Struktur Gaji Baru PNS

Struktur Gaji Baru PNS

Apakah Anda salah satu orang yang mengikuti berita ter-update? Tentunya Anda tahu mengenai gaji baru PNS tahun 2018 ini. Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dibawah pengaruh pemerintahan Indonesia akan segera menetapkan gaji baru bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan cara mengubah struktur gajinya. Saat ini, Kementrian Hukum dan HAM telah merevisi Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) dan tentunya sudah di harmonisasikan. Kebijakan mengenai gaji baru bagi para PNS ini perlu menunggu keputusan akhir dari para menteri yang terkait dalam masalah ini. Lalu setelah itu harus disampaikan ke Presiden Jokowi.

Perubahan Struktur Gaji PNS 2018

Bapak Salman Sijabat yang menjabat sebagai Asisten Deputi Kesejahteraan sumber Daya Manusia (SDM) di Kementrian PAN-RB berkata bahwa RPP belum diputuskan secara resmi namun, RPP sudah diharmonisasikan dan juga dikirim ke Sekretaris Negara, lalu setelah itu menunggu keputusan dari para pimpinan. Bapak Salman Sijabat menjelaskan bahwa kebijakan nasional mengenai gaji baru PNS dengan mengubah strukturnya tersebut diputuskan Menteri Keuangan, Menteri PAN-RB, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan juga Menteri Hukum dan HAM. Setelah itu, harus disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Menurut informasi dari Bapak Salman Sijabat, struktur gaji baru PNS, antara tunjangan dan gaji pokok nantinya akan terubah. Namun, pelaksanaannya tidak tahun ini. Pada tahun ini masih akan memakai PP gaji lama. Lalu, untuk pelaksanaannya menunggu keputusan dari para pemimpin dan tentunya juga tergantung dari kondisi keuangan dan kondisi politik Negara Indonesia.

Menurut Anda mengapa pemerintah akan menetapkan pendapatan yang baru bagi para PNS? Hal ini dikarenakan pemerintah menjalankan amanat dari Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 yang berisi mengenai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Salah satu faktor utama terjadi perubahan struktur gaji PNS, karena adanya ketidakseimbangan gaji yang diberikan. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa, struktur gaji PNS terdiri dari gaji pokok dan tunjangan kinerja dan juga kemahalan daerah. Selama ini, jumlah tunjangan kinerja lebih besar daripada gaji pokok. Bukankah seharusnya gaji pokok yang lebih besar? Dilakukan perubahan struktur menjadi gaji baru PNS karena Pemerintah juga memiliki tujuan akan mengubah komposisi gaji pokok. Hal ini dikarenakan gaji pokok sangat berkaitan dengan jaminan sosial para PNS.

Bentuk struktur gaji baru PNS nantinya akan disesuaikan dengan kinerja dan jabatan masing-masing. Jadi, semakin tinggi jabatannya dan kinerjanya juga baik itu berarti semakin tinggi juga gaji yang akan diberikan. Perlu Anda ketahui bahwa sistem yang baru nanti akan berbeda dengan sistem yang sebelumnya,kalau di sistem sebelumnya pemberian tunjangan akan dibagi sama rata meskipun memiliki jabatan yang berbeda-beda.

Pada sistem gaji yang baru nanti akan benar-benar di seleksi jumlah tunjangan yang diberikan. PNS yang rajin akan mendapatkan tunjangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan PNS yang bekerja biasa-biasa saja. Hal ini adalah salah satu cara mengapresiasi orang-orang yang telah mengabdi kepada negara. Tentunya ada indikator untuk pemberian tunjangan dan gaji baru PNS, yaitu dengan menggunakan sistem Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKID). Sistem pemberian gaji model seperti ini, seperti sistem pemberian gaji di perusahaan swasta. Jadi, pemberian tunjangan dan gaji didasarkan pada ke profesionalisme PNS tersebut dalam bekerja.

Dari beberapa informasi diatas, juga banyak tersebar berita bahwa penerapan sistem gaji baru  tersebut tidak bisa dilaksanakan tahun depan karena adanya beberapa masalah yang terkait dengan pelaksanaannya. Hal ini tentunya sangat tidak diinginkan terjadi oleh para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tentunya, sebagai pengabdi negara juga harus mendapatkan hak yang pantas. Oleh karena itu disesuaikan juga dengan peraturan Undang-Undang (UU) akan diadakan perubahan struktur gaji bagi para PNS.

Jika Anda telah membaca atau menonton berita mengenai perubahan struktur gaji tersebut, bagaimanakah komentar Anda terhadap ketetapan pemerintah? Benar ataukah salah? Banyak orang yang setuju dengan penerapan sistem baru ini, namun banyak juga yang kecewa karena sistemnya tidak bisa segera diterapkan. Untuk bisa menerapkan sistem tersebut tentunya negara perlu mempersiapkan alokasi anggaran dan lain sebagainya, sehingga memerlukan masa transisi.

Apakah Anda adalah seorang PNS? Tidak perlu khawatir, karena penerapan sistem gaji baru PNS pasti akan terlaksana dan tidak mungkin dibatalkan tinggal menunggu kapan waktu yang pas untuk diterapkan agar keuangan negara juga bisa tertata dengan baik dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Jadi, intinya bagi Anda para Pegawai Negeri Sipil, cukup bersabar untuk menunggu keputusan lanjutan dari pemerintah karena pemberian gaji dan tunjangan akan diberikan seadil-adilnya sesuai dengan kinerja Anda masing-masing. Selain itu, Anda tidak akan merasakan rugi selama bekerja menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Gaji Baru PNS"

Post a Comment