat membantu Anda ketika sedang bekerja dengan software tersebut. Secara umum ruler memiliki beberapa fungsi yang cukup menarik, misalnya Anda dapat menentukan jarak antar masing-masing paragraf tulisan Anda. Sehingga tulisan yang dihasilkan bersama MS Word ini akan terlihat lebih berbobot serta menarik untuk disimak. Di samping itu pula, Ruler MS Word juga dapat membantu Anda dalam mengatur jarak dari sebuah kolom, sehingga penulisan yang Anda lakukan akan terlihat lebih rapi. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara menampilkan ruler pada MS Word 2016.

1. Hidupkan Komputer atau Laptop Anda
Cara yang pertama dilakukan untuk menampilkan Ruler MS Word adalah dengan menghidupkan komputer atau laptop Anda terlebih dahulu. Cara menghidupkan komputer sudah tentu dapat Anda aplikasikan secara mandiri. Sehingga Anda tidak perlu lagi bimbingan khusus untuk melakukannya. Tunggu hingga prosesnya selesai, maka barulah Anda boleh menjalankan aplikasi tersebut. Jangan lupa sebelumnya untuk melakukan refresh terlebih dahulu pada layar monitor Anda.

2. Buka Software MS Word yang Anda Miliki
Jika komputer telah hidup, maka selanjutnya Anda dapat membuka software dari MS Word 2016. Jika software tersebut tidak ada di desktop, maka cobalah mencarinya di bagian tool start. Ketikan MS Word 2016 pada kolom pencarian, maka secara otomatis komputer akan mencari software itu sendiri. Jika telah ketemu, selanjutnya buka dan jalankan software MS Word tadi.

3. Pilih Menu View pada Tab Menu
Jika telah berhasil menemukan MS Word tadi, maka jalankanlah software tersebut. Kemudian buka lembar baru untuk mencoba menampilkan Ruler MS Word. Setelah lembar baru terbuka, maka selanjutnya klik Menu View. Selanjutnya akan terlihat beragam jenis menu yang dapat Anda coba gunakan ketika bekerja dengan MS Word ini.

4. Selanjutnya Beri Tanda Ceklis pada menu “Ruler”
Setelah dari menu View tadi, maka Anda harus mencentang pada kolom ruler. Biasanya kolom ini letaknya berdekatan dengan beberapa fitur lainnya, seperti Navigation Pane. Cara memberikan tanda centangnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengklik pada kolom ruler tersebut. Maka setelah itu ruler akan muncul pada layar komputer maupun laptop Anda. Dengan demikian Anda dapat lebih bebas mengatur kertas maupun gaya tulisan Anda.

Itulah tadi beberapa cara untuk menampilkan Ruler MS Word 2016. Bagaimana cukup mudah bukan? Cara-cara di atas dapat Anda praktikkan secara mandiri di rumah maupun di tempat kerja lainnya. Terus lakukan secara berulang, hingga Anda benar-benar paham bagaimana menampilkan ruler tersebut. Di samping persoalan menampilkan, ternyata ruler juga memiliki problem lainnya berupa satuan dari ruler tersebut.

Problematika satuan ini juga sering dikeluhkan oleh beberapa orang user yang menggunakan MS Word. Pada umumnya ada dua jenis satuan yang digunakan, ada yang berupa Centimeter dan  ada pula yang berupa satuan Inches. Lantas bagaimana cara mengubah satuan tersebut? Caranya cukup sederhana dan mudah, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, klik menu File yang ada pada tampilan monitor laptop Anda. Setelah itu akan muncul kotak dialog, maka Anda pilih Word Options yang terletak di pojok kiri kota dialog tersebut. Jika telah menemukan Word Option tadi, selanjutnya Anda pilih menu Advance. Setelah itu lakukan penyesuaian dengan mengubah satuan inches menjadi centimeter pada kolom yang telah disediakan. Dengan adanya perpindahan itu, maka Anda dapat dengan nyaman mengatur jenis kertas di saat sedang bekerja dengan Ruler MS Word ini.

Itulah tadi beberapa informasi seputar cara menampilkan ruler di MS Word ini. Semoga di antar cara-cara tadi dapat Anda aplikasi dengan baik dan sukses. Ingatlah pula untuk selalu menggunakan teknologi secara arif dan bijaksana, seperti membuat puisi, cerpen, dan aneka karya lainnya. Demikianlah, semoga informasi seputar Ruler MS Word ini dapat berguna bagi  Anda. Khususnya bagi orang-orang yang memang memiliki jadwal padat bersama komputer dan laptop. Maka dengan adanya ruler ini, pekerjaan mereka sedikit lebih terbantu. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menampilkan Ruler MS Word 2016"

Post a Comment