Informasi Terbaru Nasib SKB CPNS 2019

Informasi Terbaru Nasib SKB CPNS 2019

Penyebaran virus corona masih menjadi masalah di Indonesia. Hampir semua sektor terkena imbas dari virus yang datang dari China ini. Beberapa jadwal pelaksanaan penting pun mengalami kemunduran jadwal entah sampai kapan. Salah satunya yakni pelaksanaan seleksi kompetisi bidang CPNS. Tahap seleksi ini merupakan lanjutan para peserta yang lolos dari tahap sebelumnya. Dahulu rencana awal seleksi lanjutan yang diselenggarakan pemerintah ini seharusnya dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2020. Namun, mengingat telah merebaknya penyebaran covid-19 membuat pelaksanaan di undur. Lalu bagaimana nasib SKB CPNS? Simak informasi terbarunya berikut ini.

Beberapa Isu dan Informasi Penting Seputar Nasib SKB CPNS

1. Batal karena covid-19?
Isu menghebohkan sempat beredar yakni tentang beredarnya berita pembatalan pelaksanaan SKB CPNS. Berita tersebut jelas membuat Anda yang lolos seleksi tahap pertama merasa was-was. Apalagi usaha untuk menembus tahap itu tidak mudah. Peserta sudah banyak berusaha dan belajar secara keras agar mampu lolos ke tahapan seleksi kompetisi bidang. Bahkan kebanyakan harus terbang ke kota besar untuk menyelesaikan ujian. Menanggapi berita beredarnya kabar pembatalan SKB, pihak BKN langsung buka suara. Pihak tersebut bahkan membantah keras berita tak bertanggung jawab demikian. Menurutnya pelaksanaan terkait nasib SKB CPNS akan tetap berjalan namun masih menunggu kondisi lebih kondusif di tengah pandemik ini.

2. Kelulusan berdasarkan hasil SKD?
Seperti yang sudah diterangkan di atas bahwa SKB CPNS merupakan tes lanjutan bagi yang lolos dari tahap seleksi yang pertama. Tahap seleksi yang pertama itu dinamakan SKD atau singkatan dari seleksi kemampuan dasar. Melihat jadwal pelaksanaan yang masih molor akibat penyebaran covid-19, beberapa isu kembali tersiar. Selain pernah diberitakan batal, berita lain juga pernah mengabarkan bahwa kelulusan akan dibuat berdasarkan hasil SKD. Dengan begitu nasib SKB CPNS dianggap tidak lagi berpengaruh. Meski begitu, Anda tidak harus menelan berita secara mentah-mentah. Sebab kabar ini kembali di bantah pihak panselnas. Menurut panitia seleksi nasional, penetapan kelulusan CPNS akan tetap memadukan bobot nilai SKD sebesar 40% serta SKB 60 %. Penetapan nilai itu masih pada peraturan Menteri PANRB Nomor 23.

3. BKN menghimbau peserta menunggu jadwal
Di tengah berbagai kabar kurang mengenakan yang beredar. Anda dituntut untuk selalu teliti dalam membaca berita. Jangan mudah terpancing berita yang tak jelas sumbernya. BKN pun telah menghimbau untuk Anda para peserta menunggu jadwal pastinya. Pelaksanaan akan tetap berlangsung tetapi masih menunggu kondisi lebih kondusif. Hal itu dianggap demi kebaikan bersama semua pihak. Jadi dapat disimpulkan bahwa nasib SKB CPNS akan tetap aman. Sembari menunggu jadwal resmi pelaksanaan, ada baiknya Anda senantiasa tetap belajar persiapan segala materi. Banyak materi harus dikuasai jika ingin lolos pada tahapan lanjutan tersebut. Manfaatkan kondisi penundaan dengan cara belajar lebih giat agar kemungkinan lolos meningkat.

4. Menunggu covid-19 reda
Penundaan tes seleksi kompetisi bidang bukan tanpa alasan. Penyebaran virus corona merupakan dalang dibalik penundaan tersebut. Covid-19 tidak memungkinkan untuk semua orang berkerumun dan hal itu sangatlah berisiko untuk semua orang. Mengingat untuk menjaga satu sama lain maka keputusan ditunda dianggap menjadi solusi bijak. Pihak BKN mengkonfirmasi bahwa pelaksanaan akan segera dilakukan bila virus corona sudah mulai reda. Jadi nasib SKB CPNS hanya mengalami penundaan sementara saja. Peserta harus tetap siap-siap sembari belajar materi seleksi agar lebih mudah saat menjawabnya kelak.

5. Pelaksanaan di tengah pandemi
Sebetulnya jadwal pelaksanaan SKB CPNS sudah sering kali di diskusikan oleh pihak terkait. Bahkan beberapa rencana sudah di kemukakan saat penyebaran virus sudah berhenti. Namun melihat hal itu tak kunjung usai, pelaksanaan di tengah situasi new normal bisa saja terjadi. Walaupun begitu pelaksanaan akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dengan demikian keselamatan peserta menjadi prioritas utama dalam penyelenggaraan.

Itulah beberapa isu dan kabar penting seputar nasib SKB CPNS. Intinya Anda harus benar-benar jeli dalam membaca berita. Jangan mudah percaya dengan berita yang tidak bersumber jelas. Pelaksanaan SKB CPNS itu sendiri hanya mengalami penundaan akibat penyebaran virus corona. Jadi Anda hanya perlu bersabar sampai penetapan jadwal sudah resmi rilis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Terbaru Nasib SKB CPNS 2019"

Post a Comment