Formasi CPNS Kemenkumham Tahun 2017

Formasi CPNS Kemenkumham Tahun 2017

Ada berbagai alasan mengapa banyak orang berlomba memperebutkan kursi PNS. Salah satunya adalah karena PNS  merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan. Betapa tidak, seorang PNS takkan mendapat PHK dari atasan kecuali ada kesalahan tak termaafkan yang dilakukan. Tak hanya itu saja, menjadi PNS bisa menghasilkan gaji tetap yang lebih dari cukup. Gaji pokok dan tunjangan yang didapat bisa naik sesuai dengan pangkat/golongan yang dimiliki. Saat ini, info formasi  CPNS Kemenkumham sedang ramai menjadi perbincangan. Lowongan di instansi ini cukup banyak membuka lowongan sehingga para lulusan SLTA hingga Dokter Spesialis banyak yang menantikannya.

Formasi CPNS Kemenkumham yang Harus Diketahui

Berita mengenai penerimaan CPNS di lingkungan kemenkumham sedang marak dibicarakan. Bahkan pemberitaan ini telah menyebar dari media sosial hingga berita di televisi. Dengan akses teknologi yang tanpa batas, hanya dengan hitungan detik saja telah banyak orang yang mengetahuinya. Meskipun demikian, tak semua orang memahami secara detail persyaratan, tata cara, maupun formasi CPNS kemenkumham. Kurangnya pengetahuan ini berlandaskan beberapa alasan yaitu mulai dari sulitnya akses telekomunikasi hingga informasi yang didapat memang kurang lengkap.

Secara umum, lowongan di Kemenkumham terbagi menjadi 3 kualifikasi yaitu lulusan SLTA, DIII, dan S1/Dokter Umum/Dokter Spesialis. Terdapat 21 jabatan CPNS yang dikhususkan bagi kualifikasi pendidikan tertentu. Sebagai contoh, jabatan Pemeriksa Merek Pertama bisa dilamar oleh lulusan S1 Hukum/Manajemen/Teknik/Humaniora/Farmasi. Bagi Anda yang lulusan S1 di luar bidang tersebut tak bisa mendaftar dan bisa melihat lowongan jabatan lainnya.

Formasi CPNS Kemenkumham di beberapa Jabatan tertentu terbagi atas 2 kuota yaitu kuota pria dan wanita. Jadi, para pelamar yang mendaftar untuk jabatan dengan formasi pemisahan kuota ini akan bersaing dengan saingan sesama gender. Salah satu jabatan yang menggunakan sistem ini yaitu Analisis Keimigrasian Pertama dengan kuota Umum pada pria sebesar 1799 kursi dan wanita 250. Tak hanya itu, posisi ini pun memberikan keistimewaan sebanyak 229 untuk pelamar yang cumlaude. Untuk cumlaude ini tak dibatasi dengan gender sehingga baik laki-laki maupun perempuan bisa mencoba mendaftar jabatan ini.
Formasi CPNS Kemenkumham 2017
Pengumuman Resmi CPNS KEMENKUMHAM 2017 (Hal. 1). Klik untuk perbesar.

Formasi CPNS Kemenkumham 2017
Pengumuman Resmi CPNS KEMENKUMHAM 2017 (Hal. 2). Klik untuk perbesar.

Formasi CPNS Kemenkumham 2017
Pengumuman Resmi CPNS KEMENKUMHAM 2017 (Hal. 3). Klik untuk perbesar.

Formasi tahun ini cukup banyak untuk pelamar dari berbagai jurusan. Bahkan, tersedia lowongan untuk lulusan SLTA sederajat yaitu untuk posisi Penjaga Tahanan. Jabatan Penjaga Tahanan ini tersedia untuk umum sebanyak 13.720 kursi dan 280 untuk Putra/Putri asal Papua dan Papua Barat. Tak hanya lulusan S1 dan DIII saja, Dokter pun bisa melamar yaitu posisi Dokter Umum. Jabatan ini tersedia sejumlah 33 kursi dan jika diterima harus bersedia jika ditempatkan di seluruh Indonesia. Formasi CPNS Kemenkumham ini pun menyediakan kursi kosong satu kursi untuk pelamar Disabilitas sebagai Analisis Perlindungan Hak-hak Sipil dan Hak Asasi Manusia.

Secara keseluruhan, CPNS di Kemenkumham membuka lowongan sebanyak 17.526 kursi yang terbagi menjadi beberapa kategori. Sebanyak 14000 merupakan SLTA, 1 Disabilitas, Cumlaude 346, Putra/Putri Papua 280 kursi dan Umum sebanyak 2899 kursi. Bagi yang berasal dari Papua Barat, posisi yang ditawarkan tak berdasarkan pada kuota wanita ataupun pria. Harus ada garis keturunan yang sah dari Bapak yang asalnya dari Papua dan pelamar telah menamatkan sekolah di sana. Hal ini membutuhkan surat keterangan dari pihak kelurahan yang menyatakan Anda benar-benar warga Papua/Papua Barat.

Seorang pelamar dinyatakan sebagai Disabilitas apabila ia berkebutuhan khusus. Pelamar Disabilitas yang diterima sesuai persyaratan adalah yang mampu berdiskusi, menyampaikan pendapat, maupun mengetik. Lalu bagaimana dengan pelamar Cumalude? Hal ini dapat Anda buktikan dengan nilai Ijazah atau Transkrip yang menerangkan Bahwa IPK Anda mendapat pujian atau nilai A. Seseorang dikatakan IPKnya cumlaude jika nilai IPKnya minimal 3,51.

Di formasi CPNS Kemenkumham terdapat kategori Umum yang mana berarti Anda tak termasuk dalam Cumlaude/Disabilitas/Putra Papua. Nah, itulah beberapa informasi penting yang wajib Anda ketahui tentang Kemenkumham. Pemerintah berencana melaksanakan pendaftaran CPNS ini mulai 1 Agustus 2017. Jika ingin mendaftar, pastikan Anda mengetahui syarat-syarat umum maupun khusus sebelum pendaftaran dibuka. Semoga info CPNS ini bis bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Formasi CPNS Kemenkumham Tahun 2017"

Post a Comment