Gaji Pensiun PNS Dibayar Sekaligus Mulai 2017

Gaji Pensiun PNS Dibayar Sekaligus Mulai 2017

Baru-baru ini tersiar kabar bahwa gaji pensiun PNS dibayar sekaligus mulai tahun 2017 ini. Banyak yang menanggapi santai dan serius tentang desas-desus tersebut. Menjadi seorang pegawai negeri sipil memang merupakan impian kebanyakan orang di tanah air karena memang kesejahteraannya akan terjamin. Meskipun di setiap golongan berbeda-beda gajinya tetapi nyatanya setiap PNS selalu memiliki tunjangan dan bonus yang rata-rata besar belum ditambah lagi dengan jatah uang makan. Lalu apakah kabar tersebut itu benar adanya?

Pembahasan Seputar Gaji Pensiun PNS Dibayar Sekaligus

Kabar terbaru yang sedang ramai diperbincangkan oleh kalangan PNS adalah adanya berita tentang gaji pensiun PNS dibayar sekaligus dan peraturan tersebut akan dimulai tahun 2017 ini. Tetapi tahukah Anda? Hal itu ternyata baru wacana pemerintah saja karena keputusan belum final. Masih banyak lagi yang harus dikaji dan dipertimbangkan untuk langsung membayarkan gaji pensiun sekaligus. Namun ada juga kabar yang menyebutkan bahwa PNS golongan tertentu saja yang akan mendapatkan kebijakan seperti itu.

Profesi sebagai pegawai negeri sipil di tanah air memang banyak sekali peminatnya. Selain diiming-imingi dengan gaji pokok yang besar, tunjangan, bonus serta uang jatah makan pun akan dikantongi mereka. Tak heran bila minat masyarakat begitu besar untuk menjadi seorang PNS. Tetapi menengok kinerja mereka beberapa tahun terakhir ini terbilang tidak memuaskan. Di Jakarta sendiri banyak PNS yang diberi peringatan karena kinerja mereka tidak baik. Hal itulah yang menjadikan presiden Jokowi mencanangkan moratorium sejak tahun 2015 hingga sekarang ini.

Moratorium tersebut memang terbilang berefek positif karena kinerja para pegawai pemerintahan saat ini sudah berangsur-angsur baik. Dulunya mereka hanya duduk diam tanpa bekerja tetapi tetap digaji utuh oleh pemerintah. Berbeda dengan sekarang, apabila ada seorang PNS yang kedapatan tidak bekerja dengan baik maka bisa status PNS nya akan dicopot. Kembali pada pembahasan tentang gaji pensiun PNS dibayar sekaligus, menteri keuangan pun sangat menyetujuinya karena selama ini pembayaran gaji pensiun setiap bulan dinilai kurang efektif. Namun hal ini juga perlu dikaji ulang mengingat setiap tahunnya banyak PNS yang sudah masuk usia pensiun.

Setiap golongan pun nantinya gaji pensiun yang diberikan sekaligus itu jumlahnya berbeda-beda. PNS golongan I dan II rencana akan diberi uang pesangon sebesar Rp 500 juta kemudian PNS golongan III nantinya akan mendapatkan dana sebesar Rp 1 milyar dan PNS golongan IV mendapatkan uang saku sebesar Rp 1,5 milyar. Jumlah tersebut memang begitu fantastis dan sebagian para pegawai negeri sipil sangat menginginkan peraturan gaji pensiun PNS dibayar sekaligus tersebut. Namun ada juga beberapa pemerintah yang tidak menyetujui aturan tersebut karena akan membutuhkan dana APBN banyak.

Hal tersebut nantinya akan membuat pemerintah harus mengeluarkan dana yang banyak hanya untuk memberikan uang pesangon bagi PNS yang memasuki usia pensiun. Oleh karena itu saat ini peraturan tersebut masih terus dikaji apakah hal itu efektif atau tidak. Bagi para PNS yang setuju dengan peraturan itu tentunya ini merupakan sebuah angin segar, mengapa? Karena nantinya mereka bisa menginvestasikan uang pensiun tersebut untuk hal penting. Namun perlu Anda ketahui, dana pensiun para PNS mulai tahun ini tidak lagi diambilkan dari dana APBN karena kementrian keuangan merasa terbebani dengan pembayaran gaji pensiun tersebut. Nantinya uang pensiun menjadi tanggung jawab dari pemberi kerja. Misalnya seorang pegawai kemensos maka yang wajib memberikan uang pesangon nantinya adalah dari kemensos.

Wacana tersebut tentunya masih terus dikaji ulang karena akan melibatkan banyak pihak nantinya. Namun satu hal yang harus dijalani oleh para pegawai pemerintahan tersebut adalah meningkatkan kinerja yang baik karena apabila kerja mereka tidak baik maka PNS bisa jadi akan dicopot statusnya atau golongannya akan diturunkan. Oleh karena itu, para pegawai negeri sipil sekarang dilarang seenaknya sendiri dalam melayani masyarakat supaya status mereka tidak dicopot. Kabar tentang gaji pensiun PNS dibayar sekaligus di tahun 2017 ini masih dalam tahap wacana, belum ada peraturan resmi dari pemerintah.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Gaji Pensiun PNS Dibayar Sekaligus Mulai 2017"

  1. Sbg pensiunan pns tentu menyambut baik wacana tsb bila itu sungguh direalisasi. Bukan cuma berita palsu belaka. Heran, mengapa sjk penguasa negeri ini dipimpin oleh jagonya PDIP mulai dari ibu Megawati n pak Jokowi kok blm pernah menaikkan gaji PNS/Pensiunan.

    ReplyDelete