Website Info GTK 2017, Inovasi Baru yang Memudahkan Para Pengajar

Website Info GTK 2017, Inovasi Baru yang Memudahkan Para Pengajar

Menjadi pengajar adalah sebuah pekerjaan yang mulia. Dengan menjadi pengajar bisa menuntun generasi masa depan Indonesia agar lebih baik sehingga kelak bisa memajukan bangsanya. Untuk memajukan sebuah bangsa, faktor utama yang harus dikembangkan adalah pendidikan. Oleh karena itu, para pengajar di Indonesia juga harus meningkatkan kemampuan dan kualifikasi untuk menjadi guru yang berkualitas dan profesional. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebagai lembaga yang menaungi para pengajar juga turut berupaya dalam pengembangan kualitas pengajar di Indonesia. Oleh karena itulah Ditjen GTK saat ini sudah memudahkan para pengajar dalam mencari informasi tentang guru dan tenaga pengajar dengan membuka sebuah website info GTK 2017 yang secara resmi dirilis oleh Ditjen GTK secara langsung.

Berbagai Info Guru dan Pendidik dalam Satu Website Info GTK 2017

Layaknya sebuah website yang dirilis langsung oleh pemerintah, perilisan website ini juga bukannya tanpa tujuan. Ada banyak fungsi dan tujuan dibuatnya website info GTK 2017 ini. Fungsi pertama dibentuknya website ini adalah untuk memberikan informasi dan sinkronisasi dari aplikasi dapodikdas yang sudah diinput oleh guru sebelumnya. Informasi-informasi yang meliputi validitas data pribadi, instansi mengajar, jumlah jam mengajar serta bisa juga mengecek tunjangan guru. Dengan website ini  para pengajar dan guru bisa memperoleh dan melakukan validitas informasi data pribadi lebih efektif.

Fungsi selanjutnya dari website info GTK 2017 ini adalah untuk mengecek info Ujian Kompetensi Guru (UKG). Ujian Kompetensi Guru ini adalah ujian yang wajib dilaksanakan oleh guru untuk mendapatkan sertifikasi. Sertifikasi ini adalah sebuah jaminan kesejahteraan yang akan diterima oleh guru apabila sudah memenuhi dan lolos dari Ujian Kualifikasi Guru yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan Indonesia. Di dalam website info Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) ini, para guru calon peserta Ujian Kualifikasi Guru (UKG) bisa mengetahui nomor peserta ujiannya, jadwal ujian serta pelaksanaan ujian. Dengan begitu, para pengajar bisa memiliki waktu yang lebih efektif dalam mempersiapkan Ujian Kualifikasi Guru (UKG).

Ada beberapa link yang telah disediakan oleh Ditjen GTK yang bisa diakses oleh para guru dan pengajar untuk bisa mendapatkan info GTK 2017. Link yang diberikan akan menuntun Anda ke halaman awal website info GTK. Yang mana pada halaman awal tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password sebagai akses awal untuk masuk ke dalam website tersebut. Untuk username Anda harus memasukkan NUPTK/NRG/NIK serta tanggal lahir Anda sebagai passwordnya. Urutannya adalah tahun lahir, bulan dan tanggal lahir yang ditulis tanpa spasi dan tanda pemisah lainnya. Selanjutnya, Anda harus memasukkan kode captcha yang disediakan. Kode captcha ini adalah kode akses yang berfungsi untuk mengkonfirmasikan pada sistem bahwa Anda adalah manusia atau orang yang memiliki akses.

Setelah tahap-tahap tersebut sudah Anda lalui, maka kini Anda sudah masuk ke dalam website info GTK. Namun apabila setelah melakukan proses tersebut Anda masih belum bisa masuk ke website info GTK, maka Anda bisa kembali ke beranda website. Cobalah lakukan langkah di atas sekali lagi dan pastikan username dan password yang Anda masukkan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Hal ini karena website ini sudah didesain untuk secara otomatis membaca informasi akses yang Anda masukkan. Karena itulah Anda harus cermat dalam mengisi kode akses Anda. Setelah Anda berhasil masuk, maka disini Anda bisa melihat data pribadi Anda mulai dari data diri hingga riwayat mengajar. Serta apabila Anda telah mendaftar untuk mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG), di dalam website ini juga akan ditampilkan tentang nomor UKG Anda, jadwal ujian dan lokasi ujian.

Sebagai sebuah inovasi baru yang diciptakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, info GTK 2017 ini dianggap sangat efektif untuk para guru. Selain untuk melakukan validasi data diri, melihat nomor, jadwal dan lokasi Ujian Kompetensi untuk guru, website ini juga membantu para guru untuk mendapatkan informasi tentang tunjangan guru yang diperoleh. Dengan adanya website ini, akan sangat membantu guru dalam efektivitas waktu, karena para guru tidak perlu mengorbankan waktu mengajar untuk melakukan pengecekan informasi kependidikan yang diperlukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Website Info GTK 2017, Inovasi Baru yang Memudahkan Para Pengajar"

Post a Comment