Tambahan Insentif Guru Honorer SD dan SMP akan Dibagikan

Tambahan Insentif Guru Honorer SD dan SMP akan Dibagikan

Kabar gembira bagi para guru honorer di Makassar, Sulawesi Selatan. Perjuangan mereka sebagai guru non PNS akan segera membuahkan hasil lewat adanya insentif guru honorer SD dan SMP. Insentif tersebut akan dibagikan per bulan. Selama ini, gaji bulanan para guru memang bisa dibilang masih kurang untuk membiayai kebutuhan sehari-hari mereka. Kabar akan adanya gaji insentif ini jelas membuat para guru bisa bernafas lega.

Kriteria guru honorer yang akan menerima insentif adalah mereka yang jam mengajarnya minimal 24 jam per minggunya. Untuk guru honorer yang beban mengajarnya belum mencapai 24 jam per minggu belum bisa mendapatkan insentif. Insentif ini merupakan pengganti tunjangan fungsional yang sudah tidak berlaku lagi. Masih ada beberapa persyaratan lain yang harus diurus jika ingin mendapatkan dana insentif ini.

Selain beban mengajar yang wajib mencapai 24 jam per minggu, guru honorer juga mengantongi SK dari Wali Kota. Selama ini, tenaga pendidik non-PNS banyak yang belum mengantongi SK dari Wali Kota. Mereka hanya mengantongi SK tenaga pendidik dari kepala sekolah atau dinas pendidikan. Oleh karena itu, agar bisa mendapatkan gaji insentif, guru honorer yang belum mendapatkan SK wali kota harus segera mengurusnya.

Setelah mendapatkan SK dari wali kota, guru honorer bisa segera mengurus tunjangan, insentif, dan yang lainnya. Mereka kemudian akan mendapatkan nomor NUPTK atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Setelah semua persyaratannya selesai, para guru honorer ini bisa akan mendapatkan gaji insentif seperti yang mereka harapkan.

Pemerintah Provinsi Makassar telah menghentikan program pendidikan gratis dan menggantinya menggunakan dana sharing (60% dari Pemkot dan 40% dari Pemprov). Alokasi dana tersebut akan diberikan sebagai dana insentif guru honorer SD dan SMP. Menurut data dari Pemerintah Kota, ada sebanyak 1.800 guru honorer yang mengajar di tingkat SD dan SMP. Gaji insentif ini diberikan kepada semua guru honorer agar mereka dapat mengurus proses sertifikasi. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto sangat mendukung adanya program insentif bagi para guru honorer tingkat SD dan SMP.

Di sisi lain, Ismundar, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar mengatakan bahwa guru honorer setiap tahunnya akan terus bertambah. Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh banyaknya guru PNS yang sudah pensiun. Sementara untuk mengangkat PNS tidak bisa dilakukan setiap waktu akibat adanya moratorium PNS. Sekolah yang kekurangan guru tidak memiliki pilihan lain selain mengangkat guru honorer. Lalu, yang menjadi masalah adalah para guru honorer tidak mendapatkan tunjangan sertifikasi karena memang mereka bukanlah guru PNS. Selain itu, SK yang mereka miliki hanya SK dari kepala sekolah masing-masing. Oleh karena itu, gaji insentif menjadi semacam pengganti tunjangan sertivikasi. Dengan dana ini, diharapkan para guru honorer bisa mengurus proses sertifikasi.

Wali Kota Makassar juga mengatakan bahwa SK untuk guru honorer SD dan SMP akan segera diterbitkan. Lalu, terkait nominal besaran insentif yang akan diberikan kepada pada guru honorer SD dan SMP, Pemerintah Kota masih melakukan perhitungan sambil menanti pembahasan APBD perubahan untuk tahun 2017. Pasalnya, pada APBD yang sudah dibentuk tahun 2017 ini, belum dianggarkan anggaran insentif guru honorer SD dan SMP.

Dengan adanya program gaji insentif guru honorer SD dan SMP, kesejahteraan hidup para guru diharapkan akan meningkat. Guru memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Baktinya kepada bangsa dan negara layak untuk mendapatkan apresiasi lebih baik. Insentif guru hanyalah salah satu bentuk apresiasi kecil untuk para pahlawan tanpa tanda jasa yang ada di Indonesia.

Selain memberikan insentif, Kemendikbud juga akan memberikan pelatihan bagi para guru swasta. Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kapasitas para guru honorer. Dengan program-program semacam ini, kualitas guru honorer bisa setara dengan guru yang sudah PNS.

Demikianlah kabar gembira yang diharapkan dapat mencerahkan hari-hari para guru honorer. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bapak/Ibu Guru Honorer yang berada di Makassar. Kita nantikan saja realisasi program insentif guru honorer SD dan SMP.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tambahan Insentif Guru Honorer SD dan SMP akan Dibagikan"

Post a Comment