Informasi Terbaru Rekrutmen CPNS 2018

Informasi Terbaru Rekrutmen CPNS 2018

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disingkat, menjadi PNS merupakan impian setiap orang. Tidak heran jika setiap tahunnya informasi terkait pembukaan CPNS untuk berbagai profesi, selalu ditunggu-tunggu oleh para pegawai honorer. Salah satunya, adalah rekrutmen CPNS 2018 ini, banyak informasi simpang siur terkait kapan diadakannya rekrutmen tersebut. Untuk itu, sebagai masyarakat yang cerdas lebih baik jangan menelan mentah-mentah informasi yang beredar tanpa disertai sumber yang jelas.

Baru-baru ini tengah beredar bahwasanya rekrutmen CPNS 2018 akan mulai dibuka pada awal tahun 2018. Ternyata berita tersebut tidaklah sepenuhnya benar, perlu diketahui bahwasanya pendaftaran CPNS ini belum tentu dilakukan rutin setahun sekali, karena tidak memiliki jadwal yang tetap. Pihak SSCN BKN mengungkapkan untuk mengadakan tes CPNS diperlukan pertimbangan yang matang, tidak boleh sembarangan dilakukan. Jadi, bisa saja pendaftaran CPNS pada tahun lalu dilakukan tetapi belum tentu di tahun 2018 ini akan dibuka/dilakukan kembali, semua itu tergantung kuota dan kebijakan negara.

Fakta Terbaru CPNS 2018

Menanggapi banyaknya berita palsu terkait informasi rekrutmen CPNS 2018, serta untuk meminimalisir berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan ada beberapa fakta yang harus masyarakat ketahui. Disinyalir, beberapa fakta tersebut adalah klarifikasi terkait pemberitaan CPNS 2018 yang belum akurat kebenarannya, berikut ini adalah beberapa fakta terkini terkait CPNS 2018:

1. Pembukaan dan pendaftaran CPNS 2018 belum tentu dilakukan awal tahun
Sebelumnya, proses pembukaan CPNS 2017 sudah berjalan lancar, sehingga masyarakat beranggapan bahwa 2018 pembukaan CPNS akan kembali dilakukan awal tahun. Anggapan ini ditentang oleh menteri Pendayagunaan Aparatur, pembukaan CPNS 2018 tergantung dari validasi jumlah kebutuhan pegawai baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

2. Kuota CPNS 2018 lebih banyak dari tahun 2017
Meskipun belum dapat dipastikan kapan pendaftaran CPNS 2018 resmi dibuka, kenyataannya Asman Abnur memberi bocoran, PNS yang akan pensiun di tahun 2018 mencapai 220.000 orang.

3. Kompetensi CPNS 2018 lebih beragam
Tahun 2018 ini, kompetensi yang dibutuhkan terdiri dari berbagai bidang yang dapat menunjang lancarnya kegiatan perekonomian negara.

Melihat dari fakta-fakta yang sudah dipaparkan di atas, untuk dapat menjadi seorang PNS tetaplah bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Anda harus bersaing dengan ribuan orang dari seluruh Indonesia, persaingan dilakukan dalam hal ujian CPNS, setelah lolos ujian tersebut barulah Anda dapat mengikuti tahapan selanjutnya.

Sebagai bekal jika pemerintah sudah mengumumkan rekrutmen CPNS 2018, Anda harus mengetahui pula bagaimana tata cara pendaftaran CPNS secara online. Begitu informasi pembukaan CPNS diberitahukan, lakukanlah pendaftaran dengan membuka website http://sscn.bkn.go.id kemudian pilih bidang yang sesuai dengan pendidikan yang dimiliki. Selanjutnya, lihatlah berapa peluang yang dibutuhkan atau dibuka untuk bidang tersebut, masing-masing bidang memiliki kuota yang berbeda. Di dalam website SSCN akan ada juga formulir pendaftaran yang harus diisi, lengkap dengan berbagai persyaratan berkas yang harus dilengkapi. Semua berkas yang sudah lengkap dan formulir pendaftaran yang sudah diisi dengan sesuai, harus Anda bawa ketika melakukan tes CAT.

Bagi Anda yang benar-benar ingin mendaftar dan menanti-nantikan rekrutmen CPNS 2018, alangkah baiknya jika mulai saat ini mulai mempersiapkan diri. Mulailah dengan berlatih soal-soal tes CAT, beberapa toko buku ternama bahkan menjual berbagai macam buku latihan tes CPNS dari berbagai penerbit. Semakin sering dan banyak berlatih soal-soal tes tersebut, peluang untuk lolos tes seleksi tulis CPNS juga akan semakin besar. Sama seperti ujian-ujian lainnya, ujian atau tes CPNS inipun memiliki kisi-kisi tersendiri, kisi-kisi soal tentu tidak terlepas dari profesi atau bidang pendidikan terakhir yang bersangkutan.

Sebagai tambahan, ketika melakukan registrasi pendaftaran atau pada saat rekrutmen CPNS 2018 dibuka, terjadi dalam dua tahap. Tahapan yang pertama adalah mendaftarkan biodata diri Anda pada website Regpanselnas Menpan, jika dalam proses ini berhasil, username dan password akan didapatkan. Kemudian, username dan password itulah yang akan digunakan untuk melakukan log in pada web SSCN BKN. Pada web SSCN BKN tersebut, Anda akan kembali mengisi formulir data pribadi sama seperti formulir yang ada pada Regpanselnas Menpan. Ketika tes CAT, kedua formulir tersebut harus Anda bawa dalam bentuk hardfile dan dijadikan lampiran khusus.

Itulah beberapa informasi terkini terkait pemberitaan rekrutmen CPNS 2018, secara garis besar pembukaan atau rekrutmen CPNS tahun ini masih belum dapat dipastikan kapan dimulainya. Dihimbau kepada masyarakat luas untuk lebih berhati-hati dan tidak termakan informasi palsu terkait pembukaan CPNS di tahun 2018. Pastikan hanya mempercayai sumber resmi atau website resmi dari pemerintah dan badan wewenang yang meyakinkan. Jika sudah dapat dipastikan kapan rekrutmen tersebut dilakukan, pemerintah akan segera memberitakannya kepada masyarakat secara serentak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Terbaru Rekrutmen CPNS 2018"

Post a Comment