Pengertian Metode Pembelajaran Beserta Jenis-Jenisnya

Pengertian Metode Pembelajaran Beserta Jenis-Jenisnya

Seorang pendidik yang baik hendaknya mengetahui tentang pengertian metode pembelajaran. Untuk mengetahui tentang hal tersebut, kita dapat menguraikannya berdasarkan kata pembentuknya. Metode berarti cara atau langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan yang ditetapkan dalam metode belajar tentunya adalah untuk membantu para peserta didik agar mampu mengetahui semua tentang materi yang sedang diajarkan. Hal ini tidak menutup kemungkinan juga membahas tentang cara penyampaian materi tersebut.

Tujuan dari metode pembelajaran tertentu mungkin berbeda dengan tujuan pembelajaran lainnya. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan pada metode pembelajaran tersebut. Berikut ini adalah daftar penyebab perbedaan metode belajar yang satu dengan metode belajar yang lain.

Alasan Mengapa Metode Pembelajaran Berbeda-Beda

Selain mengetahui tentang pengertian metode pembelajaran, seorang pendidik juga perlu dibekali dengan kemampuan untuk mengenali dan mengimplementasikan beberapa jenis pembelajaran. Secara umum, terdapat beberapa jenis metode pembelajaran. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satu yang menjadikan perbedaan tersebut terletak pada jenis materi yang disampaikan. Metode pembelajaran bagi peserta didik yang ingin mempelajari keterampilan untuk memasak tentunya berbeda dengan metode pembelajaran yang digunakan pada peserta didik yang ingin mempelajari tentang keterampilan berbahasa asing. Materi yang hendak dipelajari tidak hanya menjadi salah satu alasan yang menyebabkan mengapa terdapat beberapa jenis metode pembelajaran.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa belakang kemampuan dari peserta didik juga turut mempengaruhi perbedaan metode pembelajaran yang digunakan. Sebagai contoh, peserta didik yang memiliki latar belakang usia lebih muda cenderung menikmati metode pembelajaran dengan ceramah. Sebaliknya, peserta didik dengan latar belakang usia yang lebih dewasa akan lebih cocok apabila menggunakan metode pembelajaran yang lebih menantang.

Keberadaan sarana dan prasarana adalah hal lain yang menyebabkan perbedaan penggunaan metode pembelajaran. Dengan berbagai jenis keterbatasan, seorang pendidik mungkin hanya mampu menggunakan metode pembelajaran yang lebih sederhana. Di sisi lain, seorang pendidik mungkin dapat mengimplementasikan metode pembelajaran yang lebih rumit dan kreatif apabila fasilitas yang ada memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.

Jenis-Jenis Metode Pembelajaran

Setelah mengetahui tentang pengertian metode pembelajaran, maka sudah saatnya kita mempelajari tentang jenis-jenis metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang paling sering digunakan adalah metode ceramah. Metode ini dianggap sebagai sebuah metode pembelajaran klasik. Hal ini dikarenakan proses penyampaian materi pembelajaran dilakukan dengan komunikasi lisan. Komunikasi ini sering kali bersifat satu arah. Pendidik menyampaikan materi yang hendak diajarkan dengan ceramah, sementara peserta didik mendengarkan.

Terlepas dari efektivitas yang dimiliki metode pembelajaran ini, metode ceramah memiliki kekurangan yang patut diperhitungkan. Kekurangan utama yang dimiliki oleh metode pembelajaran ini terletak pada minimnya keterlibatan peserta didik. Oleh karena itu, metode pembelajaran jenis ini sangat cocok diterapkan untuk menguasai materi pembelajaran yang tidak bergantung pada keterlibatan peserta didik.

Metode pembelajaran diskusi juga merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif. Meskipun memiliki prinsip kerja yang berlawanan dengan metode ceramah, metode yang satu ini masih tetap sesuai dengan pengertian metode pembelajaran. Metode diskusi dapat digunakan untuk membantu peserta didik dalam menguasai keterampilan tertentu sesuai dengan materi yang hendak dikuasai. Pada metode diskusi, keterlibatan peserta didik sangat diperlukan. Pendidik hanya memberikan masukan dan stimulus dalam diskusi. Jalannya diskusi bergantung dari peserta didik tersebut. Apabila diskusi berjalan terlalu jauh dari materi yang dibicarakan, maka tugas dari pendidik adalah untuk mencegah hal tersebut.

Secara umum, metode diskusi sangat cocok digunakan untuk memecahkan masalah tertentu. Berbagai gagasan kreatif akan muncul dari setiap peserta didik. Peserta didik yang satu dapat mendukung atau menyanggah secara konstruktif terhadap gagasan yang dikemukakan oleh peserta didik yang lain.

Berbicara mengenai melepaskan peserta didik untuk mengatur jalannya proses pembelajaran, tidak ada yang lebih efektif dibandingkan dengan metode pemberian tugas. Tugas yang diberikan tentunya berkaitan dengan tujuan pembelajaran tersebut. Dengan demikian, metode pembelajaran yang satu ini masih termasuk dalam pengertian metode pembelajaran. Sesuai dengan nama yang disandangnya, metode pemberian tugas melibatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan tugas tertentu. Peran dari pendidik hanyalah memberikan tugas dan mengevaluasi hasil dari pemberian tugas tersebut. Metode pemberian tugas ini dapat dilakukan secara individu ataupun berkelompok.

Berdasarkan pengertian metode pembelajaran di atas, terdapat salah satu jenis metode pembelajaran yang dapat dilakukan secara individu atau berkelompok juga. Metode pembelajaran tersebut tidak lain adalah metode eksperimen. Dalam metode ini, seorang pendidik menempatkan peserta didiknya pada situasi tertentu. Dalam situasi tersebut, peserta didik diharapkan mampu menyelesaikan masalah yang ada. Dengan demikian, kemampuan peserta didik untuk berpikir secara kreatif dan menemukan penyelesaian masalah secara inovatif sangat disarankan. Karena dapat dilakukan secara berkelompok, metode pembelajaran ini juga mengasah kemampuan peserta didik dalam berinteraksi dengan peserta didik yang lain.

Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian metode pembelajaran sebelumnya, materi pembelajaran terkadang berupa peningkatan kemampuan tertentu. Untuk meningkatkan kemampuan tertentu dari peserta didik, metode pembelajaran drill merupakan metode yang cocok. Metode ini juga sering disebut dengan metode pembelajaran training atau latihan. Peserta didik hanya dibekali dengan teori dasar dalam menyelesaikan masalah tertentu. Selanjutnya, peserta didik diberikan berbagai jenis masalah secara bertahap untuk diselesaikan. Kekurangan dari metode pembelajaran ini terletak pada proses yang repetitif. Hal ini tidak jarang membuat peserta didik menjadi cepat jenuh dan bosan. Untuk mengatasi hal tersebut, sangat disarankan untuk membuat latihan yang diberikan berbeda dengan latihan yang sebelumnya.

Pada kesempatan kali ini, kita telah belajar tentang pengertian metode pembelajaran. Dari pengertian tersebut, kita dapat memahami bahwa metode pembelajaran digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan yang dimaksudkan di sini tentunya adalah peningkatan kemampuan dan pemahaman peserta didik mengenai materi tertentu. Karena materi yang hendak disampaikan atau dikuasai tersebut tidak sama, maka tentunya metode pembelajaran yang digunakan juga tidak serupa. Kita telah mempelajari pula tentang berbagai jenis metode pembelajaran. Setiap jenis dari metode pembelajaran tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seorang pendidik tidak hanya dituntut untuk mampu menggunakan metode pembelajaran, tetapi juga mampu untuk memilih metode pembelajaran yang cocok dengan peserta didik dan materi ajar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Metode Pembelajaran Beserta Jenis-Jenisnya"

Post a Comment