Inilah 5 Cara Cek Saldo BPJS Paling Mudah

Bagaimana Cara Cek Saldo BPJS?

Program BPJS tidak hanya memberikan manfaat perlindungan kesehatan bagi berbagai lapisan masyarakat saja. Mereka yang merupakan pekerja aktif juga bisa mendapatkan manfaat perlindungan hari tua dengan mengikuti iuran program BPJS Ketenagakerjaan. Seperti program perlindungan kesehatan, program ini sendiri juga menetapkan iuran melalui pemotongan gaji atau pendapatan setiap bulannya. Akumulasi dari iuran yang dikumpulkan itulah yang nantinya bisa dibayarkan ketika pegawai tersebut melalui syarat kondisi tertentu. Namun, tahukah Anda bahwa setiap waktunya saldo BPJS tersebut bisa dicek? Informasi berikut ini mengulas beberapa cara cek saldo bpjs untuk Anda.

Beberapa Cara Cek Saldo BPJS

Ada beberapa cara cek saldo bpjs yang bisa Anda lakukan tanpa harus repot-repot datang ke kantor BPJS. Beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Pengecekan Online ke website BPJS

Cara yang pertama adalah dengan melakukan pengecekan secara online ke website resmi BPJS ketenagakerjaan. Pengecekan online ini sendiri bisa dilakukan melalui perangkat komputer atau melalui ponsel pribadi Anda yang dapat tersambung ke internet. Pertama, Anda yang belum melakukan registrasi bisa mengetikkan alamat resmi situs BPJS di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs terlebih dahulu. Berikutnya, isi semua data-data sesuai dengan data diri sebenarnya. Jika telah mencentang kotak persetujuan pengisian data, klik Submit Data. Setelah registrasi, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dan informasi PIN untuk melakukan aktivasi menggunakan email yang dimasukkan dalam registrasi. Apabila telah berhasil, barulah Anda bisa login melalui menu login di website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Saldo akan ditampilkan pada halaman saat Anda berhasil login akun.

2. Pengecekan via SMS

Cara cek saldo bpjs berikutnya adalah dengan menggunakan SMS. Registrasi untuk pengecekan ini mengharuskan Anda untuk memasukkan info nomor BPJS, tanggal lahir, dan nama ibu kandung. Apa yang harus dilakukan cukup memasukkan kata REG kemudian spasi informasi nomor BPJS yang dimiliki lalu informasi tanggal lahir dan nama ibu kandung. SMS tersebut dikirimkan dengan alamat penerima 2757. Jika berhasil mendapatkan notifikasi, Anda berarti telah terdaftar di layanan pengecekan saldo via sms. Untuk melanjutkan pengecekan via SMS, cukup ketikkan SALDO kemudian masukkan ID yang dimiliki. Masukkan pula 2757 sebagai nomor penerima. Setelah ditunggu beberapa saat, Anda akan mendapatkan sms notifikasi yang memberitahukan berapa nominal saldo yang dimiliki.

3. Pengecekan via ATM

Pengecekan saldo BPJS juga bisa dilakukan melalui ATM yang telah bekerjasama dengan BPJS. Pengecekan dengan cara ini bisa dilakukan dengan mengunjungi ATM terdekat lalu mengikuti menu pilihan cek saldo BPJS yang ditampilkan pada layar. Perlu diingat kembali bahwa walaupun melalui atm, Anda tidak bisa melakukan penarikan saldo BPJS. Jika ingin melakukan penarikan, maka saldo di ATM miliki Anda-lah yang dikurangi.

4. Pengecekan via aplikasi mobile

Ponsel yang ada saat ini telah canggih dan dilengkapi dengan berbagai fitur. Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengunduh dan menginstal suatu aplikasi. Apabila ingin menerapkan cara cek saldo bpjs yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan aplikasi BPJS pada ponsel. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasinya dan melakukan registrasi. Selebihnya, pengecekan saldo akan lebih mudah karena Anda hanya perlu membuka aplikasi yang telah terinstal.

5. Pengecekan ke kantor BPJS

Opsi pengecekan yang terakhir adalah dengan berkunjung ke kantor BPJS. Walaupun saat ini opsi terakhir ini jarang dilakukan, namun masih ada beberapa orang yang terkadang menggunakan pilihan pengecekan yang terakhir ini. Anda bisa menggunakan opsi terakhir ini datang ke kantor BPJS terdekat dan mendatangi petugas di kantor tersebut. Petugas biasanya akan memberikan print slip saldo yang Anda miliki. Cara yang terakhir ini bisa Anda lakukan apabila keempat cara sebelumnya yang lebih praktis dilakukan dirasa belum berhasil.

Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa cara untuk mengecek saldo BPJS yang bisa Anda lakukan. Anda sendiri bisa memilih satu dari empat cara cek saldo bpjs yang dirasa paling sesuai dan cocok untuk dilakukan. Apabila kesulitan mencoba salah satu cara tersebut, jangan sungkan pula untuk mengkonsultasikan masalah tersebut kepada pihak pengelola BPJS.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 5 Cara Cek Saldo BPJS Paling Mudah"

Post a Comment