Pemerintah Resmi Melakukan Potongan Gaji PNS 2,5 Persen Per Bulan

Pemerintah Resmi Melakukan Potongan Gaji PNS 2,5 Persen Per Bulan

Wacana potongan gaji bagi pekerja khususnya PNS belum terus berhembus. Setelah menimbulkan banyak spekulasi akhirnya pemerintah resmi akan memberlakukannya. Namun, perlu diketahui bahwa pendapatan yang mengalami pemotongan bukan akan hilang begitu saja. Dana itu akan di setorkan ke dalam program pemerintah yakni bernama tabungan perumahan rakyat atau tapera. Dalam penerapannya, dana itu ibarat akan menjadi tabungan penting untuk setiap peserta di masa depan kelak.

Informasi Terbaru Seputar Pemotongan Gaji PNS

1. Ketentuan besarnya potongan gaji
Pada penerapannya tahapan potongan gaji akan dilakukan secara bertahap. Artinya semua pekerja tetap akan diwajibkan mulai dari TNI, Polri, PNS, ANS, BUMD, BUMN dan para karyawan swasta. Setiap ketentuan telah di atur dalam Undang-undang sehingga akan jelas dan tidak menimbulkan kontroversi. Mengenai besaran pungutan itu sendiri sudah diberlakukan secara  jelas. Misalnya untuk para pekerja maka akan dikenakan pemotongan pendapatan sebanyak 2,5 persen dari penghasilan selama sebulan. Sedangkan bagi pemberi kerja akan dikenakan biaya pemotongan yang jauh lebih rendah yakni senilai 0,5 persen.

2. Jalin banyak kerja sama
Mengingat tanggung jawab besar yang harus ditanggung maka pemerintah tak pernah main-main dalam penerapan program ini. Bisa dilihat dari jalinan kerja sama saja banyak dilakukan. Misalnya dengan bank kustodian yang akan dijadikan mitra tepercaya sebagai tempat investasi. Kustodian juga telah siap dalam menunjang segala kenyamanan, keamanan dan infrastruktur. Jadi Anda jangan khawatir sebab dana akan aman. Lagi pula OJK akan terus melakukan pemantauan dengan ketat dalam segala operasional.

3. Kapan potongan gaji akan di mulai?
Setelah berbagai berita berhembus mengenai potongan gaji PNS. Kini akhirnya berita pemotongan itu sudah terbukti akan diadakan. Hal itu setelah presiden secara resmi menyetujui. Nah mengenai mulai kapan pemotongan penghasilan akan diberlakukan setidaknya sudah ada gambaran jelas yang sudah ditentukan pemerintah. Pemotongan dana pendapatan akan dilakukan secara bertahap. 1 Januari 2021 akan menjadi awal tapera memungut dana. PNS dan ASN akan menjadi pihak pertama yang harus menerima potongan tersebut. Kemudian akan bertahap dengan berbagai golongan pekerja lain bahkan untuk yang berpenghasilan di bawah rata-rata.

4. Hasil pemotongan dana untuk beli rumah?
Potongan gaji PNS itu sendiri akan disetorkan kepada tapera. Tapera merupakan tabungan perumahan rakyat yang mana tujuan program ini dikhususkan memutus kesenjangan yang terjadi. Kesenjangan yang dimaksud ialah yang mana masih banyak golongan khususnya yang berpenghasilan rendah belum memiliki tempat tinggal. Untuk itu bagi yang masih tergolong demikian maka dana akan di alokasikan untuk membeli atau membangun tempat hunian. Selain itu, untuk Anda yang sudah memiliki tempat tinggal bisa digunakan untuk keperluan lain seperti melakukan renovasi bangunan.

5. Bagaimana jika sudah memiliki rumah layak huni?
Prinsip utama dari program tapera ialah gotong royong mengatasi kesenjangan. Artinya tujuan utamanya agar semua pihak memiliki tempat tinggal layak huni. Pemerintah menyadari bahwa dana akan terbatas sehingga perlu prinsip gotong royong yang diemban. Meski begitu untuk Anda yang sudah mempunyai rumah layak huni jangan khawatir. Jaminan potongan gaji akan kembali sudah pasti diberlakukan. Namun dana pemotongan itu hanya bisa diambil ketika Anda sudah memasuki masa pensiun. Oleh karena itu, dana ini ibarat akan menjadi investasi untuk masa tua.

6. Tujuan potongan gaji diberlakukan
Pemerintah tentu memiliki tujuan yang jelas perihal masalah pemotongan penghasilan ini. Program ini merupakan bentuk jangka panjang agar kesejahteraan setiap lapisan bisa di dapatkan. Hal itu bisa di lihat dari tujuan utama yang diberlakukan program ini yakni agar menjadi pembiayaan bagi masyarakat MBR memiliki tempat tinggal yang layak dan murah. Sedangkan untuk yang memiliki gaji lebih bisa digunakan untuk biaya renovasi ataupun diambil sebagai jaminan masa tua.

Itulah informasi terbaru mengenai potongan gaji PNS. Intinya pemotongan penghasilan sudah diperhitungkan secara matang. Jadi Anda jangan khawatir mengenai hal itu. Bisa dibilang program ini merupakan pemerataan agar masyarakat khususnya yang berpenghasilan di bawah rata-rata tetap memiliki hunian yang layak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemerintah Resmi Melakukan Potongan Gaji PNS 2,5 Persen Per Bulan"

Post a Comment