Penerimaan CPNS 2020 Akan Tetap Diadakan?

Penerimaan CPNS 2020 Akan Tetap Diadakan?

Setiap dari Anda tentu memiliki keinginan menjadi pegawai negeri sipil. Untuk mewujudkan keinginan itu tentu tidaklah mudah. Butuh persiapan matang dan strategi khusus agar mampu lolos dalam setiap tahapan. Perlu diketahui bahwa penerimaan CPNS untuk tahun 2020 tetap akan berlangsung meski masih di tengah pandemi. Hal itu telah di konfirmasi langsung oleh pemerintah walaupun kapan akan di langsungkannya masih menunggu konfirmasi lebih jauh. Untuk itu Anda tentu perlu mempersiapkan segala keperluan dan syarat mengenai pendaftaran CPNS seperti berikut ini.

Ketentuan Syarat Pendaftaran dan Penerimaan CPNS yang Harus Diperhatikan

1. Tanggal CPNS 2020
Seperti yang sudah diterangkan di atas bahwa tanggal pelaksanaan dan penerimaan CPNS masih belum ditentukan. Ketika ditanya lebih jauh, pemerintah mengkonfirmasi bahwa untuk periode sebelumnya saja masih membutuhkan tes kedua dan belum terlaksana sehingga untuk periode ini akan di bahas setelahnya. Mengetahui hal itu tentu membuat Anda harus memiliki kesabaran lebih sembari menunggu jadwal pastinya. Pelaksanaan sudah pasti berlangsung sehingga calon peserta tidak perlu khawatir. Lagi pula periode tahun ini jelas membutuhkan pegawai negeri sipil mengingat setiap tahun pasti ada yang memutuskan pensiun. Nah, untuk mengisi kekosongan demikian tentu membutuhkan pegawai negeri baru.

2. Syarat melamar CPNS
Penerimaan CPNS memang belum ditentukan kapan waktunya. Namun, tidak ada salahnya bila Anda ingin mengetahui syarat untuk pendaftaran. Persaingan akan berjalan ketat sehingga setiap ketentuan harus diperhatikan dengan detail. Beberapa syarat wajib antara lain minimal berusia di antara 18 hingga 35 tahun, sehat jasmani rohani, tidak pernah di pidana kurang lebih selama 2 tahun, bukan anggota partai, tidak memiliki status sebagai PNS, TNI ataupun anggota polisi. Selain itu, masih banyak syarat wajib lain seperti kualifikasi pendidikan yang sesuai dan bersedia di tempatkan di wilayah yang sudah ditentukan.

3. Dokumen yang harus di siapkan
Untuk bisa mengikuti tes CPNS, ada beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan dengan baik. Apabila ada satu saja yang tertinggal maka bisa berakibat fatal. Untuk itu calon peserta harus cermat dan teliti. Beberapa dokumen wajib antara lain scan ijazah, foto diri, scan kartu keluarga, scan transkrip nilai dan scan kartu tanda penduduk. Pastikan semua itu dipersiapkan dengan baik. Bila sudah bisa langsung upload melalui portal SSCN ketika nanti pendaftaran sudah di buka. Mengingat penerimaan CPNS belum di buka maka tak salah pula bila hanya ingin mempersiapkan dahulu.

4. Tips saat melakukan pendaftaran CPNS
Dalam pendaftaran CPNS Anda harus teliti dalam segala hal. Perhatikan setiap detail dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Cara yang wajib di ikuti antara lain tidak mendaftar dari smartphone. Pendaftaran melalui ponsel bahkan telah di larang oleh pihak BKN. Bukan tanpa alasan melainkan data yang di input lebih berisiko mengalami kerusakan sehingga tidak terbaca nantinya. Selain itu Anda sebaiknya membaca buku panduan terlebih dahulu. Buku panduan akan diberikan pihak penyelenggara yang terus bisa Anda download. Baca buku itu secara teliti agar lebih paham mengenai setiap tahapan.

Lebih jauh, calon peserta juga wajib memperhatikan ukuran file yang akan di unggah. Penerimaan CPNS mengharuskan Anda mengupload beberapa dokumen penting seperti yang sudah di sebutkan di atas. Untuk itu perhatikan pula batas ukuran yang diwajibkan. Umumnya akan ada pembatasan ukuran dari setiap dokumen. Pastikan data yang hendak di unggah tidak melebihi batas. Misalnya pada scan KTP yang maksimal 200 kb. Pembatasan juga terjadi pada ukuran foto yang hendak digunakan. Pastikan Anda melakukan kompres file dahulu agar ukuran tidak terlalu besar.

Itu dia beberapa informasi mengenai ketentuan pendaftaran dan penerimaan CPNS. Pada intinya pendaftaran CPNS untuk periode 2020 akan tetap di selenggarakan. Hal itu di dasari dengan pernyataan langsung dari pemerintah mengingat setiap tahun terjadi kekosongan pegawai akibat ada yang pensiun. Mengenai tanggal masih perlu menunggu konfirmasi lebih lanjut mengingat untuk periode 2019 saja masih harus menyelesaikan tahapan tes kedua akibat terhalang virus covid-19. Oleh karena itu, tak salah jika Anda tetap mempersiapkan mental dan beberapa dokumen terlebih dahulu sebagai langkah antisipasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penerimaan CPNS 2020 Akan Tetap Diadakan?"

Post a Comment