Cara Memasukkan Prefill Ke Aplikasi Dapodik

Cara Memasukkan Prefill Ke Aplikasi Dapodik

Seiring dengan perkembangan teknologi kini update data dari berbagai jenjang sekolah bisa dilakukan dengan sebuah program. Kemdikbud sebagai lembaga resmi yang bertanggung jawab terhadap pendidikan di Indonesia membentuk sebuah program yang bisa mempermudah input data sekolah dari seluruh Indonesia. Program ini diberi nama prefill dapodik. Untuk mendapatkan program ini sangat mudah dengan mendownloadnya di website resmi kemdikbud.

Up date data sekolah kini lebih mudah dengan adanya prefill dapodik. Program ini bisa dijalankan secara online maupun offline. Untuk bisa mengakses program ini diperlukan kode registrasi, username dan juga password. Masing-masing sekolah tentunya sudah memiliki data ini sehingga pada saat memasukkan data tidak akan mengalami kesulitan. Selain mudah, program ini cukup aman karena terkoneksi langsung dengan data base pusat dan hanya bisa dibuka oleh pihak kemdikbud dan pihak sekolah yang bersangkutan.

Cara Memasukkan Data Prefill ke Komputer

Data dari sekolah dikirim ke database pusat melalui aplikasi prefill dapodik. Sama seperti menginstall aplikasi lainnya, Aplikasi ini juga bisa diunduh dan diinstall dengan mudah. Untuk memasukkan prefill, terlebih dahulu Anda harus mendownload aplikasi dapodik terbaru dan menginstallnya di komputer. Setelah aplikasi terinstall barulah Anda bisa mengisi data sekolah dengan benar. Untuk lebih lengkapnya perhatikan tahapan memasukkan data prefill berikut ini.
  1. Masuk ke server resmi kemdikbud untuk mendownload aplikasi dapodik
  2. Setelah itu unduh data prefill yang bisa ditemukan pada web kemdikbud
  3. Data prefill yang sudah selesai di download secara otomatis akan tersimpan di komputer
  4. Buka folder C lalu buat folder baru dengan nama prefill_dapodik
  5. Copy data prefill ke folder prefill_dapodik yang sudah dibuat tadi
  6. Install aplikasi dapodik yang sudah didownload
  7. Setelah instalasi selesai maka sistem langsung mengarahkan pada laman registrasi
  8. Isikan kode registrasi, username atau email, dan password dengan benar
  9. Setelah lengkap semua lalu klik tombol submit
  10. Masuk ke aplikasi dapodik lalu isikan username, password, dan pilihan tahun ajar
  11. Masukkan data sekolah yang ingin Anda kirim atau backup di server dapodik

Ada dua tahapan dalam melakukan pengisian data prefill dapodik yaitu download aplikasi dapodik terbaru dan download data prefil. Sebaiknya unduh aplikasi paling baru karena fitur yang ditawarkan lebih lengkap bila dibandingkan dengan aplikasi versi lama. Jika sudah menginstall aplikasi dapodik versi lama, bisa update versi terbarunya dengan mengunjungi website resmi kemdikbud.

Aplikasi ini berfungsi sebagai back up data sehingga sekolah bisa melihat data yang lengkap melalui aplikasi ini. Selain itu jika terjadi kerusakan di komputer sekolah, data masih bisa tersimpan dengan aman. Bagi pemerintah khususnya kementrian pendidikan dan kebudayaan, aplikasi prefill dapodik sangat membantu untuk mengumpulkan data dari semua sekolah yang ada di Indonesia sehingga bisa diketahui perkembangan dan mutu pendidikan di Indonesia saat ini.

Pemerintah menganalisa perkembangan pendidikan di Indonesia melalui data yang terkumpul di aplikasi ini sehingga bisa memberikan solusi yang sesuai dan tepat sasaran. Pihak sekolah pun dimudahkan dengan aplikasi ini. Pihak sekolah tidak perlu melaporkan data secara manual, proses lebih cepat dan aman.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur canggih yang bisa membantu pihak sekolah jika mengalami masalah dalam pengumpulan data. Fitur ini dinamakan dengan Dapodik Helper. Banyak manfaat dari fitur ini salah satunya sebagai back up data dan restore data base. Dengan begitu maka keamanan data akan lebih terjamin dan jika terjadi kerusakan pada komputer data tidak akan hilang dan masih bisa diakses dengan menggunakan perangkat komputer lainnya.

Jika data tidak sengaja terhapus dari komputer, tidak usah bingung karena data sudah tersimpan dengan aman. Jika ingin mendapatkan data lagi, tinggal buka aplikasi dapodik dan data bisa didapatkan kembali. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Dapodik adalah lupa password. Dengan adanya fitur ini, password bisa diperbaharui ataupun dirubah. Fitur ini memberi banyak solusi bagi berbagai macam permasalahan yang dihadapi oleh pengguna Dapodik.

Pada berbagai kasus, kadang pihak sekolah memerlukan hasil cetak kartu NISN yang dilengkapi dengan barcode. Dengan menggunakan aplikasi ini maka pihak sekolah bisa mencetak kartu dengan mudah. Hasil cetak kartu NISN biasa digunakan untuk bukti fisik jika sekolah mengikuti suatu kegiatan yang mengharuskan melampirkan bukti fisik tersebut.
Aplikasi prefill dapodik memang sudah terbukti memberikan banyak kemudahan kepada pihak sekolah dan pemerintah dalam hal pendataan dan juga up date data sekolah. Sekolah bisa lebih hemat waktu dan biaya karena data bisa dimasukkan ke data base pusat dengan menggunakan aplikasi ini. Untuk memudahkan pemasukan data, bisa menggunakan langkah-langkah pengisian data yang sudah disebutkan diatas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasukkan Prefill Ke Aplikasi Dapodik"

Post a Comment