Apa Boleh Peserta Lolos SKD CPNS 2019 Mengikuti Seleksi Sekolah Kedinasan 2020?

Apa Boleh Peserta Lolos SKD CPNS 2019 Mengikuti Seleksi Sekolah Kedinasan 2020?

Pandemi covid-19 tidak hanya berimbas terhadap kesehatan manusia. Beragam jadwal penting pun menjadi ditunda akibat dilarangnya di adakan acara yang memungkinkan berkumpul banyak orang. Demikian pula dengan jadwal tes lanjutan CPNS. Para peserta yang lolos pun harus bersabar menunggu jadwal pasti pelaksanaan ujian lanjutan. Lalu berbagai pertanyaan pun muncul, salah satunya ialah mengenai apakah peserta lolos SKD CPNS 2019 yang lolos bisa mengikuti seleksi sekolah kedinasan? Seleksi kedinasan itu sendiri dijadwalkan akan memulai proses pendaftaran pada bulan Juni. Menanggapi pertanyaan di atas maka akan di jawab di bawah ini.

Bolehkah Peserta Lolos SKD CPNS Ikut Seleksi Sekolah Kedinasan?

1. Diperbolehkan!
Bagi Anda peserta lolos SKD CPNS yang ingin mendaftar seleksi sekolah kedinasan nampaknya bisa bernapas lega. Hal itu diperkuat dengan di perbolehkannya peserta tersebut mendaftar seleksi Dikdin. Berita diperbolehkannya pendaftaran ini bukan dari sumber abal-abal, pasalnya telah dikonfirmasi langsung oleh kepala BKN. Menurutnya peserta lolos CPNS tahap seleksi dasar tidak masalah bila ingin mendaftar sekolah kedinasan. Apalagi jadwal pelaksanaan yang berbeda. Lebih jauh, lagi pula kedua macam seleksi itu merupakan sesuatu yang berbeda. Mendengar berita ini tentunya Anda bisa lebih bernapas lega. Dengan mendaftar seleksi lain paling tidak dapat menjadi pilihan alternatif terkait masa depan Anda.

2. Tidak bisa diperbolehkan bila untuk tahun yang sama
Diperbolehkannya peserta lolos SKD CPNS Mengikuti tahapan seleksi sekolah kedinasan juga diperkuat alasan lain. Alasan itu di utarakan langsung oleh pihak BKN yang mengatakan bahwa selain kedua tipe seleksi merupakan hal yang berbeda, penetapan tahun juga tak sama. Perlu diketahui bahwa untuk CPNS itu sendiri merupakan untuk membentuk formasi 2019. Sedangkan seleksi kedinasan merupakan program 2020. Artinya peserta tidak lagi dianggap double dalam pendaftaran sekaligus. Alasan demikian patut membuat Anda para pendaftar menjadi bernapas lega. Lagi pula penundaan jadwal lanjutan CPNS merupakan kondisi tak terduga akibat datangnya penyebaran virus corona.

3. Apabila lulus wajib pilih salah satu
Dalam mendaftar sesuatu pasti kemungkinan untuk lulus selalu ada. Apalagi jika Anda sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan matang. Namun bila peserta lolos CPNS dan seleksi sekolah kedinasan dinyatakan lulus, apakah boleh mengambil keduanya?. Pertanyaan demikian merupakan kemungkinan kondisi yang bisa terjadi. Jika memang akan terjadi seperti demikian maka peserta tersebut wajib memilih salah satu. Hal itu diterangkan langsung oleh ketua BKN yang menghimbau peserta lulus keduanya untuk memilih salah satu. Jadi Anda tidak bisa mengambil keduanya meski tidak akan dianggap mengundurkan diri dari PNS.

4. Sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran
Bagi Anda yang tertarik mengikuti seleksi sekolah kedinasan bisa memulai menargetkan sekolah mana yang akan dituju. Perlu diketahui bahwa beberapa sekolah memutuskan untuk membatalkan pendaftaran. Sebut saja Politeknik STAN yang memutuskan membatalkan karena adanya penyebaran virus covid-19. Meski begitu beberapa sekolah lain memutuskan tetap membuka pendaftaran. Hal demikian dikonfirmasi langsung oleh Surat Menteri PANRB. Beberapa sekolah tersebut ialah Badan Intelijen Negara (STIN), Kementrian Dalam Negeri (IPDN), Poltekip, Poltekim,  Poltek SSN, STMKG dan masih banyak lagi dari Kementrian Perhubungan.

5. Jadwal seleksi sekolah kedinasan
Setelah mengetahui mengenai beragam sekolah yang membuka pendaftaran. Maka Anda juga harus tahu mengenai jadwal pelaksanaan. Hal itu sangat penting agar peserta dapat menyiapkan segala keperluan dengan sangat cermat. Anda pun bisa mempersiapkan mental dan kemampuan dengan sangat baik. Untuk pendaftaran, direncanakan akan mulai dibuka tanggal 1 Juni 2020. Lalu pendaftaran SSCASN- BKN akan dijadwalkan tanggal 8-23 Juni 2020. Setelah itu ada jadwal seleksi kompetensi dasar yang harus diikuti pada Juli 2020. Terakhir tahap seleksi lanjutan yang ditetapkan sesuai lembaga terkait.

Itulah beberapa informasi penting mengenai pendaftaran seleksi sekolah kedinasan. Untuk Anda peserta lolos CPNS boleh juga mencoba mendaftarnya. Hal itu mengingat tidak dilarangnya mencoba mendaftar tes seleksi ini. Bagaimana pun perlu diketahui bahwa jadwal pelaksanaan bisa saja sewaktu-waktu berubah mengingat masih maraknya penyebaran virus corona. Untuk itu penting bagi Anda agar selalu update mengenai berita terbaru seputar pendaftaran sekolah kedinasan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Boleh Peserta Lolos SKD CPNS 2019 Mengikuti Seleksi Sekolah Kedinasan 2020?"

Post a Comment