Cara Mudah Membuat Email di PNSmail
Pertanggal 01 Januari 2014 semua pegawai negeri sipil wajib menggunakan alamat email yang resmi untuk segala bentuk kegiatan kedinasan. Domain yang digunakan adalah @pnsmail.go.id. Adanya peraturan ini untuk memudahkan komunikasi antar sesama pegawai dan juga untuk menjaga kerahasiaan tugas kedinasan masing-masing instansi. Namun, faktanya tidak semua pegawai negeri sipil menggunakan email resmi untuk berkomunikasi, terutama beberapa pegawai yang ditugaskan di luar negeri.
Tidak hanya untuk berkomunikasi saja, jenis email yang dikhususkan untuk pegawai negeri sipil ini juga bisa mempermudah tugas kedinasan. Dengan menggunakan email ini maka daftar pegawai akan tercatat dengan mudah. Selain itu juga mempermudah PNS untuk membedakan antara email untuk tugas kedinasan dan email untuk urusan pribadi.
Cara Membuat Email Khusus untuk PNS
Jika sudah pernah membuat email di beberapa domain gratis pastinya tidak akan mengalami kesulitan saat membuat email di PNSmail. Email ini hanya dikhususkan untuk pegawai negeri sipil saja, jadi masyarakat umum tidak bisa membuat email ini. Hal ini karena saat pendaftaran harus memasukkan NIP yang hanya dimiliki oleh pegawai negeri sipil saja. Adapun langkah mendaftar email khusus untuk pegawai negeri sipil adalah:
1. Masuk ke laman resmi layanan PNSmail
Pendaftaran bisa dilakukan melalui pc, laptop, ataupun handphone. Saat memasuki laman resmi, carilah menu “Daftar Sekarang” lalu klik menu tersebut. Secara otomatis akan diarahkan pada laman pendaftaran yang berisi form pendaftaran yang harus diisi dengan lengkap dan valid.
2. Isi semua data pada kolom pendaftaran dengan lengkap dan valid
Semua data yang dimasukkan harus valid dan sesuai dengan data yang sebenarnya. Karena jika data berbeda maka pendaftaran akan ditolak. Beberapa data yang harus diisikan meliputi nama lengkap, username, password, NIP, email, nomer telepon, instansi asal, alamat instansi, pertanyaan pengingat, jawaban, dan kode pengaman.
3. Jika data sudah lengkap, lalu klik Daftar
Periksa ulang data yang diisikan, apakah sudah sesuai atau belum. Jika sudah yakin lalu klik “Daftar” dan tunggu pengaktifan akun dari admin PNSmail.go.id. Proses cepat dan syarat yang tidak rumit sangat membantu PNS yang ingin membuat email khusus pengawai negeri sipil ini.
Setiap PNS kini diwajibkan melek teknologi. Hal ini agar sistem kerja bisa berjalan lebih cepat. Selain itu PNS juga bisa memanfaatkan fasilitas internet yang ada di instansi pemerintahan. Penggunaan email ini tentunya sangat penting mengingat komunikasi juga diperlukan untuk mempermudah proses kerja. Untuk mengirim berkas jauh lebih mudah dengan menggunakan email dibanding mengirimnya secara langsung yang akan membutuhkan banyak waktu.
Jika setiap PNS memiliki email, maka kerja tim akan jauh lebih mudah. Meskipun saat ini komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, tetap saja keamanannya tidak bisa terjamin. Karena itulah pada tahun 2013 dikeluarkan surat edaran nomor 06 Tahun 2013 yang menyatakan setiap PNS wajib menggunakan email resmi untuk segala macam kegiatan kedinasan. Hal ini agar data dari pusat terjamin keamanannya sehingga kerahasiaan instansi tetap terjaga.
Meskipun hanya berupa domain gratis, namun faktanya PNSmail memiliki banyak fitur yang canggih yang bisa mendukung kinerja PNS di segala bidang. Layanan email ini dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan sebesar 1GB. Cukup besar untuk menyimpan banyak file yang berkaitan dengan tugas kedinasan. Pastinya akan banyak file yang bisa disimpan dan terjamin keamanannya.
Salah satu kendala komunikasi menggunakan server internet adalah serangan virus dan spam yang bisa merusak sistem kerja email. Jika ini terjadi akan ada banyak kemungkinan, salah satunya akun tidak bisa dibuka sehingga secara otomatis data yang ada di email juga hilang. Namun dengan menggunakan email khusus PNS ini, hal itu tidak akan terjadi. Karena email khusus PNS sudah terlindungi dari serangan virus, malware, dan spam sehingga data bisa tersimpan dengan aman.
Email khusus pegawai negeri sipil ini selain bisa diakses melalui pc dan laptop juga bisa diakses melalu handphone. Sama seperti domain email lainnya, cara pengoperasian email ini melalui handphone pun cukup mudah. Bagi PNS yang memiliki mobilitas cukup tinggi pastinya sangat terbantu dengan email ini karena masih bisa mengontrol pekerjaan meskipun berada di luar. Jenis handphone saat ini yang sangat canggih dan menggunakan teknologi terbaru sangat cocok untuk menunjang kerja kedinasan PNS.
Banyak cara dilakukan pemerintah untuk menunjang kerja pegawai negeri sipil salah satunya dengan membuat layanan email khusus PNS yaitu PNSmail. Cara membuat email di layanan ini sangat mudah dan cepat sama seperti membuat email di layanan email lainnya. Hanya saja untuk bisa membuat email khusus PNS dibutuhkan data mengenai NIP dan nama instansi pemerintahan tempat bekerja. Jika data ini tidak sesuai maka pendaftaran email dinyatakan gagal.
0 Response to "Cara Mudah Membuat Email di PNSmail"
Post a Comment