Prasyarat dan Ketentuan Pendaftaran Kartu Prakerja

Prasyarat dan Ketentuan Pendaftaran Kartu Prakerja

Kartu prakerja merupakan program baru yang digagas oleh pemerintah dengan menggelontorkan anggaran sangat besar. Fungsi kartu ini diharapkan bisa memberikan kesempatan yang sama kepada setiap warga negara produktif untuk memulai usaha. Selain itu, kartu ini diupayakan mampu memberikan insentif kepada para usia produktif yang belum mendapatkan pekerjaan. Dengan semua kemudahan tersebut, banyak yang berbondong-bondong hendak mendaftar kartu ini.

Syarat dan Ketentuan Kartu Prakerja

1. Apa Itu Program Prakerja?
Jika merunut dari laman resmi prakerja.go.id, prakerja adalah sebuah program pengembangan diri dan kompetensi kerja. Sasaran utama program ini yaitu pada pencari kerja, pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja, serta pekerja yang ingin menambah kompetensi. Kartu ini nantinya akan berupa identitas atau penanda.

Program prekerja melibatkan platform digital, karena sebenarnya program ini memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti pelatihan ketrampilan. Dengan kartu ini, Anda bisa mengasah keahlian agar lebih siap berkompetisi secara matang dalam dunia kerja. Langkah pendaftarannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan melalui layanan daring.

2. Bagaimana Cara Aktivasi Akun Prakerja?
Agar bisa mendapatkan beragam kelebihan dari kartu prakerja, Anda harus mendaftar program ini terlebih dahulu. Pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan menuju website www.prakerja.go.id. Namun sebelum mendaftar, Anda perlu memahami terlebih dahulu bahwa program ini dikhususkan bagi warga negara dengan kategori umur tertentu.

Jika Anda sudah memenuhi aspek umur, selanjutnya menuju ke laman resmi prakerja. Klik pada tulisan Daftar Sekarang. Setelah itu, Anda diharuskan mengisi beberapa form keperluan data. Ikuti instruksi yang ada lalu lengkapi form.Jika sudah selesai, kirim form agar dapat diproses oleh admin pusat.

3. Bagaimana Cara Menggunakan Kartu Ini?
Kartu prakerja bisa didapatkan dengan melakukan registrasi program. Langkah registrasi pertama yaitu membuat akun program pada situs resmi. Pada step ini Anda diminta untuk memasukkan sejumlah data mendasar beserta email dan kata sandi. Jika sudah berhasil, Anda akan mendapatkan email verifikasi.

Langkah kedua, mengisikan data diri yang dibutuhkan. Setelah mendapatkan email verifikasi, lakukan login dengan akun prakerja. Masukkan data yang diminta berupa nomor KTP beserta tanggal lahir. Setelah itu tekan Berikutnya/Next. Lengkapi data lain yang diminta, dan jika sudah ketikkan nomor hp untuk mendapatkan link aktivasi. Registrasi online pun selesai dilakukan.

Apabila registrasi online sudah berhasil dan Anda juga sudah mendapatkan link aktivasi, langkah selanjutnya adalah mengikuti tes. Sebenarnya yang dimaksud tes adalah uji kemampuan dasar dan matematika dasar yang dilakukan selama 15 menit. Tes ini juga merupakan step terakhir dari serangkaian registrasi program prakerja.

Namun berdasarkan pengalaman dari yang sudah-sudah, Anda harus menunggu agak lama sampai bisa mengikuti tes. Hal ini dikarenakan banyaknya pendaftar, sehingga mengharuskan dibuat tes dalam tahapan gelombang. Anda harus menunggu sampai

4. Apa Saja Syarat dan Ketentuan Program Prakerja?
Sebelum melakukan pendaftaran kartu prakerja, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, Anda harus warga negara Indonesia sah yang ditunjukkan dengan kartu identitas (KTP). Usia minimal Anda harus 18 tahun serta tidak sedang menjalani pendidikan formal. Hal ini ditunjukkan dengan scan beberapa berkas yang diperlukan.

Setelah melalui proses registrasi dan berhasil melakukan aktivasi, Anda bisa memilih jenis pelatihan yang diinginkan. Pelatihan ini sifatnya daring, dan telah didukung oleh banyak platform digital berskala besar di Tanah Air. Oleh karena itu, secara teknis penggunaannya akan sangat memudahkan.

Sejak awal perilisannya di Maret 2020 lalu, kartu ini menimbulkan pro dan kontra terkait fungsinya. Ada yang mempertanyakan apakah kartu ini bisa dipakai secara total untuk mendaftar pelatihan secara gratis, atau justru harus membayar terlebih dahulu. Ternyata seiring kemudian diketahui jika Anda tetap harus membayar pelatihan yang diikuti sesuai tarif.

Itulah informasi mendasar seputar kartu prakerja. Sebagai sebuah program pengembangan, prakerja memfasilitasi pada usia produktif untuk mengasah kemampuan. Meskipun hingga kini wujud nyata program ini belum tampak, diperkirakan sudah banyak masyarakat yang mendaftar. Apalagi di tengah teknologi digital yang semakin canggih, program ini ibarat angin segar yang membawa harapan bagi para pekerja awal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prasyarat dan Ketentuan Pendaftaran Kartu Prakerja"

Post a Comment