Gaji Honorer 2018 dan Info Terbaru Lainnya

Gaji Honorer 2018 dan Info Terbaru Lainnya

Menjadi pegawai honorer memang banyak suka duka yang dialami. Namun kebanyakan mengeluhkan jika menjadi pegawai honorer itu tidak mengenakan, utamanya guru. Gaji yang didapatkan tidak banyak dan bahkan sangat tidak wajar. Bayangkan saja gaji seorang guru honorer untuk tingkat Sekolah Dasar di daerah hanya mendapatkan 275 ribu per bulannya. Nilai tersebut tentu saja tidak sebanding dengan jasa para guru yang mencerdaskan anak bangsa. Gaji honorer 2018 akan naik dan banyak kabar yang berhembus tentang kenaikan gaji tersebut. Apakah benar?

Informasi Terbaru Seputar Gaji Honorer 2018

Kabar kenaikan gaji honorer 2018 sudah banyak berhembus di berbagai media online. Utamanya untuk pemkot Makassar dan Kabupaten Bolsel. Kedua daerah tersebut memang secara resmi mengumumkan kenaikan gaji honorer yang belum lama ini. Tentu saja hal ini menjadi kabar gembira bagi para pegawai honorer yang ada di daerah itu. Khusus pegawai yang berada di Kabupaten Bolsel, pemerintah setempat sudah mengumumkan akan memberikan gaji UMK kepada para pegawai honorer. Kabupaten Bolsel atau Bolaang Mongondow Selatan yang berada di Provinsi Sulawesi Utara tersebut akan menaikan gaji pegawai honorer yang sesuai dengan upah minimum Sulawesi Utara yakni sebesar Rp 2,5 juta.

Kenaikan gaji honorer 2018 ini tentu disambut hangat oleh para pekerja honorer yang selama ini mendapatkan upah kurang dari UMK. Kemudian pemkot yang ada di daerah lainnya juga akan memberlakukan peraturan yang sama untuk menaikan gaji pegawai honorer yaitu di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pemerintah kota setempat sudah mengeluarkan pengumuman resmi bahwa per Januari 2018, gaji honorer naik menjadi Rp 1 juta per bulan. Dulunya gaji seorang pegawai honorer di lingkungan kota Makassar adalah Rp 850.000 per bulan dan itu masih dipotong sebesar Rp 150.000 untuk BPJS kesehatan dan tabungan pegawai. Oleh karena itu, pegawai honorer di kota Makassar kurang sejahtera dan karena itulah pemerintah akhirnya menaikkan gaji honorer.

Memang kenaikan gaji honorer 2018 tidak semua daerah memberlakukan aturan tersebut. Dan itu juga bukan kewenangan dari pemerintah pusat, menaikan gaji pegawai honorer itu adalah wewenang dari pemerintah daerah. Selain itu, di tahun 2018 mendatang juga berhembus kabar jika status pegawai honorer akan berubah menjadi PNS. Undang-undang tentang pengangkatan pegawai honorer pun sudah dirancang dan banyak menuai pro dan kontra. Tetapi ini perlu dicatat, yang akan diangkat menjadi PNS adalah pegawai honorer yang bekerja di dunia pendidikan yaitu guru honorer. Pemerintah hanya focus untuk mengangkat guru honorer menjadi guru PNS karena guru memiliki tugas untuk mencerdaskan bangsa.

Kemudian untuk pemerintah kota lainnya yang akan memberikan gaji lebih bagi pegawai honorer adalah Tangerang Selatan. Pemkot Tangerang Selatan akan memberikan tunjangan bagi pegawai honorer utamanya guru di tahun 2018 mendatang. Gaji guru honorer untuk Tangerang Selatan sendiri diperoleh melalui dana BOS kemudian untuk tunjangan guru honorer diberikan oleh pemerintah kota. Untuk urusan gaji per bulannya diserahkan kepada sekolah masing-masing karena sekolah yang ada di lingkungan kota Tangerang sudah termasuk terbaik. Jadi, bagi para pegawai honorer yang ada di daerah Makassar, Tangsel dan Bolsel bisa bernafas lega karena tahun depan mendapatkan gaji yang layak. Sebagian daerah lain di Indonesia juga sudah menaikkan gaji honorer di tahun 2017 dan ada juga yang belum mendapatkan gaji yang layak.

Pegawai honorer di lingkungan pemkot dan lingkungan pendidikan memang sangat berbeda. Biasanya para honorer di pemkot pasti akan diberikan gaji yang layak yakni sebesar upah minimum daerah. Tetapi untuk gaji honorer tenaga pendidik, yang memberikan wewenang gaji adalah pihak sekolah. Jika pihak sekolah selalu mengalami kekurangan dana tentu saja para guru honorer tersebut tidak akan mendapatkan gaji yang layak. Guru honorer yang sering tidak mendapatkan gaji layak adalah guru di daerah pedesaan. Sudah sepantasnya jika gaji honorer 2018 khusus para tenaga pendidik upahnya dinaikan supaya mereka juga sejahtera karena tugasnya sangat mulia yaitu mencerdaskan bangsa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gaji Honorer 2018 dan Info Terbaru Lainnya"

Post a Comment