Ini keuntungan Mengikuti Sertifikasi Guru Tahun 2018

Ini keuntungan Mengikuti Sertifikasi Guru Tahun 2018

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, begitulah pribahasa yang banyak dikenal. Tentunya untuk mewujudkan guru yang profesional dan berkualitas sesuai standar kompetensi yang diperlukan, maka seorang guru atau calon guru harus mengikuti sertifikasi guru melalui program Pendidikan Profesi Guru khususnya yang di adakan pada tahun 2018. Berikut ini, akan diulas mengenai keuntungan mengikuti sertifikasi guru tahun 2018 pada ulasan di bawah ini.

Keuntungan Mengikuti Sertifikasi Guru Melalui Program Pendidikan Profesi Guru

Tujuan pelaksanaan sertifikasi guru adalah penentu kelayakan seorang guru yang bermartabat, mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional, serta mampu meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Landasan hukum dari program sertifikasi guru adalah Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2017 tentang guru sebagai perubahan dari Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008. Program Pendidikan Profesi Guru dilaksanakan oleh perguruan tinggi yang mengadakan program pengadaan pendidik dan tenaga pendidik yang telah memenuhi persyaratan dan izin dari menristekdikti. Berikut adalah keuntungan mengikuti sertifikasi guru tahun 2018 melalui program Pendidikan Profesi Guru antara lain sebagai berikut:

1. Memiliki gelar S.PD, Gr seusai mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru.
Titel GR yang diperoleh seorang guru seusai mengikuti Pendidikan Profesi Guru mengisyaratkan profesionalitas dari sang pendidik. Sedangkan singkatan dari Titel GR itu sendiri adalah Guru Profesional yang menunjukkan kualitas dari seorang guru sesuai kompetensi pendidikan nasional.

2. Memperoleh tunjangan sertifikasi.
Semua guru pasti menginginkan kehidupan yang layak, karena itulah banyak guru yang ingin mengikuti sertifikasi guru tahun 2018 agar mampu menjadi tenaga pendidik profesional. Melalui program Pendidikan Profesi Guru inilah, peserta yang mengikutinya akan mendapatkan sertifikat pendidik, sehingga akan mendapatkan tunjangan dari pemerintah sebagai bentuk penghargaan dari profesionalitas mereka. Mengingat saat ini masih banyak guru-guru di Indonesia yang kehidupannya kurang sejahtera, maka kehadiran program Pendidikan Profesi Guru ini diharapkan mampu mewujudkan kesejahteraan guru yang mengenyam julukan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

3. Mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan profesi guna meningkatkan kompetensi.
Pendidikan Profesi Guru juga memberikan kesempatan pada calon peserta dengan bidang studi berbeda, namun memiliki bakat mengajar untuk menjadi seorang guru profesional. Namun, bagi calon peserta yang mengenyam bidang studi selain pendidikan, maka syaratnya adalah program studi yang ditempuh harus linier dengan daftar bidang studi yang dapat mengikuti Program Profesi Guru. Tentunya, program Pendidikan Profesi Guru memberikan angin segar bagi siapa saja yang ingin mengikuti sertifikasi guru tahun 2018 sekaligus meningkatkan kompetensi bidang studi agar dapat menjadi seorang guru profesional.

4. Sertifikat hasil Program Pendidikan Profesi Guru dapat digunakan untuk mendaftar menjadi Guru Garis depan.
Selain mendapatkan sertifikasi guru tahun 2018, mengikuti Pendidikan Profesi Guru juga berpeluang dapat mendaftar menjadi Guru Garis Depan. Hal ini merupakan keuntungan yang luar biasa bagi peserta program Pendidikan Profesi Guru karena sertifikatnya dapat digunakan untuk mendaftar pada program  Guru Garis depan yang menjadi primadona bagi sebagian guru karena gaji yang diperoleh lebih menjanjikan.

5. Menambah banyak relasi.
Mengikuti sertifikasi guru tahun 2018 melalui Pendidikan Profesi Guru akan semakin menambah relasi guru, karena akan bertemu banyak kenalan yang kedepanya dapat diajak kerja sama atau bertukar pikiran mengenai pendidikan. Tentunya banyak keuntungan serta manfaat yang dapat dirasakan setelah mengikuti sertifikasi guru melalui program Pendidikan Profesi Guru, baik peningkatan kompetensi, hingga memperoleh banyak relasi sebagai penyambung tali silaturahim bagi setiap peserta.

Selain banyak keuntungan yang dapat dirasakan, mengikuti sertifikasi pendidik  melalui program Pendidikan Profesi Guru memiliki persyaratan yang telah ditetapkan yakni sebagai berikut:
  1. Memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau D-IV dari program studi terakreditasi, kecuali PGSD dan PGPAUD;
  2. Mengajar di satuan pendidikan binaan Kementrian Pendidikan Nasional;
  3. Guru PNS  yang mengajar di satuan pendidikan Pemerintah Daerah, atau guru yang mengajar  di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat;
  4. Guru bukan PNS yang berstatus guru tetap yayasan, atau guru yang mengajar pada satuan pendidikan negeri yang memiliki surat keputusan Pemerintah daerah;
  5. Memiliki nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
  6. Memiliki masa kerja sebagai guru minimal 5 tahun;
  7. Bersedia mengikuti kegiatan pendidikan sesuai peraturan yang ada serta mendapatkan izin belajar  dari kepala sekolah dan pemerintah daerah;
  8. Memiliki surat keterangan berbadan sehat dari dokter;
  9. Memiliki surat keterangan bebas napza dari instansi berwenang.

Setelah persyaratan dapat terpenuhi, peserta dapat mengikuti seleksi akademik yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi pelaksana seleksi program Pendidikan Profesi guru. Demikianlah ulasan mengenai keuntungan mengikuti sertifikasi guru tahun 2018, semoga artikel ini bermanfaat dan semoga dengan adanya sertifikasi pendidik akan semakin meningkatkan kualitas serta kompetensi  pendidikan Indonesia semakin baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini keuntungan Mengikuti Sertifikasi Guru Tahun 2018"

Post a Comment