Tugas Utama Kepala Sekolah

Tugas Utama Kepala Sekolah

Sekolah merupakan lembaga pendidikan resmi yang terdiri dari beberapa tenaga pengajar dan staff yang bertugas untuk memajukan dan mengembangkan sekolah. Dalam hal perkembangan dan kemajuan sekolah tentu saja menjadi tugas kepala sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi menyatakan keinginannya untuk mengubah tugas dari kepala sekolah agar kinerjanya jauh lebih baik dan berguna bagi kemajuan sekolah itu sendiri.

Menurut Mendikbud Muhadjir Effendi, selama ini banyak kepala sekolah yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai guru. Hal ini tentunya akan membuat tugas kepala sekolah menjadi tidak fokus. Karena itulah perlu diadakan perubahan yang bisa membuat kerja kepala sekolah menjadi lebih optimal. Karena kemajuan sekolah sebagian besar ada di tangan kepala sekolah, maka diperlukan peran aktif dari kepala sekolah dalam menyusun rencana yang bisa meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

3 Tugas Utama Kepala Sekolah

Sebagai pimpinan di sekolah, kepala sekolah memiliki tugas yang sangat vital. Dimana kebijakan yang ada di sekolah dihasilkan dari persetujuan kepala sekolah. Karena begitu pentingnya tugas kepala sekolah menjadikan muncul wacana untuk mengubah tugas seorang kepala sekolah agar lebih fokus dalam mengembangkan dan memajukan sekolah. Berikut ini adalah beberapa tugas utama dari seorang kepala sekolah:
  1. Kepala sekolah berperan sebagai manager sekolah yang bertugas membuat konsep untuk memajukan dan mengembangkan sekolah.
  2. Menciptakan ide kreatif yang dapat memajukan dan mengembangkan sekolah
  3. Sebagai pengganti guru dalam keadaan yang mendesak

Salah satu yang menjadi pro kontra dari tugas seorang kepala sekolah adalah banyak yang merangkap jabatan. Dalam hal ini kepala sekolah juga berlaku sebagai guru yang bertugas mengajar siswa. Hal ini tentunya akan membuat kerja kepala sekolah tidak fokus. Sebenarnya kepala sekolah juga bisa menggantikan tugas guru sebagai pengajar saat ada guru yang absen. Tugas ini masih diperbolehkan selama hanya bersifat sementara dan tidak mengganggu tugas sebagai kepala sekolah.

Tugas utama kepala sekolah adalah sebagai manager sekolah. Tugas ini tentunya juga membutuhkan kerjasama tim yang solid. Untuk bisa memajukan dan mengembangkan sekolah, diperlukan konsep dan ide yang kreatif. karena itulah kepala sekolah dituntut untuk lebih fokus pada tugas utamanya agar bisa menghasilkan konsep yang bisa membawa sekolah ke arah yang lebih baik.

Salah satu penunjang proses pembelajaran di sekolah adalah managemen pendidikan yang bagus. Tugas mengubah dan menciptakan managemen pendidikan berada dibawah kendali kepala sekolah. Jadi jika terdapat sebuah managemen pendidikan yang baru, maka baru bisa dilaksanakan jika mendapat persetujuan dari kepala sekolah. Dalam hal ini kepala sekolah akan mempertimbangkan pendapat dari beberapa pihak agar sekolah semakin maju dan berkembang.

Tugas kepala sekolah harus bisa membuat konsep yang menarik. Dan jika dirasa perlu, pihak sekolah bisa mengadakan kerja sama dengan berbagai lembaga yang kompeten dan bisa mendukung proses belajar mengajar dengan baik. Misalnya jika sekolah ingin mengadakan ekstra kulikuler tari, pihak sekolah bisa mengadakan kerja sama dengan penari atau sanggar tari untuk bisa memberi pengetahuan tambahan mengenai dunia tari dengan baik dan benar.

Selain itu, pihak sekolah juga bisa menjalin kerja sama dengan Babinsa untuk melatih kedisiplinan dan baris berbaris. Jadi selain mengikuti aturan yang ada, pihak sekolah juga harus bersifat dinamis untuk menghadapi perkembangan dunia pendidikan yang setiap tahun hampir memiliki perubahan yang cukup signifikan. Dengan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, maka sekolah akan memiliki banyak koneksi yang bisa digunakan untuk memajukan sekolah.

Kerja sama yang cukup apik antara kepala sekolah, guru, dan staf lainnya bisa menjadi modal perkembangan sekolah. Karena dalam proses pembelajaran, gurulah yang mengetahui kondisi pembelajaran sebenarnya maka dari itu peran guru dalam menciptakan konsep yang menarik juga diperlukan oleh kepala sekolah. Konsep yang tercipta berasal dari beberapa gagasan yang diberikan oleh guru dan staff lainnya. Disinilah tugas dari kepala sekolah untuk merumuskan konsep yang akan digunakan untuk memajukan sekolah agar bisa lebih baik.

Maju tidaknya sebuah sekolah ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Jika konsep dan ide kreatif yang dibuat oleh kepala sekolah bisa diaplikasikan dengan baik, maka bisa dijamin kondisi sekolah akan jauh lebih baik. Namun, sebaliknya jika konsep dan ide tidak dijalankan dengan maksimal, maka akan sulit untuk memajukan dan mengembangkan sekolah. Karena itulah kepala sekolah harus tetap fokus pada tugasnya dan tidak memiliki pekerjaan sampingan sebagai guru.

Tugas kepala sekolah yang terhitung cukup berat pastinya membutuhkan dukungan dari beberapa pihak terutama guru sebagai tenaga pengajar. Untuk lebih memaksimalkan fungsi kepala sekolah, mendikbud berencana akan mengubah tugas bagi kepala sekolah dengan melarang mereka mengajar di kelas kecuali untuk alasan yang sifatnya mendesak. Perubahan ini masih sebatas wacana dan akan benar-benar diterapkan di sekolah agar bisa meningkatkan mutu dan kualitas sekolah tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Utama Kepala Sekolah"

Post a Comment