Berapa Gaji Pramugari di Indonesia? Ini Infonya

Berapa Gaji Pramugari di Indonesia? Ini Infonya
By Yahoo Finance Canada [CC BY 2.0], via Flickr
Profesi pramugari bagi sebagian wanita merupakan pekerjaan idaman. Bagaimana tidak? selain bisa merasakan ikut terbang ke berbagai tempat, pramugari biasanya memiliki paras yang cantik. Selain kecantikan, tinggi badan juga menentukan seorang wanita layak menjadi pramugari atau tidak. Biasanya di Indonesia sendiri untuk menjadi seorang pramugari minimal memiliki tinggi badan 160 cm. Membahas tentang serba serbi pramugari memang begitu menarik dan yang ingin banyak diketahui oleh orang adalah gaji pramugari. Banyak yang mengatakan jika gaji dari seorang pramugari itu terbilang besar. Apakah itu benar?

Gaji Pramugari Berdasarkan Maskapai dan Jam Terbang

Indonesia juga memiliki salah satu maskapai resmi milik pemerintah dan maskapai tersebut dikelola langsung oleh BUMN. Maskapai milik BUMN tersebut sudah tidak diragukan lagi fasilitasnya dan layanannya. Yang paling banyak dibicarakan orang adalah pramugari dari maskapai milik pemerintah adalah memiliki paras cantik dan murah senyum. Selain itu, baju seragam pramugari juga menjadi sorotan. Banyak cerita dari pengalaman penumpang, maskapai penerbangan swasta banyak memiliki pramugari yang judes. Pramugari yang seperti itu memang tidak akan membuat penumpang merasa nyaman, terutama bagi penumpang lansia atau anak-anak. Mengulik tentang gaji pramugari sangatlah menarik, banyak yang mengatakan jika gaji mereka cukup tinggi.

Gaji pramugari biasanya tidak dihitung per bulan tetapi dihitung berapa sering Anda terbang. Jadi, gaji Anda akan dihitung berdasarkan berapa kali terbang, apabila satu hari Anda ada penerbangan sampai dua kali, berarti gaji tersebut juga akan dihitung berdasarkan jam terbang dalam sehari. Lalu berapakah jumlahnya? Gaji dari seorang pramugari dari maskapai penerbangan milik pemerintah Indonesia ada dua kategori yaitu pramugari junior dan pramugari senior. Yang dimaksud dengan pramugari junior di sini adalah yang belum lama memiliki jam terbang. Bisa jadi pramugari junior itu adalah fresh graduate atau yang belum lama lulus dari sekolah pramugari.

Untuk gaji pramugari junior dari maskapai BUMN tersebut biasanya adalah 2-3 juta dalam sekali terbang. Jadi jumlahnya bisa Anda kalikan saja bila satu bulan ada 24 kali jam terbang maka gaji yang diperoleh menjadi berapa. Kemudian untuk gaji dari pramugari senior adalah 5-6 juta sekali terbang. Anda bisa bayangkan saja berapa pundi-pundi rupiah dalam sebulan yang akan didapatkan dari menjadi seorang pramugari. Namun, ketentuan gaji tersebut tergantung pada maskapainya, untuk maskapai swasta yang lain belum tentu memberikan gaji dengan nilai tersebut, ada yang memberikan lebih dan ada pula yang memberikan kurang dalam satu kali terbang. Nilai tersebut tentu saja bisa berubah sesuai dengan ketentuan maskapai. Pramugari senior sendiri juga bisa mendapatkan gaji sebesar 14 juta dalam sekali terbang.

Mengapa gaji mereka bisa sangat tinggi? Karena tugas dari seorang pramugari juga termasuk tidak mudah. Mereka merupakan awak kabin pesawat yang memiliki tanggung jawab besar, yakni melayani penumpang dan memperhatikan keselamatannya. Bagaimana tidak? seorang pramugari itu harus bisa memberikan penjelasan kepada para penumpang tentang bagaimana memasang sabuk pengaman, kapan harus memasangnya dan lain-lain. Tugas mereka juga melayani penumpang seperti memberikan makanan atau minuman, membantu merapikan barang dan lain sebagainya. Jadi sudah sepantasnya jika pramugari itu memiliki gaji yang tinggi karena tanggung jawabnya juga besar. Untuk menjadi seorang pramugari yang bergaji tinggi juga tidak mudah.

Pramugari harus bersekolah dahulu di sekolah khusus pramugari. Kemudian yang paling terpenting di sini adalah harus mahir dalam berbahasa Inggris. Masalah gaji yang diberikan pun bisa berbeda-beda antara satu maskapai dengan maskapai lainnya. Rata-rata gaji yang diberikan untuk seorang pramugari memang terbilang tinggi. Apabila ada pramugari yang bekerja di maskapai milik luar negeri, tentu saja gaji yang diberikan akan banyak. Terlepas dari itu semua, semakin tinggi gaji yang didapat maka semakin besar pula tanggung jawab yang harus diemban. Jadi menjadi seorang pramugari sendiri memang tidak mudah sehingga banyak wanita yang tidak bisa melakukannya. Gaji pramugari di Indonesia tinggi rendahnya bisa tergantung pada maskapai penerbangannya kemudian gaji tersebut juga dihitung berdasarkan jumlah jam terbangnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berapa Gaji Pramugari di Indonesia? Ini Infonya"

Post a Comment