Semarak HUT Kemerdekaan RI 75, Indonesia Maju!

Semarak HUT Kemerdekaan RI 75, Indonesia Maju!

Memasuki bulan Agustus, semarak memperingati HUT Kemerdekaan RI kian terasa. Antusiasme masyarakat meningkat seiring banyaknya acara perayaan yang menyenangkan. Setiap tahun pemerintah pusat membuat konsep umum perayaan Kemerdekaan RI sekaligus memberikan tema dan logo resmi sebagai acuan. Lalu, apa tema dan logo Kemerdekaan RI di usianya ke-75 ini?

Indonesia Maju pada HUT Kemerdekaan RI 75

1. Seputar Perayaan Kemerdekaan RI
Bulan Agustus menjadi momen paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia, karena di bulan ini selama 31 hari penuh akan ada perayaan Kemerdekaan RI. Berbagai kegiatan seru dan menyenangkan akan digelar. Mulai dari semarak hias kampung, beragam lomba menarik, upacara 17 Agustus, dan masih banyak lainnya. Tidak hanya lomba individu saja, tetapi ada juga lomba antarkampung hingga antarwilayah.

HUT Kemerdekaan RI setiap tahun digelar sebagai bentuk peringatan atas berdikarinya bangsa Indonesia. Setelah mengalami penjajahan selama lebih dari tiga abad, bangsa Indonesia akhirnya memproklamasikan kemerdekaan yang diraih berkat jasa para pahlawan. Oleh karena itu, perayaan Kemerdekaan RI sejatinya diadakan guna mengingat kembali perjuangan pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan.

Semarak suka cita bangsa Indonesia dalam merayakan Kemerdekaan RI dicurahkan dalam beragam kegiatan yang dilaksanakan ramai-ramai. Tak jarang momen perayaan kemerdekaan ini menjadi ajang gotong royong warga di lingkungan tertentu. Jika biasanya masing-masing hidup sendiri dengan urusannya, ketika perayaan Agustus tiba, orang-orang akan ambil bagian untuk berkumpul dengan tetangga sekitar mengikuti lomba.

2. Tema Perayaan Kemerdekaan RI Tahun Ini
Setiap tahun pemerintah pusat memberikan dan mensosialisasikan konsep HUT Kemerdekaan RI yang berbeda-beda. Melalui laman resmi Menteri Sekretaris Negara, pemerintah mengumumkan semarak Kemerdekaan RI ke-75 dengan tajuk tema “Indonesia Maju”. Tema besar ini nantinya akan dikembangkan menjadi aneka perayaan berskala lokal maupun nasional.

Tema “Indonesia Maju” ini selaras dengan nama kabinet pemerintahan Presiden Jokowi yang juga bernama Kabinet Indonesia Maju. Dengan demikian, masih ada relevansi antara misi pemerintahan dengan tujuan yang hendak diraih di ulang tahun Indonesia ke-75 ini. Diharapkan masyarakat Indonesia saling bersinergi memajukan Indonesia di segala bidang dengan mengobarkan semangat kebangsaan.

Dalam tema besar yang dirilis resmi Setneg ini disampaikan makna tema besar “Indonesia Maju”. Tema ini dijadikan representasi yang mewakili nilai-nilai Pancasila dalam menjalani kehidupan sebagai bangsa dan warga negara. Selain itu, tema ini merupakan simbolisasi cita-cita besar yang hendak diraih Indonesia. Seiring bertambahnya usia, diharapkan Indonesia semakin mendekat pada kemajuan bagi seluruh warga negaranya.

3. Logo Perayaan Kemerdekaan RI Tahun Ini
Menteri Sekretaris Negara juga merilis logo resmi untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Dengan warna didominasi merah dan putih, sebuah logo yang bentuknya menyerupai lambang Pancasila dibuat. Logo Kemerdekaan RI ke-75 ini ternyata mempunyai makna mendalam, berikut penjelasannya.

• Bentuk Perisai
Bentuk dasar logo HUT RI tahun ini adalah perisai. Dalam berkas resmi yang dirilis Setneg, dikatakan bahwa bentuk logo ini memang terinspirasi dari perisai Pancasila. Logo ini merepresentasikan kesetaraan dan keadilan yang seharusnya dicapai oleh seluruh lapisan masyarakat.

• Warna Merah Putih
Warna merah putih mewakili warna kebangsaan, sebagaimana bendera nasional. Warna merah pada bagian perisai, sedangkan tulisan 75 diberi warna putih. Untuk dapat mengunduh format asli logo ini, Anda bisa mengunjungi laman resmi Menteri Sekretaris Negara.

• Simbol 75 Melingkar
Angka 75 yang berada di bagian dalam perisai berwarna putih. Adapun tulisannya dibuat agak melingkar karena mempunyai maksud. Pertama, bisa dimaknai sebagai kedinamisan kerja bangsa Indonesia dalam menggapai cita-cita nasional. Kemajuan hanya bisa dicapai jika seluruh elemen saling berkontribusi.

Kedua, bentuk tulisan lima yang melingkar melambangkan progres yang bertarget. Model angka lima yang dipilih hampir menyerupai lingkaran sempurna, menunjukkan bahwa progres kerja yang hendak dicapai oleh bangsa harus selalu kontinu dan berkelanjutan.

Itulah informasi seputar perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. 75 tahun bukanlah waktu yang sebentar, Indonesia telah mengalami berbagai peristiwa bersejarah dalam kurun masa tersebut. Seiring bertambahnya usia, diharapkan Indonesia semakin membawa kesejahteraan bagi rakyatnya agar sesuai tema HUT Kemerdekaan tahun ini, Indonesia Maju.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Semarak HUT Kemerdekaan RI 75, Indonesia Maju!"

Post a Comment