Mengenal Lebih Dekat Dengan Tapera, Berbuah Rumah?

Mengenal Lebih Dekat Dengan Tapera, Berbuah Rumah?

Memiliki tempat tinggal yang layak merupakan impian bagi semua orang. Sayangnya untuk mewujudkan itu perlu usaha yang lebih yang dibutuhkan. Hal itu didasari dengan harga lahan dan bangunan yang kian mahal dari tahun ke tahun. Apabila Anda tidak mampu mengatur keuangan sedangkan pendapatan yang diterima rendah tentu akan kesulitan. Menyikapi permasalahan demikian, beberapa tahun belakangan pemerintah mengeluarkan program tabungan perumahan rakyat atau disingkat tapera. Kehadiran program ini diharapkan bisa menjadi solusi agar setiap lapisan masyarakat memiliki hunian yang layak.

Pengertian, Fungsi dan Syarat Dari Program Tapera

1. Pengertian tapera
Tabungan perumahan rakyat merupakan program yang telah dirancang dari tahun 2017. Program ini menjadi gebrakan agar masyarakat dengan penghasilan di bawah rata-rata tetap memiliki tempat tinggal yang nyaman. Permasalahan rumah sering kali menjadi bahasan yang mana kebanyakan dari pekerja dengan penghasilan rendah masih belum memilikinya. Nah, kehadiran tapera ini diharapkan menjadi solusi bijak agar semua insan khususnya yang masih berpenghasilan di bawah rata-rata memiliki hunian yang layak. Pada prinsipnya, Anda akan menabung sesuai dengan prosedur yang ada untuk kemudian uangnya kelak untuk membangun tempat tinggal.

2. Syarat menjadi peserta tapera
Untuk dapat mengikuti program terkini pemerintah ini bukan tanpa syarat. Anda harus memenuhi prosedur yang ada agar bisa menjadi peserta. Seperti yang telah di atur dalam undang-undang yang mana setiap warga negara Indonesia dapat mengikutinya asal telah melunasi simpanan. Jadi baik Anda sebagai pemberi kerja atau pebisnis maupun pekerja tentu bisa bergabung. Ketentuan wajib untuk menjadi peserta tapera antara lain memiliki penghasilan. Maksudnya peserta memiliki pendapatan atau pemasukan yang jelas. Selain itu ada usia minimal yang harus di penuhi yang mana paling minim berusia 18 tahun. Anda yang sudah ataupun belum menikah pun boleh ikut.

3. Fungsi mengikuti tapera
Pemerintah tentu memiliki alasan dalam membuat suatu program. Demikian pula dalam tabungan perumahan rakyat yang mana siap mewujudkan impian Anda memiliki tempat hunian murah dan layak meski berpenghasilan rendah. Setiap dana yang di tabung kelak akan digunakan untuk membangun hunian anggotanya. Lalu bagaimana bila peserta sudah memiliki rumah? Bagi Anda yang sudah memiliki tempat tinggal dana bisa di alokasikan untuk keperluan lain misalnya sebagai keperluan untuk merenovasi rumah.

Selain memiliki fungsi untuk membangun atau merenovasi rumah, tapera juga bisa dimanfaatkan untuk jaminan hari tua. Pada penerapan manfaat ini dikhususkan untuk peserta yang memiliki penghasilan di atas rata-rata. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa siapa pun bisa mengikuti program ini. Nah, ketika sudah memiliki rumah serta berpenghasilan tinggi maka setiap dana yang di tabung akan menjadi dana pensiun kelak. Uang dapat di ambil kembali kelak ketika memasuki masa pensiun.

4. Berapa iuran wajib yang harus di bebankan?
Tabungan perumahan rakyat mewajibkan setiap anggota menabung secara rutin. Untuk itu, Anda harus paham mengenai ketentuan berapa uang yang harus di tabungkan dalam suatu waktu. Peserta tidak perlu khawatir mengingat biaya yang harus di tabung sudah di atur ketat dalam undang-undang. Bisa di lihat pada pasal 17 ayat 1 UU tapera bahwa jumlah iuran yang dibebankan kepada pekerja maksimal ialah 2,5%. Sedangkan untuk pelaku usaha atau pemberi usaha harus menyisihkan sebanyak 0,5% dari penghasilan.

5. Aturan pemakaian dana tapera
Dalam proses pemakaian dana tapera ada aturan pemakaian yang harus di cermati. Perlu diketahui bahwa penggunaan dana hanya bisa dilakukan dalam satu kali pakai. Baik itu untuk membangun rumah, membeli hunian ataupun melakukan renovasi bangunan. Bagi Anda yang tergolong berpenghasilan lebih maka dana juga hanya bisa diambil ketika sudah memasuki masa pensiun saja. Hal itu sudah di atur ketat pada pasal 23 ayat 2 RUU tabungan perumahan rakyat.

Itulah beberapa informasi menarik seputar tabungan perumahan rakyat. Program tapera mempunyai manfaat yang jelas yang mana bisa menjadi solusi Anda memiliki hunian layak ataupun untuk renovasi dan dana pensiun. Maka dari itu, pemerintah berharap program ini bisa menjadi jawaban atas kesenjangan yang masih terjadi. Anda tentu dapat memanfaatkannya secara bijak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Dengan Tapera, Berbuah Rumah?"

Post a Comment