Apa saja 4 kompetensi guru yang Harus Dikuasai? Inilah Ulasan Lengkapnya

Apa saja 4 kompetensi guru yang Harus Dikuasai? Inilah Ulasan Lengkapnya
Sumber foto: kemdikbud.go.id

Sebagai seorang pengajar, Anda harus mengetahui apa saja kompetensi yang harus dikuasai. Tahukah Anda bahwa ternyata, ada 4 kompetensi guru yang wajib dimiliki oleh para guru atau dosen yang mengajar di Indonesia.  Guru harus mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sesuai dengan ketetapan yang diberlakukan oleh pemerintah. Ketetapan ini sudah tercantum di dalam perundang-undangan. Dimana seorang guru harus bersikap profesional dan mempunyai 4 kompetensi dasar dalam memberikan pendidikan pada generasi bangsa. Apalagi seperti yang diketahui bahwa hampir setengah guru di tanah air telah memiliki sertifikat sertifikasi. Yang artinya adalah para guru harus menunjukkan kualitas dan profesionalisme kinerjanya dengan baik dan maksimal.

Guru yang sudah bersertifikasi artinya sudah diakui sebagai guru yang berkualitas. Dan tentunya, kompetensi yang didapat dari proses sertifikasi tersebut harus diaplikasikan pada kesehariannya selama bertugas sebagai guru. Kompetensi sendiri merupakan seperangkat keterampilan, pengetahuan, serta perilaku yang wajib dimiliki, dikuasai dan dihayati oleh para guru dalam menjalankan tugas keprofesionalan. Kompetensi guru tentang kewenangannya dalam menjalankan tugas menggunakan bahan pembelajaran sebagai alat dalam memberikan pendidikan.

Pada intinya, kompetensi merupakan hasil dari kombinasi antara semua kemampuan, perilaku dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh guru agar bisa dihayati dan dikuasai untuk memberikan pembelajaran kepada anak didiknya. Bagi Anda yang belum tahu, kompetensi yang wajib dimiliki oleh para guru diantaranya adalah kepribadian, pedagogik, sosial dan profesional.  Agar bisa menelurkan peserta didik yang baik dan berkualitas, maka guru harus mampu menguasai 4 kompetensi tersebut. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan diulas mengenai 4 kompetensi guru yang tidak boleh sampai terlewatkan.

4 Kompetensi Guru yang Tidak Boleh Terlewatkan

1. Kompetensi kepribadian
Satu dari 4 kompetensi guru yang pertama adalah kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian masuk dalam kategori kemampuan personal yang harus bisa menunjukkan kepribadian pengajar. Dimana kepribadian tersebut harus bisa dijadikan sebagai teladan dan panutan peserta didik agar memiliki kepribadian yang baik serta berakhlak mulia. Beberapa aspek yang masuk dalam kompetensi kepribadian diantaranya adalah stabil, dewasa, berwibawa, bijaksana dan arif dalam menyelesaikan permasalahan, mantap dalam mengambil keputusan, mandiri, berakhlak mulia, dapat mengevaluasi kinerja sendiri, mampu mengembangkan diri dengan baik secara berkelanjutan, serta bisa menjadi teladan untuk peserta didik, lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Hal-hal yang masuk dalam kriteria akhlak mulia diantaranya adalah jujur, taqwa, ikhlas, iman, suka menolong dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu 4 kompetensi guru, aspek kepribadian memang menjadi hal yang sangat penting. Karena  kepribadian guru yang baik akan menjadi teladan para muridnya sehingga pelajar dengan watak dan sikap yang berpendidikan akan terbentuk dengan sendirinya.

2. Kompetensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru untuk mengelola serta melaksanakan program pembelajaran kepada peserta didik. Kompetensi pedagodik ini sangatlah khas karena akan menjadi pembeda antara seorang guru dengan tenaga atau profesi lainnya. Kompetensi pedagogik pada dasarnya meliputi pemahaman guru terkait dengan pelaksanaan pembelajaran, perancangan, dan evaluasi hasil belajar peserta didik. Tak lupa juga para guru harus bisa mengembangkan potensi peserta didik dalam mengaktualisasikannya pada berbagai kesempatan. Guru harus bisa memahami peserta didik. Caranya adalah dengan meningkatkan perkembangan kognitif pelajar serta memahami kepribadian peserta didik agar bahan materi yang diberikan bisa dikembangkan oleh pelajar dengan baik dan maksimal.

Dalam 4 kompetensi guru yang satu ini, guru juga harus bisa menguasai prinsip-prinsip dalam pembelajaran dan teori belajar dengan baik. Tujuannya adalah agar peserta didik bisa memahaminya dengan optimal. Dalam aspek pedagogik ini, guru juga harus mampu berkomunikasi dengan para peserta didiknya sekaligus memberikan evaluasi dan penilaian terhadap pembelajaran yang diberikan. Potensi peserta didik yang harus dikembangkan bisa meliputi potensi akademik atau non akademik.

3. Kompetensi Profesional
Kompetensi yang masuk dalam 4 kompetensi guru selanjutnya adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional adalah penguasaan bahan materi pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik secara mendalam dan luas. Hal ini juga mencakup penguasaan materi dalam kurikulum setiap mata pelajaran sekolah serta substansi yang menaungi materinya. Dalam hal ini, guru juga harus menguasai metode dan struktur keilmuannya dengan baik. Kompetensi profesional bisa dilihat dari kualitas dan kemampuan guru untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang selalu dinamis. Kompetensi profesional seorang guru memang harus selalu dikembangkan dengan tindakan yang reflektif dan penguasaan materi yang maksimal.

Kompetensi profesional sebagai salah satu dari 4 kompetensi guru mencakup hubungan antara konsep pembelajaran, struktur, teknologi, seni dan metode keilmuan yang koheren dengan bahan materi yang diajarkan. Metode ini juga harus selaras dengan kurikulum sekolah. Keprofesionalan guru juga bisa dilihat dari penerapan konsep-konsep tentang keilmuan yang pada kehidupan sehari-harinya. Tak hanya itu, kompetensi profesional juga harus meliputi konteks global dengan senantiasa melestarikan budaya dan nilai nasional.

4. Kompetensi Sosial
4 kompetensi guru selanjutnya meliputi kompetensi sosial. Sekedar informasi, kompetensi sosial adalah kemampuan guru dalam bergaul dan berkomunikasi dengan baik dan efektif dengan para peserta didik, tenaga kependidikan, sesama pendidik, masyarakat sekitar termasuk orang tua/wali dari peserta didik. Kompetensi sosial ini dapat dilihat dari kemampuan para guru dalam bekerja sama dan bermasyarakat dengan peserta didik dan semua orang yang berperan dalam lingkungan pendidikan. Ada beberapa kompetensi sosial yang wajib dimiliki oleh para guru. Salah satunya dalam memakai teknologi informasi dan komunikasi dengan baik dan fungsional. Guru juga harus bisa berkomunikasi dengan baik melalui tulisan dan lisan kepada peserta didik.

Tak hanya di lingkungan belajar, guru bisa bergaul secara sopan dan santun kepada masyarakat sekitar. Hal ini sangat penting agar guru dapat membangun penilaian dan pandangan yang baik di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Dalam beraktivitas, guru harus bisa bertindak berdasarkan norma agama, sosial, hukum serta kebudayaan nasional. Dengan begitu, mereka bisa menunjukkan pribadi yang teladan dan dewasa. Di dalam kompetensi sosial juga masuk tanggung jawab  dan etos kerja yang tinggi. Dengan memiliki kompetensi sosial secara sempurna maka Anda akan merasa bangga karena berhasil menjadi seorang guru yang berkompetensi. Apalagi jika para guru bisa menjadi tauladan bagi setiap muridnya. Tentu saja mendidik anak bangsa akan menjadi pekerjaan yang paling menyenangkan.

Perlu dipahami bahwa kompetensi yang sudah diulas di atas pada dasarnya bersifat integratif dan holistik dalam kinerja yang ditunjukkan oleh masing-masing guru. Maka dari itu, semua guru harus memiliki kompetensi seperti di atas agar bisa melahirkan generasi bangsa yang berpendidikan dan berakhlak mulia. Apalagi untuk Anda yang sudah bersertifikasi, tentu saja keempat kompetensi tersebut harus dimiliki dan dikuasai dengan baik. Demikianlah informasi terkait dengan 4 kompetensi guru, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa saja 4 kompetensi guru yang Harus Dikuasai? Inilah Ulasan Lengkapnya"

Post a Comment