Struktur Gaji PNS 2018

Struktur Gaji PNS 2018

Seperti yang diketahui bahwa struktur gaji pns selalu menjadi hal yang selalu menarik di mata masyarakat. Apalagi sejak pemerintahan Presiden Jokowi, dimana ada cukup  banyak perubahan peraturan yang diberlakukan untuk pegawai negeri sipil. Pemerintah rencananya akan merubah struktur penggajian PNS karena selama ini dianggap tidak seimbang. Memang, gaji pokok PNS diketahui lebih kecil daripada tunjangan yang didapatkan.

Struktur Gaji PNS Berpengaruh Pada Dana Pensiun?

Salman Sijabat sebagai Asisten Deputi Kesejahteraan SDM di KemenPAN-RB menjelaskan bahwa struktur penggajian untuk PNS yang bertugas di daerah menggunakan sistem yang berbeda. Dimana mereka tidak hanya akan mendapatkan tunjangan kinerja dan gaji pokok, tapi juga mendapatkan tunjangan lain seperti tunjangan kemahalan. Sistem penggajian saat ini dianggap tidak adil karena di daerah, penerapan sistem penggajiannya bermacam-macam. Bahkan, gaji Dirjen saja lebih kecil dibandingkan dengan gaji Sekda. Hal ini membuat gaji pokok terkesan menjadi lebih tidak jelas dan tidak adil. Kondisi tersebutlah yang membuat pemerintah berencana untuk mengubah struktur gaji pns.

Gaji pokok yang lebih kecil daripada tunjangan juga berpengaruh terhadap dana pensiun yang akan didapatkan PNS. Banyak PNS yang enggan pensiun karena gaji pokoknya yang kecil. Oleh sebab itu, pemerintah berharap bahwa dengan adanya perubahan struktur gaji ini maka kesejahteraan PNS akan semakin meningkat, tak terkecuali untuk para ASN yang telah memasuki masa pensiun. Mada depan pensiunan yang semakin terjamin karena perbaikan struktur gaji ini tentunya tidak akan membuat ASN merasa takut lagi untuk pensiun.

Terkait dengan struktur gaji pns, Herman Suryatman selaku Kepala Biro bagian Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik di Kementrian PAN-RB juga memberikan penjelasan bahwa gaji PNS terbaru nantinya akan diberlakukan sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku. Dimana sistem yang digunakan adalah berbasis merit, kinerja dan kompetensi. Dalam sistem merit, pemberian gaji PNS akan disesuaikan dengan kompetensi, kinerja dan kualifikasi dari masing-masing ASN. Sistem merit sendiri sebenarnya merupakan manajemen dan kebijakan ASN dengan basis kompetensi, kinerja dan kualifikasi. Dengan adanya sistem ini, diharapkan ASN bisa menunjukkan kualifikasi dan kemampuannya dalam bekerja demi Indonesia yang lebih baik lagi.

Dilain sisi, Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan juga menjelaskan bahwa pihak pemerintah akan mengevaluasi semua pendapatan PNS atau komponen dari take home pay secara keseluruhan yang meliputi tunjangan kinerja, gaji pokok, honor beserta dengan tunjangan lainnya. Ditanya kapan perubahan struktur gaji pns akan mulai diberlakukan, Sri Mulyani belum bisa memberikan jawaban pasti.

KemePAN-RB sendiri masih mengevaluasi dan menggodok RPP atau Rancangan Peraturan Pemerintah yang memuat tentang revisi atas perubahan gaji PNS. Masih banyak hal yang harus dibahas terkait dengan revisi pendapatan PNS baik tunjangan ataupun gaji pokok dengan lembaga atau kementrian terkait. Tidak jauh berbeda dengan KemenPan-RB, Kementrian Keuangan juga belum memberikan jawaban pasti hingga berita tentang struktur gaji pns ini meluas ke kalangan masyarakat. Pada intinya, Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan menerangkan bahwa ha penting yang akan diubah adalah komposisi gaji pokok dan tunjangan. Sebab gaji pokok berkaitan dengan jaminan sosial para ASN.

Dalam proses pembahasan komposisi pendapatan ASN tersebut, diketahui bahwa Asman Abnur selaku Menteri PAN-RB dan Sri Mulyani tengah melakukan pertemuan secara intensif. Kedua menteri tersebut tengah memikirkan struktur dan format penggajian agar bisa sesuai dengan kebutuhan organisasi sekarang. Jika sebelumnya dalam struktur penggajian PNS, gaji pokok lebih kecil daripada tunjangan. Perubahan ini akan menggantinya, dimana tunjangan lebih kecil dari gaji pokok. Hal ini tentu saja membuat pemerintah harus menaikkan jumlah porsi gaji pokok untuk sistem pengupahan yang baru untuk PNS.

Dalam sistem penggajian yang baru tersebut, pemerintah juga akan memasukkan porsi tingkat kemahalan daerah. Sistem penggajian yang lama memang tidak mempertimbangkan kemahalan daerah. Tapi di sistem terbaru ini, kemahalan daerah akan diberlakukan. Misalnya saja gaji PNS lebih tinggi daripada Gorontalo. Atau bahkan, bisa jadi ada daerah yang kemahalannya lebih tinggi dibandingkan Jakarta, sehingga membuat tunjangan kemahalannya bertambah. Misalnya saja di Papua, tunjangan kemahalan bisa lebih tinggi, tapi tentu daerah tertentu saja tidak semua.

Aturan yang menjelaskan tentang struktur gaji pns ini nantinya akan dimasukkan ke dalam PP atau Peraturan Pemerintah. Pemerintah sendiri berharap bahwa peraturan tersebut akan selesai di tahun 2018 ini. Tapi meskipun target tahun ini selesai, hitung-hitungan terkait dengan penggajian PNS ini harus matang. Sebab hal ini berkaitan dengan masalah nasional dan kesejahteraan PNS di Indonesia.

Bagaimana? Anda termasuk orang yang menunggu informasi terbaru tentang perubahan struktur pengupahan PNS ini? Demikianlah informasi terbaru tentang struktur gaji pns, semoga ulasan kali ini bisa menambah pengetahuan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Gaji PNS 2018"

Post a Comment