Games Ice Breaking untuk Anak SD

Games Ice Breaking untuk Anak SD

Tidak semua orang memiliki kemampuan mengajar yang baik. Tugas sebagai pengajar saat ini tidak hanya dibebankan pada guru saja, orang tua di rumah pun juga berkewajiban mengajarkan hal-hal baik kepada anak. Untuk seorang guru, kemampuan mengajar juga harus dibarengi dengan kemampuan menghidupkan suasana belajar mengajar dengan games untuk anak SD. Dengan begitu maka suasana belajar mengajar akan menjadi nyaman dan anak-anak akan fokus pada pelajaran yang diajarkan.

Memiliki profesi sebagai seorang guru pastinya bukan hal yang mudah, apalagi jika Anda adalah guru SD yang mengajar di kelas yang cukup sulit diatur. Pastinya Anda harus memutar otak untuk menemukan cara mengajar yang baik. Jika murid Anda merasa kurang bersemangat, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan metode ice breaking yang cukup populer saat ini. Metode ini bisa berupa games untuk anak SD. Banyak games yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah ice breaking berupa tepuk tangan.

Jenis-jenis Games Ice Breaking Tepuk Tangan

Jenis games untuk anak SD tidak harus rumit dan menggunakan banyak peralatan. Sebagai seorang guru Anda harus berpikir kreatif dan menciptakan suatu metode mengajar yang menarik. Salah satu jenis ice breaking yang terbukti mampu meningkatkan semangat belajar adalah dengan tepuk tangan. Jenis ice breaking sederhana ini sangat cocok diterapkan pada proses belajar mengajar di SD. Anak-anak akan kembali bersemangat belajar dan tidak akan bosan karena mereka bisa bermain sambil belajar. Adapun jenis ice breaking tepuk tangan yang sering digunakan di sekolah diantaranya.

1. Tepuk tangan dengan menggunakan anggota badan
Cara memulai ice breaking ini sangatlah mudah. Pertama-tama Anda memberi instruksi kepada anak-anak melalui cara yang menarik menggunakan anggota tubuh. Agar anak-anak bisa lebih paham, Anda bisa langsung mencontohkannya dengan mengajak satu orang murid untuk mempraktikkan ice breaking tepuk tangan.

Instruksi yang diberikan cukup mudah. Jika Anda memegang hidung, maka anak-anak akan melakukan 1 kali tepukan. Apabila Anda memegang mulut, maka anak-anak harus melakukan 2 kali tepukan. Begitu seterusnya sampai anak-anak merasa tidak jenuh lagi dalam belajar. Anda juga bisa memodifikasi jenis games untuk anak SD ini sesuai dengan keinginan Anda.

2. Tepuk tangan dibalas dengan tepuk tangan
Jenis kreasi ice breaking sangat beraneka ragam. Setiap guru memiliki ciri khas sendiri dalam mengajar anak termasuk memberikan ice breaking yang bisa membuat anak-anak semakin semangat belajar. Salah satu jenis ice breaking yang sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah tepuk tangan dibalas tepuk tangan.

Cara mempraktikkan ice breaking ini sangat mudah. Jadi jika Anda melakukan tepukan sebanyak 1 kali, maka anak-anak akan membalas tepukan sebanyak 4 kali. Jika Anda memberikan tepukan 2 kali maka anak-anak akan membalas dengan tepukan sebanyak 3 kali. Begitu seterusnya sesuai dengan aturan permainan yang Anda buat. Permainan ini sangat seru dan membuat anak-anak antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Rata-rata anak SD hanya mampu fokus dalam pembelajaran dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jika mereka merasa jenuh, maka akan sulit bagi mereka untuk menerima pelajaran yang Anda ajarkan. Disinilah fungsi Anda sebagai guru sangat dibutuhkan. Dengan memberikan ice breaking yang menarik maka anak-anak yang tadinya jenuh bisa semangat lagi. Pintar-pintarlah dalam menciptakan jenis ice breking agar anak-anak tidak merasa bosan. Anda bisa menggunakan segala sesuatu yang ada disekitar Anda untuk menciptakan permainan yang menarik bagi anak-anak.

Salah satu cara agar anak-anak tidak mengalami kebosanan adalah dengan mengajaknya aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Jika Anda ingin menggunakan games, sebaiknya pilih permainan yang aman dan melibatkan semua anak. Variasi game juga bisa membuat anak lebih semangat dalam belajar. Seperti Anda ketahui bahwa anak-anak sangat mudah bosan. Oleh karena itu sebisa mungkin Anda harus menciptakan permainan baru atau melakukan modifikasi agar anak-anak merasa penasaran dan pada akhirnya akan mengikuti proses belajar mengajar dengan fokus.

Menggunakan games sebagai media belajar memang memberi banyak kemudahan baik bagi guru maupun kepada anak-anak. Belajar dengan diselingi bermain akan membuat anak-anak merasa senang dan tidak terbebani dengan pelajaran. Metode belajar sambil bermain sangat cocok diterapkan pada anak SD yang berada di kelas 1-3. Pastikan jenis game yang Anda berikan berkaitan dengan pelajaran yang sedang Anda ajarkan. Dengan begitu maka anak-anak akan lebih mudah memahami materi pelajaran.

Belajar dengan menggunakan media games untuk anak SD tentunya akan memudahkan Anda mentransfer materi pelajaran yang akan Anda ajarkan. Selain itu anak-anak jadi tidak mudah jenuh dan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. Banyak jenis game ice breaking yang bisa Anda gunakan seperti game tepuk tangan, permainan kartu, dan lain-lain. Semoga dengan adanya info mengenai beberapa jenis ice breaking dan fungsinya bisa menambah pengetahuan Anda mengenai cara mengajar yang menarik dan tidak membosankan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Games Ice Breaking untuk Anak SD"

Post a Comment