Informasi Jadwal dan Formasi Penerimaan Guru Garis Depan 2018

Informasi Jadwal dan Formasi Penerimaan Guru Garis Depan 2018

Setiap tahun, profesi sebagai guru garis depan dari Aparatur Sipil Negara semakin diminati oleh banyak orang. Sesuai dengan namanya, profesi ini ditujukan untuk mereka yang telah mengenyam pendidikan keguruan  Untuk mendaftar sebagai Calon Aparatur Sipil Negara khusus profesi ini ada dua jalur yaitu jalur umum dan khusus. Seperti tes CPNS atau CASN profesi lainnya, profesi ini tentu juga memiliki banyak tahap seleksi, salah satunya dan yang paling umum adalah seleksi tahap administrasi. Semakin banyak calon peserta yang mendaftar, maka persaingan akan semakin ketat. Apalagi, profesi ini sangat diminati oleh banyak orang, sehingga banyak pula yang memperebutkan kursinya. Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar sebagai Calon Aparatur Sipil Negara khusus profesi ini, maka Anda harus selalu up-to-date akan informasi-informasi berupa jadwal dan formasi penerimaan di official website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Informasi Jadwal dan Formasi Penerimaan Guru Garis Depan

Jika Anda mempunyai sertifikat pendidik PPG Prajabatan seperti PPG SMK Kolaboratif, PPG SM-3T, dan PPG Pemuda Berprestasi, maka Anda diperbolehkan untuk mendaftar dan mengikuti tes CPNS dengan jalur khusus. Memang, pada umumnya jalur khusus diberikan bagi mereka yang berprestasi dalam bidang pendidikan, baik prestasi akademik maupun non akademik. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki sertifikat-sertifikat di atas, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendaftar menjadi Calon Aparatur Sipil Negara untuk profesi ini. Berikut ini ada beberapa informasi berupa jadwal dan formasi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara khusus guru garis depan untuk Anda:
  1. Bagi yang belum mengetahui, rekrutmen CPNS GGD tahun 2018 merupakan rekrutmen yang ketiga setelah dilaksanakan pada tahun 2014 sebagai rekrutmen pertama dan tahun 2016 sebagai rekrutmen kedua. Namun, penetapan untuk sasaran penempatan GGD telah dilakukan pada akhir tahun 2017, sedangkan pelaksanaannya akan dilaksanakan pada tahun 2018.
  2. Informasi lainnya mengenai guru garis depan adalah bahwa rekrutmen GGD baik rekrutmen dengan jalur umum maupun jalur khusus akan di seleksi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia bukan di bawah seleksi CPNS daerah setempat.
  3. Untuk informasi mengenai jadwal pendaftaran dan formasi-formasi Calon Aparatur Sipil Negara khusus GGD tahun 2018, bisa Anda ikuti dan Anda akses melalui situs resmi Kemendikbud Indonesia, yaitu http://casn.kemdikbud.go.id. Jika sudah ada informasi yang pasti dan tepat mengenai jadwal pendaftaran tersebut, maka Anda dapat langsung melakukan pendaftaran online melalui laman http://registrasi.casn.kemdikbud.go.id.
  4. Pada laman tersebut akan ada prosedur-prosedur dan beberapa instruksi yang harus Anda ikuti untuk menyelesaikan pendaftaran secara online. Setelah pendaftaran secara online selesai dilakukan, peserta harus mengirimkan beberapa dokumen ke panitia rekrutmen CASN guru garis depan. Beberapa dokumen tersebut adalah seperti formulir pendaftaran CASN GGD online dalam bentuk cetak yang sudah ditandatangani oleh peserta. Peserta juga harus melampirkan beberapa dokumen pelengkap, seperti fotokopi KTP, ijazah dan transkrip nilai, Kartu Keluarga dan beberapa sertifikat pendidik yang telah disebutkan di awal. Selain itu, kelengkapan-kelengkapan lainnya juga diperlukan yang meliputi Surat Keterangan Sehat, Surat Keterangan Bebas Narkoba, Surat Keterangan Berkelakuan Baik, dan beberapa surat pendukung lainnya.
  5. Setelah Anda mengirim dokumen-dokumen tersebut ke tujuan yang telah ditentukan, maka Anda tinggal menunggu tahap seleksi administrasi. Apabila lolos tahap ini, maka Anda harus menjalani tahap seleksi berikutnya yaitu kompetensi dasar. Seleksi kompetensi dasar ini sama dengan seleksi-seleksi lainnya yang meliputi tes inteligensi dan tes karakteristik pribadi. Kemudian, Anda dapat melihat pengumuman hasil seleksi tersebut dengan mengakses laman Kemendikbud Indonesia.
  6. Karena pendaftaran CASN guru garis depan ini bersifat online, maka Anda harus menyiapkan email yang aktif. Hal ini dikarenakan, ada beberapa prosedur yang harus diikuti melalui email atau surat elektronik yang telah Anda berikan. Oleh karena itu, usahakanlah agar email Anda selalu aktif dan selalu periksa email Anda agar tidak ketinggalan informasi.
  7. Untuk formasi guru garis depan ini pun biasanya memiliki formasi dengan sasaran beberapa desa atau daerah-daerah terpencil di Indonesia yang minim akan fasilitas pendidikan. Oleh karena itu, jika Anda lolos dalam semua tahap dari pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara ini, maka Anda harus menandatangani kontrak kerja selama 5 tahun di daerah tersebut.

Hampir setiap orang yang memiliki pendidikan keguruan, mempertimbangkan untuk menjadi seorang PNS atau Pegawai Negeri Sipil. Oleh karena itu, diharapkan Anda dapat mengikuti berbagai tahap seleksi dengan persiapan yang baik dan juga matang. Begitu pula dengan guru garis depan, mereka yang memiliki profesi ini tentu saja juga mempertimbangkan untuk mengikuti pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara untuk berbagai tujuan. Itulah beberapa informasi berupa jadwal beserta formasi-formasi penerimaan CASN khusus GGD.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Jadwal dan Formasi Penerimaan Guru Garis Depan 2018"

Post a Comment