Gaji Kepala Sekolah SD Negeri Beserta Tunjangannya

Gaji Kepala Sekolah SD Negeri Beserta Tunjangannya

Gaji seorang pemimpin dengan golongan di bawahnya tentu tidaklah sama jumlahnya. Salah satunya adalah perbedaan gaji kepala sekolah SD negeri. Gaji yang dibayarkan oleh negara ini memang perlu diawasi agar tidak sia-sia. Banyak pegawai negeri khususnya yang mengabdi di dunia pendidikan menginginkan posisi menjadi kepala sekolah. Hal itu bertambah dengan kewenangan yang dimiliki oleh seorang kepala sekolah. Semua dana yang masuk biasanya melalui kepala sekolah dan diketahui oleh bagian bendahara. Dana masuk yang besar wajib diketahui oleh bagian di bawahnya seperti guru agar dapat diawasi secara bersama-sama. Pengawasan penting dilakukan untuk menghindari penyelewengan dan untuk memperlancar tujuan dari dana tersebut agar tersalur dengan baik.

Tunjangan Hingga Gaji Kepala Sekolah SD Negeri

Dana sekolah dari pihak luar yang masuk melalui kepala sekolah antara lain adalah dana bantuan sekolah atau BOS yang jumlahnya sudah pasti besar karena dari pemerintah pusat. Selain itu, dana dari pemerintah daerah untuk sebuah sekolah juga melalui seorang kepala sekolah. Besarnya jumlah bantuan terkadang dapat menggoda meskipun gaji kepala sekolah SD negeri sudah lebih banyak dari pada gaji guru di bawahnya. Gaji antara guru dan kepala sekolah bisa saja sama jika memang status golongan kepegawaian adalah sama. Namun kebanyakan golongan kepegawaian seorang guru lebih rendah dari kepala sekolah. Rata-rata gaji seorang guru SD adalah sekitar 2,5 juta lebih setiap bulannya.

Jika seorang kepala sekolah memiliki golongan kepegawaian di golongan IV gaji pokoknya saja bisa mencapai 3,195 juta rupiah. Ditambah dengan tunjangan lain seperti contohnya TKD atau tunjangan kinerja daerah seorang kepala sekolah yang menembus jumlah 5 juta. Tidak mustahil jika ada gaji kepala sekolah SD negeri yang jumlah totalnya dapat hingga belasan juta per bulannya. Akumulasi sebesar itu berasal dari tunjangan lain yakni tunjangan sertifikasi. Tunjangan sertifikasi bagi kepala sekolah adalah sebanyak gaji pokok yang telah ditetapkan. Berbagai tunjangan yang diberikan kepada kepala sekolah jika dibandingkan dengan guru maka perbandingannya adalah 1:1,3. Dihitung dengan angka, tunjangan kepala sekolah dengan guru berkisar antara 1 juta hingga 1,2 juta.

Gaji kepala sekolah SD negeri yang berada di kota besar dengan desa kecil tentu tidaklah sama. Pada kota besar tunjangan yang diberikan bisa lebih besar, tunjangan tersebut berlaku untuk tunjangan yang berasal dari pemerintah daerah bukan dari pusat. Beberapa honor untuk kondisi tertentu juga menambah jumlah penghasilan seorang kepala sekolah. Contoh saja kota Jakarta yang memberikan gaji dan berbagai tunjangan untuk kepala sekolah tingkat SD yang terhitung hingga 12 juta. Terlebih lagi PNS yang memiliki sistem gaji bulan ke tiga belas. Maka gaji setiap tahun yang diterima sangatlah banyak. Namun gaji yang banyak juga belum tentu dapat mengurangi penyalahgunaan dan belum tentu mampu meningkatkan kualitas pelayanannya.

Jika dulu mungkin tunjangan diberikan dalam bentuk kebutuhan sehari-hari maka kini berubah menjadi uang yang digabungkan dengan gaji pokok. Perubahan itu sebaiknya bermanfaat bagi penerimanya. Sekarang gaji kepala sekolah SD negeri yang sudah besar disarankan dibarengi dengan kemauan dan tekad untuk benar-benar memajukan kualitas pendidikan dan kualitas sumber daya manusia khususnya pelajar. Hal tersebut tentu selaras dengan julukan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Artinya pengeluaran negara untuk gaji kepala sekolah dan pengajar dapat dikembalikan dengan lahirnya pelajar yang cerdas dan berkepribadian sesuai yang sedang dibutuhkan negara. Semakin banyaknya generasi emas yang memiliki otak pintar sangat berarti untuk membangun negeri.

Tunjangan dan gaji pokok yang didapatkan oleh sebagai gaji kepala sekolah SD negeri, selain untuk kebutuhan pribadi alangkah lebih baik lagi jika sebagian digunakan untuk peningkatan kapasitas kemampuannya. Sebagai contoh seorang kepala sekolah harus terus belajar untuk menjadi pemimpin yang bisa mengatur dengan baik sebuah sistem pembelajaran di sekolah. Kepala sekolah juga harus dapat memimpin guru di bawahnya untuk dapat memberikan pelajaran dengan cara yang tepat. Memimpin sekolah tidak hanya bertanggung jawab terhadap manusianya saja akan tetapi lingkungan sekolahnya juga. Kepala sekolah sepatutnya dapat mengatur lingkungan sekolah agar menjadi tempat yang nyaman untuk belajar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gaji Kepala Sekolah SD Negeri Beserta Tunjangannya"

Post a Comment